Harga Ford Ranger Baru dan Bekas Serta Rahasia Kekurangannya

Harga Hord Ranger | Hadir dengan spesifikasi yang mumpuni Ford Ranger memiliki banyak kelebihan, walaupun juga tidak lepas dari kekurangan. 
Tampilan Interior dan Eksteiror dari mobil ini termasuk dalam kategori yang sangat mumpuni.

Berbeda dengan saingannya yaitu Chevrolet yang memilih gulung tikar dan menutup perusahaannya di Indonesia karena tidak mampu menyaingi para kompetitornya, Ford motor justru seperti menantang para pembesar mobil di pasar otomotif nusantara. 

Sebelumnya kita telah membahas produk buatan Ford Motor juga yaitu New Ford Focus bertipe hatchback, nah untuk menemani produk anyarnya ini Ford motor juga mengeluarkan produk pada kategori truk bisnis multifungsi.

Pada spesifikasi ini Pabrikan asal Amerika Serikat ini mengeluarkan versi terbaru dari Ford Ranger. 

Baca juga ulasan kami tentang : Spesifikasi dan Harga Ford Focus

Perusahaan ini secara resmi memamerkan truk All New Ford Ranger pada ajang Indonesia International Motor Show (IMMS).

Memang jika kita perhatikan kemunculan All New Ford Ranger sedikit terlambat jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya seperti Missubisi New Triton dan juga New Nissan Navara yang telah lebih dulu menginjakkan kaki di aspal nusantara. 

Ford Ranger
Ford Ranger
Namun demikian dari berbagai segi Ford Ranger New memiliki keunggulan dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Kali ini tim garasiotomania akan membahas secara lengkap mengenai All New Ford Ranger

Ford ranger merupakan salah satu versi legendaris dalam kelas truk. Dengan demikian, tampilan yang dibawa juga tidak main-main.

Mobil baru Ford Indonesia ini mengusung konsep yang lebih maco namun tetap elegan. Jika diamati secara lebih detail, sebenarnya tampilan mobil ini terkesan lebih bongsor dari tipe sebelumnya. 

Hal ini bisa dikatakan wajar mengingat mobil Ford ranger memang mengincar segmen pasar bisnis dan perniagaan.

Selain itu Ford Ranger tampil dalam dua versi berbeda yaitu truk dengan single cabin dan juga truk double cabin, sehingga anda bisa memilih sesuai kebutuhan anda.

Tampilan Ford Ranger sendiri semakin nampak sangar dengan digantinya ukuran front grill yang menjadi lebih besar, namun tetap mempertahankan ukuran awal headlamp kotaknya.

Headlamp kotak yang menjadi cirikhas dari Ford Ranger kemudian dipadukan dengan fog lamp yang berada di bagian ujung depan bawahnya. 

Pada keluaran kali ini, Perusahaan Ford Motor mengeluarkan tujuh tipe Ford Ranger yaitu Single Cabin Base 2.5L, Single Cabin 2.2L, RAS XL 2.2L, , Double Cabin Base 2.2L, Double Cabin XLS Plus 2.2L, Double Cabin Wildtrak 2.2, dan juga varian dengan kapasitas isi silinder mesin terbesar, yaitu Double Cabin XLT 3.2L. 

Tidak hanya mengandalkan kualitas mesin diesel yang hebat dan tapilan yang kompak, namun interior dari Ford Ranger ini pun disusun secara apik.

Bahan-bahan yang digunakan untuk bagian interior adalah bahan kelas satu.

Pada bagian jok misalnya, digunakan varian kulit yang berkualitas. Layar LCD ditempatkan pada bagian cluster dashboard sehingga akan menambah kenyamanan dari pengemudinya.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kualitas interior yang ditawarkan cukup sesuai dengan desain gagah yang menjadi keunggulan desain mobil jenis truk ini.

Untuk mengetahui keunggulan mobil ini secara lebih jelas, mari kita simak ulasan lengkap tentang mobil Ford Ranger ini. 

Spesifikasi Ford Ranger

Desain Bodi Ford Ranger yang Elegan dan Kokoh

Ford Ranger hadir dengan tampilan bodi yang kuat namun tetap mempertahankan kesan elegannya. Tampilan ini mengakibatkan mobil Ford Ranger menjadi salah satu mobil berpenampilan paling maskulin di kelasnya. 

Kekokohan bodi luar juga memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi penumpang di dalamnya, pasalnya bodi yang kokoh ini berfungsi layaknya perisai yang akan menghalangi segala macam bahaya yang mungkin mengenai penumpang. 

Pada bagian ujung bawah Ford Ranger terdapat dua buah foglamp pada sisi kiri dan kanan yang membuat tampilan depan mobil jenis truk ini menjadi semakin elegan.

Kita dapat menemui nuansa American Style jika mengamatinya secara lebih detail. 

Hal ini karena secara garis besar Ford Ranger memang masih mengadaptasi tampilan model lamanya. Kesan Amerikan stylish semakin kental saat ditambah dengan adanya headlamp berbentuk kotak yang dipisahkan grill bagian depan yang berbentuk heksagram panjang dengan warna khas krom.

Pada bagian lebih ke atas terdapat tulisan Ranger yang diukir pada besi pellindung. Besi ini dibuat bertingkat dengan warna chrom sebagai aksennya. Saat terkena cahaya aksen krom ini akan mengkilat sehingga menimbulkan kesan maskulin. 

Eksterior Ford Ranger
Eksterior Ford Ranger
Untuk mengatur jarak yang lebih tinggi dari tanah, mengingat ini merupakan mobil jenis truk yang akan sering digunakan untuk mengangkut barang maka pada bagian bumper terdapat bingkai berwarna silver dengen tipe rigit yang telah diatur sedemikian rupa oleh Ford Motor Indonesia sehingga menjadi lebih tinggi.

Menuju ke bagian samping terdapat desain lekukan yang stylish. Baik untuk mobil dengan kabin ganda ataupun tunggal memiliki bentuk lekukan yang sama, sehingga keduanya terlihat sama-sama lebih maskulin.

 Kemaskulinan ini ditambah dengan adanya tabular step side yang ditempatkan dibagian sampingnya. Untuk bagian belakangnya, keasan mesin keluaran Amerika juga mencuat. 

Masih dibagian belakangnya, terdapat tampilan lampu sein dan lampu utama yang secara rapi dibariskan secara tegak pada bagian samping pintu kargo.

Selain itu terdapat fitur tambahan aksen body kit yang berfungsi sebagai pijakan saat anda ingin naik pada bak sekaligus memberikan kesan yang lebih elegan. 

Walaupun secara umum All typeFord Ranger memiliki bentuk fisik yang hampir sama, namun tetap saja terdapat perbedaan untuk masing-masing type nya.

Sebagai contoh kita bisa melihat pada tampilan kargo untuk jenis kabin ganda. Pada bagian kargo jenis kabin ganda terdapat sebuah besi tubular.

Sedangkan pada jenis khusus dengan kelir kuning terdapat plat besi tublar spory pada bagian bak. 

Interior Ford Ranger yang Mewah dan Berkelas

Bran yang dibawa oleh mobil Ford Ranger adalah mobil multifungsi yang dapat digunakan untuk mengangkut barang maupun untuk berekreasi.

Berbeda dengan mobil sejenisnya yang lebih mengandalkan pada kekuatan mesin saja tanpa teralalu memperhatikan kenyamanan pengemudi, mobil ini justru sebaliknya. 

Bagian interior Ford Ranger telah dilengkapi dengan berbagai fitur layaknya mobil keluarga. Mobil ini dirancang untuk memberikan kenyamanan standar bagi para penumpangnya. 

Sehingga menggunakan mobil ini sebagai alat angkut rekreasi juga bisa dilakukan. Selain itu mobil ini juga bakalan setangguh mobil-mobil sejenisnya untuk melewati medan yang berat sekalipun.

Bagian interior mobil ini didominasi warna hitam yang memberikan kesan mewah dan stylish. Bagian dashboardnya juga telah dilengkapi berbagai fasilitas terbaru layaknya pada mobil-mobil modern. 

Interior Ford Ranger
Interior Ford Ranger
Dashboard ini disusun dengan bahan-bahan berkualitas sehingga detailnya menjadi sedap dipandang mata.

Melirik ke bagian kemudi, terdapat pula banyak panel informatif yang dikhususkan bagi pengemudi untuk membantu dalam menjalankan mobil ini. 

Anda akan sedikit terkesan jika melihat tampilan speedometer yang diberikan. Untuk ukuran mobil jenis ini, Ford Ranger sepertinya memang tidak main-main dalam mendesain bagian interionya.

Bagian panel Speedomter dijejali juga dengan layar empat inci pada bagian sampingnya. 

Layar ini memiliki banyak fungsi seperti, menampilkan music playlist, informasi kendaraan seperti info pemakaian bahan bakar, trip meter sampai pada menampilkan panggilan telephon. 

Di bagian tengah terdapat lagi sebuah LCD yang akan membantu anda dalam mengawasi sekeliling mobil. Hal ini dimungkinkan karena LCD ini terhubung dengan rear camera yang berfungsi untuk memantau keadaan sekitar mobil.

Tidak berhenti sampai  di sini, ternyata Ford Ranger juga telah dilengkapi dengan sensor parkir yang akan membantu anda untuk memarkirkan Ford Ranger ini. 

Untuk bagian joknya sendiri Ford Ranger menggunakan bahan baku berupa kulit yang berkualitas. Kemudian bahan kulit ini dipadukan dengan vinyl sehingga menambah kesan semakin manis. 

Pada bagian jok juga terdapat seatbelt untuk menunjang fasilitas keamanan standar dari mobil ini.

Untuk menambah kenyamanan penumpangnya Ford Ranger dilengkapi juga dengan fasilitas mesin audio Single DIN dengan dua output speaker, sehingga suara yang dihasilkan tentu akan lebih mantap.

Terdapat pula AC Dobel Blower yang akan membuat anda betah untuk berlama-lama menaiki mobil ini. Ford Motor Indonesia juga telah merancang model power windows yang terdiri dari jenis otomatis dan manual.

Pada umumnya New Ford Ranger hanya mampu menampung dua penumpang saja terutama untuk jenis single cabin. Namun untuk New Ranger tipe dua kabin, memungkinkan untuk mengangkut hingga lima penumpang.


Dimensi dan Suspensi New Ford Ranger Sesuai Untuk Segala Medan

Selanjutnya kita akan membahas mengenai dimensi dari Ford Ranger, salah satu mobil tipe truk multifungsi yang sepertinya akan segera menjadi primadona dikalangan bisnis.

Dengan membawa bran mobil truk multifungsi, Ford Ranger memiliki ukuran bodi yang relative cukup besar. 

Hal ini memang sengaja di buat mengingat bahwa mobil ini nantinya memang akan dikhususkan untuk mengangkut beban-beban yang berat.

New Ford Ranger memiliki ukuran panjang 5.274 mili meter, lebar 1850 mili meter dan tinggi 1800 mili meter ( untuk single kabin) sedangkan untuk tipe double cabin memiliki tinggi yang berbeda yaitu 1815 mili meter.

New Ford Ranger memiliki tenaga yang sangat besar. Dengan ukuran body yang besar ini, Ford ranger mampu menarik beban hingga seberat 3.500 kilogram.

Kendaraan ini juga termasuk dalam kategori tinggi dengan memiliki ground clearance atau jarak dengan tanah sejauh 80 cm. 

Dengan tinggi yang demikian, mobil ini akan secara mudah dikendalikan bahkan jika anda melewati jalur yang kurang rata sekalipun.

Dengan ukuran yang besar ini maka dipilih sistem suspensi Independet Double Wishbone untuk mengatur kestabilannya. Sistem suspensi ini kemudian digabungkan dengan peer berbentuk keong  untuk bagian depannya. 

Semakin lengkap lagi pada bagian depan suspensi mobil ditambahi dnegan sistem stabilizer untuk mengurangi getaran yang ada.

Sedangkan pada bagian belakang digunakan suspensi dengan teknologi Leaf Spring dan Rigid Axle dikombinasikan dengan sistem shock absorber. 

Suspensi jenis ini akan mengijikan anda membawa Ford Ranger melewati berbagai medan. Untuk bagian kaki-kaki mobil digunakan ban berukuran 255/70 yang melilit pada velg berukuran 16 icnhi. Pada bagian pengereman, juga tidak kalah canggihnya. 

Bagian belakang Ford Ranger menggunakan sistem rem Drum Brakes yang selain memberikan kualitas pengereman baik, juga akan membantu menjaga kestabilan mobil saat direm.

Sedangkan untuk bagian depannya digunakan sistem pengeremanVentilated Disc with Brake Shileds.

Mesin TDCi pada Ford Ranger yang Irit dan Powerfull Ford Ranger

Kita akan mulai memasuki bagian dapur pacu Mobil Ford Ranger. Sejak dulu mobil Ford Ranger telah menggunakan mesin berbasis Diesel, sehingga kualitas dari mesin ini sendiri sudah tidak perlu diragukan. 

Mesikipun terdapat empat jenis New Ford Ranger namun keempatnya menggunakan mesin dengan jenis yang sama yaitu mesin Duratorq TDCi Mid-Power yang dikombinasikan dengan fasilitas Turbocharger.

 Mesin ini memiliki kapasitas yang cukup besar yaitu sekitar 2.198 cc pada mobil Ford Ranger tipe RAS CX, Single Cabin Base, dan Double Cabin Base. Selain itu terdapat pula Ford Ranger New variansi Single Cabin yang menggunakan mesin berkapasitas 2.488 cc. 

Mesin Ford Ranger
Kapasitas mesin yang besar ini kemudian dipadukan dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) yang membantu pengemudi untuk efisiensi bahan bakar yang digunakan.

Jadi selain memiliki tenaga yang besar New Ford Ranger juga relative lebih hemat bahan bakar dibandingkan mobil-mobil sekelasnya. 

Dari mesin yang digunakan Sebuah mobil Ford Ranger mampu menghasilkan tenaga mencapai 125 PS saat putaran 1.700 rpm. Kemudian dihasilkan Torsi mencapai 320 Nm saat 1.700 rpm.

Sementara pada bagian transmisinya, mobil ini menggunakan sistem Four Wheel Frive atau 4 WD sehingga mesin mejadi lebih responsive terhadap kemauan pengendaranya.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan New Ford Ranger 

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai berbagai fitur yang dipasang dalam Ford Ranger.

Sebagai salah satu mobil yang masuk dalam kategori truk multifungsi, mobil ini bisa dikatakan memiliki berbagai fitur penunjang kenyamanan yang lengkap. 

Dimulai pada bagian dalam New Ranger terdapat fitur SYNC TM 2 yang menyediakan fasilitas multitasking bagi pengendaranya terutama untuk melakukan kegiatan bertelfon ataupun memutar music.

Terdapat pula fitur pengaman yang secara otomatis akan mengurangi kecepatan mesin saat berada pada jarak yang terlalu dekat dengan benda di depannya. 

Fasilitas ini adalah Adaptive Cruise Control with Collision Warning Alert. Saat ada tanda-tanda bahaya yang memungkinkan terjadinya kecelakaan, sistem ini akan memberikan perintah kepada rem untuk melakukan pengeream secara lebih cepat.

Kemudian akan diberikan juga tanda berupa lampu yang berkedip, sehingga risiko kecelakaan akan semakin berkurang.

Selain itu, New Ford Ranger juga memiliki fitur Rear View Camera dan sensor parkir yang terhubung dengan layar LCD sehingga memudahkan pengendara untuk parkir. Ada juga fitur pengereman ABS (Anti-Lock Braking System).

Masih dalam fitur kenyamanan, terdapat fasilitas Rear View camera serta sensor parkir yang akan membantu pengemudi untuk memarkirkan pengemudi.

Fasilitas ini secara langsung dihubungkan pada layar LCD yang akan bisa disaksikan secara langsung oleh pengemudi. 

Dari segi pengereman mobil ini dilengkapi juga dengan Anti Lock Breaking System atau ABS yang akan mengurangi getaran saat anda mengerem.

Fitur keselamatan standar juga tentunya ada dalam interior mobil ini. 

Ford Ranger sudah dilengkapi dengan adanya airbags, walaupun  fasilitas ini hanya ada di bagian kemudi saja.

Namun untuk varian tertinggi yaitu Ford Ranger Double Cabin Base Plus, air bag terdapat tidak hanya di bagian kemudi saja. Selain itu terdapat berbagai fitur yang dijual secara terpisah misalnya headlamp guard, bonnet protector, tubular side step, tubular sports bar, snorkel, dam simline weather shield .

Rangkuman Spesifikasi Ford Ranger

Berikut ini, tim GarasiOToMania telah menyiapkan rangkuman spesifikasi Ford Ranger untuk mempermudah anda dalam mengetahui seluk beluk dari Ford Ranger.


Mesin
  • Jenis Mesin yang digunakan Diesel Duratorq TDci Mid-Power
  • Super Charging System menggunakan  Turbocharger
  • Kapasitas Silinder mencapai 2.198 cc
  • Diameter X langkah mobil adalah 86.0X 94.60
  • Tenaga Maksium yang dihasilkan 125 / 3,700 rpm
  • Torsi Maksimum yang dihasilkan 320 / 1.700 rpm
  • Sistem Injeksi bahan bakar yang dipakai adalah Electric Full Injection
  • Kapasitas Tangki bahan bakar mencapai 80 L
Dimensi
  • Ukuran Panjang body : 5.274 mm
  • Ukuran Lebar body  1.850 mm
  • Ukuran Tinggi body mencapai 1.800 mm
  • Jarak Radius Putar : 6.35 mm
  • Jarak Poros Roda : 3.220 Mm
  • Jarak Tertinggi dengan tanah : 632 mm
  • Berat : 1.866 kg
  • Kapasitas Tangki : 80 Liter
  • Panjang Kargo : 2.317 mm
  • Lebar Kargo : 1.560 mm
  • Tinggi karo : 511 mm
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Sistem Suspensi Depan : Independent Double Wishbone
  • Sistem Suspensi Belakang : Rigid axle & Rigid Leaf Spring with Stabilizer
  • Sistem Pengereman Depan : Ventilated Disc
  • Sistem Pengereman Belakang : Drum with LSPV
  • Ukuran Ban : 255/ 70 R16
  • Velg : Steel
Eksterior
  • Front Fog Lamps
  • Body coloured Bumpers
  • Front Upper Grill
  • Front Lower Grill
  • Homesafe Headlamp
  • Head Lamps with Signature Lightguide
Interior
  • Seat Material
  • Power Window
  • Tilt adjustable steering
  • Air Conditioner
  • Cruise Control
  • Audio System
  • Bluetoot Voice Command
Keamanan
  • Side Intrusion Door Beams
  • keyless entry
  • Airbag
  • Burglar Alarm
  • 4W ABS

Review Ford Ranger

Tim GarasiOtoMania menemukan review Ford Ranger dalam bentuk video, anda bisa menontonnya pada tayangan berikut.


Kelebihan Ford Ranger

  1. Sudah terkenal wanteg untuk digunakan di medan offroad
  2. Memiliki ketahanan yang tinggi
  3. Tenaga yang dimiliki sangat besar
  4. Memiliki fitur penunjang yang mumpuni
  5. Bantingan lumayan nyaman
  6. Memiliki kapasitas kargo yang besar

Kekurangan Ford Ranger

  1. Ukuran kabin agak semput
  2. Jaringan jual kembali susah
  3. Tampilan interior terkesan sedikit murahan

Harga Ford Ranger

Tibalah kita pada bagian yang paling ditunggu-tunggu yaitu bagian refrensi harga. Dengan berbagai keunggulannya berapakah sebenarnya harga yang dibandrol oleh Ford Motor Indonesia?

Bagaimanapun juga New Ford Ranger merupakan mobil spesifikasi truk multifungsi yang sangat unggul. Berbagai fitur keren ditanamkan pada mobil berpawakan bongsor ini.

Dengan badan yang besar ini New Ford Ranger memiliki tenaga yang sangat besar. 

Mobil ini menggunakan mesin bertipe Diesel Duratorq TDCi Turbocharger yang tidak perlu diragukan lagi karena sudah teruji dari generasi ke generasi.

Pada bagian dalamnya mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur penunjang yang cukup lengkap untuk jenis mobil truk multifungsi.

Ford Ranger dilengkapi dengan sistem keamanan berupa airbag, ABS dan fitur alarm yang akan memperingatkan saat akan terjadi suatu benturan dengan benda di depannya. 

Terdapat pula kamera yang terhubung dengan LCD pada bagian ruang kemudi yang akan membantu pengemudi memarkirkan mobil ini.

Benar-benar cukup lengkap untuk mobil yang dikhususkan untuk pengangkutan. Selain itu desain yang tinggi dengan jarak dari tanah mencapai 80 cm membuat Ford ranger menjadi lebih mudah untuk dikendalikan. 

Dari situs resmi Ford Motor Indonesia, Harga keempat jenis mobil Ford Ranger meimiliki harga yang berbeda.

Tentu saja hal ini menyesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan. Dengan adanaya beberapa pilihan harga ini anda bisa secara lebih mudah menentukan tipe mobil sesuai kebutuhan anda. 

Untuk harga yang paling mahal dipegang oleh tipe New Ranger tipe Double Cabin Wildtrack 2.2 L yang dihargai mencapai Rp488 jutaan.

Jika anda menginginkan kapasistas mesin yang paling tinggi anda bisa membeli New Ranger Double Cabin 3.2L XLT yang dibandrol harga sebesar Rp444 Juta.

Untuk varian yang paling murah Ford Ranger Double Cabin 3.2L XLT Single Cabin 2.2L dihargai sebesar Rp314.8 Juta. 

Kesemua mobil ini sebenarnya sudah termasuk dalam kategori yang tangguh, sehingga anda tinggal menyesuaikan dana dan kebutuhan anda saja.

Jika anda membutuhkan kendaraan yang bisa mengangkut banyak barang gunakanlah tipe double kabin.
Daftar Harga Ford Ranger Single dan Double Cabin
TipeHarga
Ford Ranger Single Cab 2.2L 4×4 MT BaseRp 314.800.000,-
Ford Ranger Double Cab 2.2L 4×4 MT Base PlusRp 386.100.000,-
Ford Ranger Double Cab 2.2L 4×4 MT XLSRp 406.600.000,-
Ford Ranger Double Cab 2.2L 4×4 MT XLS with extra safety PackageRp 416.600.000,-
Ford Ranger Double Cabin Base Plus 2.2L (4×4) MTRp 416.600.000,-
Ford Ranger Double Cabin 3.2L XLT (4×4) MTRp 443.900.000,-
Ford Ranger Double Cabin Wildtrak 3.2L (4×4) ATRp 488.000.000,-
Berbagai macam varian Ford Ranger dengan harga yang berbeda-beda ini akan semakin memperamai pasar mobil kelas truk multi fungsi di Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri bahwa nama besar Ford sepertinya akan banyak mencuri perhatian para pecinta tipe truk. 

Selain itu branding nama Ranger yang telah ada dari generasi ke generasi akan menjadi nilai plus tersendiri dari mobil keluaran baru ini.

Namun tidak menutup kemungkinan juga kalau jenis mobil ini akan mendapatkan saingan-saingan yang berat, mengingat banyak juga varian mobil dari perusahaan lain yang baru saja muncul.

Daftar Harga Ford Ranger Bekas

Harga Ford Ranger Bekas 2010 - Rp 100 an juta
Harga Ford Ranger Bekas 2011 - Rp 115 an juta
Harga Ford Ranger Bekas 2012 - Rp 155 an juta
Harga Ford Ranger Bekas 2013 - Rp 190 an juta
Harga Ford Ranger Bekas 2014 - Rp 300 an juta
Harga Ford Ranger Bekas 2015 - Rp 400 an juta
 
Kita ambil contoh New Strada Triton dari Mitsubishi yang juga memiliki berbagai fitur keren di dalamnya. Ada juga New Navara keluaran Nissan Motor Indonesia yang tidak kalah kerennya.

Yang jelas manapun tipe mobil yang akan anda pilih nantinya pastikan anda telah mengetahui berbagai kelebihannya sebelum membeli, sehingga anda tidak akan menyesali pilihan anda nantinya. Baca juga ulasan kami tentang Mazda Biante dan Toyota Vullfire

Harga Ford Ranger Baru dan Bekas Serta Rahasia Kekurangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania