Kupas Tuntas Kelebihan Kekurangan dan Harga Mobil Ford Focus Terbaru

Spesifikasi lengkap dan Harga Mobil Ford Focus Terbaru 2016 Beberapa waktu yang lalu Ford Motor Indonesia telah mengeluarkan produk terbarunya yaitu mobil Ford New Everest dan Ford New Ranger.

Bersamaan dengan dikeluarkannya kedua produk ini Ford motor juga mengeluarkan produk teranyarnya yaitu Ford Focus.

Mobil ini memang rasanya dibuat untuk menemani kedua temannya dalam ikut bersaing di pasar otomotif Indonesia. 

Ford Focus hadir dengan spesifikasi hatchback saat dipamerkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun yang lalu.

Sebagai salah satu pabrikan ternama di Indonesia sebenarnya Ford merupakan salah satu perusahaan yang hampir tidak melakukan iklan yang terlalu gencar saat mengeluarkan produk barunya.

Sebagai salah satu contoh mungkin anda juga sempat kaget pada saat pabrik ini mengeluarkan mobil Ford New Fiesta

Pada kesempatan ini berbeda dengan kesan yang dibawa sebelumnya, Ford Motor Indonesia secara langsung memperkenalkan produk terbarunya yaitu Ford Focus pada pameran GIIAS tahun 2015 yang lalu.

 Ford Focus sebenarnya adalah saudara kandung dari sedan Ford Focus. Banyak yang beranggapan bahwa Ford Focus merupakan versi anak mudanya dari sedan Ford Focus

Ford Focus Terbaru
Ford Focus Terbaru
Jika Sedan Ford Focus hadir dengan kesan yang sangat eksklusif maka Ford Focus sendiri seperti dikhususkan utuk para anak muda jaman sekarng.

Tampilan dari Ford Focus memang bisa dikatakan sporty banget. Anda bisa membayangkan jika eksklusifitas dari sedan Ford Focus dipadukan dengan gaya staylis nan sporty.

Tentunya akan menghasilkan mobil keren yang ngga mati gaya. Secara detail tampilan keren mobil ini nanti akan kita kupas tuntas. 

Tampilan fisik mobil terbaru Ford ini memang mengadapdasi dari keeleganan saudara kembarnya yaitu sedan Ford Focus.

Dengan demikian sebagai salah satu mobil hatchback Ford Focus memiliki tinggi badan yang relative lebih pendek.

Anda bisa menyandingkannya dengan mobil produksi Toyota yaitu New Yaris, karena dalam hal ini mereka sepertinya kompak. 

Keadaan yang lebih rendah ini sebenarnya adalah salah satu keunggulan tersendiri bagi Ford Focus versi Hatchback ini.

Pasalnya dengan kondisi yang lebih rendah Ford Focus akan menjadi seemakin sporty dan aerodinamis.

Selain itu, konsep ini juga akan membantu menjada kestabilan mobil saat digunakan untuk membelek pada tikungan yang miring sekalipun.

Selain menggunakan tampilan fisik yang lebih sporty dan tetap mempertahankan eksklusifitasnya, Ford Focus juga menggunakan mesin yang dapat menghasilkan tenaga yang besar.

Mesin Ford Focus berjenis Ti-VCT GDI i-4, yah mesin ini memang sama dengan mesin pada generasi Ford Focus sebelumnya ditambah dengan adanya teknologi Ford EcoBoost Engine yang akan meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar yang digunakan.

Mesin ini sendiri memiliki kapasitas 2.0 L, cukup banyak untuk tipe Hatchback.

Sementara bisa kita simpulkan bahwa mobil Ford Focus merupakan perpaduan antara keeleganan tipe mobil sedan Ford Focus dengan konsep anak muda yang sporty dan ditambah lagi pemakaian EcoBoost yang akan membantu anda mengefisiensi pemakaian bahan bakar minyak. 

Mungkin anda sudah semakin tidak sabar untuk mengetahui secara lebih detail mengenai mobil produk Amerika ini.

 Baiklah mari kita bahas secara lebih mendetail mengenai spesifikasi dan harga mobil Ford Focus ini. 

Spesifikasi Ford Focus

Ford Focus Menggunakan Desain Body Aerodinamis

Pada bagian pertama kita akan membahas mengenai tampilan eksterior dari mobil Sporty ini. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mobil ini memiliki tampilan elegan milik sedan Ford Focus dengan model yang lebih sporty.

Tampilan sporty yang fresh dan futuristic menjadi keunggulan dari mobil ini jika dibandingkan mobil-mobil hatchback sekelasnya. 

Ford Focus disesain secara matang dengan konsep aerodinamisnya. Mobil ini tampil secara keren dengan tipe lima pintu.

Untuk memperkuat kesan futuristic, Ford Focus menggunakan feadlamp halogen yang sedikit sipit dan melebar ke bagian belakangnya. 

Hal ini mengakibatkan tampilan mobil menjadi lebih tajam. Jika kita membandingkan dengan versi terdahulunya, maka kita akan menemui perbedaan pada bagian grill depannya.

Versi sebelumnya terkesan lebih lebar dan lebih ribet sedangkan untuk versi Ford Focus terbaru ini jauh lebih minimalis dan tidak terlalu lebar.
Eksterior Ford Focus
Eksterior Ford Focus
Front Grille ini sebenarnya difokuskan untuk membantu mengatur banyakknya udara yang akan memasuki kabin.

Sehingga dengan tampilan barunya ini Ford Focus memiliki monitorisasi pasokan udara yang lebih baik. Menuju ke bagian selanjutnya yaitu foglamp. 

Untuk bagian foglamp, Ford motor meletakkan foglap mengikuti alur pada headlampnya. Kemudian posisi ini didukung dengan penempatan bumper yang dibuat tidak terlalu tinggi sehingga kesan sporty sebuah mobil semakin terlihat.

Untuk mempermanis tampilan dan juga melindungi radiator mobil di bagian depan, bumper Ford Focus juga dilengkapi dengan aksen grill.

Kemudian, di bagian sampingnya mobil didesan secara aerodinamis mengikuti model-model mobil hatchback pada umumnya. 

Terdapat pula list berwarana chroom yang dibuat lurus kebelakang pada bagian kacanya. Bagian samping mobil ini terlihat lebih mungil dengan desain yang seperti ini.

Ditambah lagi bagian spion yang sudah menggunakan retractable mirror.

Bagian belakang mobil juga tidak kalah kerennya. Stoplamp dibuat mengikuti lekukan mobil secara keseluruhan sehingga terkesan lebih sipit.

Tampilan sipit ini ditambahi dengan sentuhan smoke guana menambah kesan manis pada tampilan belakangnya.

Terdapat pula tambahan spoiler pada bagian belakang yang didesain secara apik mengikuti tampilan mobil secara keseluruhan. 

Spoiler ini semakin menambah kesan sporty dari mobil Ford Focus ini. Tampilan body mobil ini sesuai bagi anda yang menyukai konsep dinamis nan sporty.

Interior Ford Focus Hi-Tech disertai Kabin yang Mewah

Setelah membahas tentang eksterior dan tampilan keren dari Ford Focus, kali ini kita akan mulai membahas mengenai bagian dalam dari mobil ini.

Ford Focus merupakan mobil yang lebih fokus pada kenyamanan penumpangnya sehingga sepertinya kapasitas penumpang menjadi dinomor duakan.

Bukan berarti kapasitas penumpang menjadi tidak penting, namun dalam hal ini kenyamanan penumpang memang ditempatkan pada posisi teratasnya. 

 Bagian dashbard New Focus dirancang dengan mengikuti teknologi masa depan. Hal ini terlihat pada fitur komputerisasi pada panel-panel di dashboardnya.

Pada dashboard Ford Focus ini juga disematkan teknologi-teknologi terbaru yang menunjang kebutuhan pengendara akan informasi. 

Interior Ford Focus
Interior Ford Focus
Bagian dalam mobil ini memang terkesan sangat mewah, dengan mengusung konsep modern mobil ini mempercantik diri dengan berbagai firur yang canggih.

Pada bagian Stirr kemudi mobil ini telah dilengkapi dengan berbagai macam panel yang akan menyamankan pengemudi.

Seperti hal untuk bagian speedometer telah dibuat secara lebih menarik dan akurat dengan teknologi komputerisasi.

Untuk fasilitas hiburan, mobil ini juga dilengkapi dengan adanya audio double DIN produk dari SONY. 

Sedangkan pada bagian kabin, tampilannya benar-benar terlihat lebih Fresh dengan digunakannya bahan kualitas Full Leather dari Recaro.

Ditambah lagi kualitas tinggi dari kabin ini berpadu dengan warna jok yang sengaja dipilih menggunakan warna yang cerah.

Anda benar-benar akan merasakan kemewahan sebuah mobil saat anda masuk ke dalam Ford Focus ini. Anda akan semakin terkesan dengan adanya layar yang sudah terkonfigurasi menggunakan SYNC TM. 

Dengan demikian anda bisa melakukan aktivitas multitasking anda. Layar ini mampu menampilkan navigasi dan playlist audio yang anda putar, selain itu juga mampu memberikan perkiraan suhu bagi para penumpangnya. 

Dan yang sudah pasti jika dibahas mengenai segi kenyamanan akan terdapat fasilitas AC. Untuk fasilitas AC ini digunakan AC Double Blower yang bisa secara cepat menurunkan suhu ruangan meskipun suhu di luar ruangan sebenarnya sangat panas.

Dimensi Ford Focus yang dilengkapi dengan Suspesi Berkelas

Ford Focus yang memang bernuansa Hatcback, tidak dirancang untuk menampung banyak penumpang, sehingga dimensi dari mobil ini pun termasuk cukup kecil.

Namun demikian, dimensi ini dirasa sudah cocok dan sesuai untuk mobil jenis hatchback yang berkiblat sporty.

Untuk ukuran dimensinya sendiri, Ford fokus memiliki tinggi 1.484 mili meter, panjang 4.254 mili meter lebar 1.823 mili meter dan wheelbase setinggi 2650 mili meter.

Bagi anda yang sering menggunakan mobil jenis SUV ukuran dari Ford Focus memang terkesan lebih kecil, namun sebenarnya untuk ukuran mobil Hatchback ukuran ini sudah paling ideal.

Apalagi jika kita lihat bobot dari mobil ini hanya sekitar 1.470 kg.

Dari segi kenyamanan mobil ini menggunakan sistem sustensi bagian depan dan belakang yang berbeda.

Untuk suspensi pada bagian belakang digunakan shock breaker bertipe hidrolik dengan teknologi Full Independet Control Blade SLA dan dilengkapi stabilizer bar, sedangkan untuk sistem suspensi bagian depan digunakan Independent MacPherson strut-type yang juga telah dilengkapi dengan stabilizer bar. 

Untuk memperkokoh ketahanan mobil Ford Focus diguankan velg 17 inchi pada bagian kaki-kakinya. Velg ini dibungkus menggunakan ban berukuran 215/50 R17.

Kemudian dari segi keamanan digunakan fasilitas pengereman berteknologi Anti Lock Brake Sysetem atau ABS.

ABS ini akan membantu pengemudi dalam mengeatur pengontrolan kendaraan saat mengerem sehingga saat mengerem mobil akan tetap stabil.

Performa Mesin Ti-VCT I-4 Flex Fuel pada Ford Focus

Pada bagian ini mari kita bedah bagian dapur pacu dari mobil yang memiliki tampilan sporty ala mobil hatchcback ini.

Mobil versi Sporty dari saudara kembarnya sedan Ford Focus ini dimotori oleh mesin tipe 2.0L Ti-VCT i-4 Flex Fuel (optional PZEV states) yang menggunakan teknologi Powertrain Control Module. 

Mesin ini memiliki kapasitas hingga 2 ribu liter. Dengan kapasitas ini Ford Focus mampu memberikan tenaga maksimal hingga mencapai 180 PS saat berada pada 6.000 rpm dengan torsi sebesar 240 Nm pada 5000 rpm. 

Mesin Ford Focus
Mobil Ford Focus juga dilengkapi dengan adanya sistem EcoBoost yang akan membantu meningkatan efisiensi penggunakaan bahan bakar saat digunakan karena telah diintegrasikan dengan sistem Turbocharging.

Ford Motor sendiri menyatakan bahwa mesin EcoBoost ini akan mampu mengefisiensikan penggunaan bahan bakar mencapai duapuluh persen dari pada penggunaan bahan bakar pada umumnya. 

Selain itu,  sistem ini juga akan membantu dalam mengurangin pengeluaran emisi gas karbon dioksida ke udara.

Produk New Ford Focus sendiri hadir dengan tipe transmisi 6 speed automatic dan di Indonesia hanya akan hadir tipe 2.0L GDI Sport yang memakai sistem transmisi otomatis.

Fitur Kenyamanan dan Keamanan Ford Focus yang Lengkap

Setelah mengotak atik berbagai dimensi dan bagian interior serta eksterior kali ini akan dibahas mengenai fitur-fitur tambahan yang dimiliki oleh Ford Focus.

Bisa dikatakan jika fitur penunjang kenyamanan dan keselamatan dari New Ford Focus memanglah cukup lengkap. 

Pada bagian kemudi didukung dengan adanya fitur berteknologi Torque Vectoring Control, teknologi ini membantu pengemudi untuk melakukan kontrol pada saat pengereman, terutama pada keseimbangan roda mobil.

Mobil Ford Focus juga dibangun dengan struktur kerangka mobil boron Steel Safety Cage. Sedikit tambahan info bahwa tipe kerangka ini mampu memberikan kualitas topang yang lebih berat pada sebuah mobil. 
Fitur Ford Focus
Fitur Ford Focus
Sebagai tambahan fitur-fitur umum juga telah terpasang dalam mobil ini misalnya ABS dengan EBS untuk memperkuat sektor pengereman.

Seperti yang pernah disinggung saat kita membahas tentang interior dari Ford Focus, mobil ini memiliki teknologi SYNC yang memungkinkan penumpangnya untuk menyambungkan smart phone anda dengan mobil. 

Fitur ini bisa digunakan untuk memainkan audio ataupun keperluan yang lain. Namun ingat, bahwa penggunaan fitur ini harus juga memperhatikan standar keselamatan lalu lintas.

Dari segi stabilitas, New Ford Focus menggunakan Electronic Stability Control (ESC) yang menjamin kestabilan mobil saat anda memacu kendaraan dengan kecepatan yang tinggi. 

Terdapat pula fitur yang akan membantu anda saat memarkirkan mobil Ford Focus, fitur ini adalah Rear Parking Sensors Camera.

Kembali kepada fitur keamanan terdapat Fitur Cruise Control yang akan meminimalisir kecelakan menggunakan pengontrolan otomatisnya.

Sedangkan dari segi keamanan terdapat Keyless Entry dan Push Button Start yang akan mengamankan mobil ini dari tindak criminal pencurian mobil.

Kelebihan Ford Focus

  1. Memiliki banyak pilihan mesin
  2. Memiliki sasis yang kuat
  3. Handling mobil mantab
  4. Mobil sudah terkenal tangguh
  5. Desain eksterior mobil ini terlihat begitu sporty

Kekurangan Ford Focus

  1. Memiliki ruang kabin yang kurang luas
  2. Interior terbuat dari plasik terkesan murahan
  3. Mesin versi dieselnya belum tersedia dalam transmisi manual
  4. Memiliki harga jual kembali yang murah
  5. Sparepart harganya mahal
  6. Harus menggunakan BBM dengan RON 92

Review Ford Focus

Berikut ini kami telah menyiapkan video review Ford Focus untuk anda, namun jika anda kurang menyukai pembahasan dalam bentuk video anda bisa melanjutkan membaca.

Spesifikasi Lengkap Mobil Ford Focus
Mesin
Tipe MesinHatchback Sport 2.0L AT – S/Ti-VCT GDI I-4 2.0L
Diameter x Langkah (mm x mm)87.5 x 83.1
Kapasitas (cc)1999
Sistem Injeksi Bahan BakarElectric Injection
Kapasitas Tangki BBM (L)55
Tenaga Maksimal (PS/rpm)170 / 6600
Torsi Maksimal (Nm/rpm)202 / 4450
Dimensi
Panjang (mm)4358
Lebar (mm)1823
Tinggi (mm)1483
Jarak Sumbu Roda (mm)2648
Radius Putar (m)5.4
Jarak Tertinggi dengan Tanah (mm)108
Berat Isi (kg)1337
Berat Maksimum (kg)1900
Suspensi dan Kaki-kaki
Rem Depandiscs
Rem Belakangdiscs
Suspensi DepanStrut MacPherson type with coil spring
Suspensi BelakangTwist Beam with Coil Spring
Shock AbsorberTelescopic double acting, hydraulic
Stabilizer SystemTorsion bar
Ban dan Velg215 / 50 R17
Transmisi
Tipe Transmisi6-Speed Automatic

Harga Ford Focus

Bagaimana, puas mengubek-ubek spesifikasi New Ford Focus dari luar hingga bagian terdalamnya? Nah sekarang kita akan membahas kisaran harga Ford Focus yang kabarnya hanya akan dirilis dalam satu versi saja, yaitu versi hatchback 2.0L A/T.

Berbicara mengenai banderol harga Ford Focus ini, tentunya kita harus berkaca pada spesifikasi eksterior dan juga interiornya. Dari luar, wajah baru New Focus ini memang akan langsung membuat anda jatuh cinta. 

Tibalah kita pada bagian harga dari mobil sporty nan elegan ini. Sebelumnya kita telah mengulas secara detai mengenai berbagai fitur, desain dan tampilan interiornya.

Untuk maslah harga, tentu juga akan menyesuaikan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. 

Mobil New Ford Focus yang merupakan saudara kembar dari sedan Ford Focus memiliki tampilan elegan sedan Ford Focus yang telah dirombak menjadi bermodel hatchback. 

Tampilan eksteriornya terkesan sporty dengan berbagai kelebihannya. Bagian interiornya sendiri juga sangat mewah, mualai dari kabin dan juga jok nya yang saling berpadu menimbulkan suasana fresh bagi siapa saja yang menaikinya.

Mesin tipe 2.0L Ti-VCT i-4 Flex Fuel dipilih sebagai penggerak utama dari mobil ini. Dengan mesin ini Ford Focus mampu memberikan performa yang tinggi. 

Selain itu mesin ini juga didukung dengan teknologi EcoBoost yang akan meningkatkan efeisiensi pemakaian bahan bakarnya.

Dengan berbagai kelebihan ini, berapakah sebenarnya harga yang dibandrol untuk mobil Ford focus?

Ternyata bandrolan harga yang dirilis oleh laman resmi Ford motor Indonesia cukup fantastis. Harganya mencapai angka Rp418 juta. Harga ini dikhususkan untuk Ford Focus dengan mesin 2.0 L GDI Sport A/T.

Untuk mobil sekelas hatchback, ini merupakan harga yang paling mahal dipasar mobil tipe hatchback Indonesia. 

Bagaimanapun juga harga tinggi ini memang disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan. Tampilan dari Ford Focus yang apik dan dilengkapi dengan berbagai fitur memang dirasa pantas jika dihargai setinggi ini.

Selain itu jika kita ingat kembali harga saudara kembarnya yaitu sedan Ford Focus, harga yang ditawarkan juga tidak terlalu jauh. 

Kami yakin anda mungkin akan membandingkan mobil ini dengan tipe-tipe hatchback lainnya seprti Toyota Newa Yaris yang dikelarkan pada tahun 2015 lalu.

Memang jika dibandingkan dengan New Yaris, Ford Focus jauh lebih mahal mengingat harga pasaran New Yaris hanya mencapai 268 Juta rupiah saja. 

Tetapi anda juga harus mengakui bahwa kali ini Ford Focus memang berada jauh di atas New Yaris untuk urusan kualitas.
Harga Ford Focus
Rp 418.000.000,-

Bisa dikatakan sebenarnya Ford Focus berada pada kelas premium yang bisa disandingkan dengan mobil-mobil seperti Mazda 6.

 Sehingga, walaupun dibandingkan dengan mobil yang banyak diminati seperti Honda Jazz sekalipun, Ford Focus tetap masih unggul.

Sebagai tambahan bahwa harga yang ditampilkan ini adalah harga OTR untuk wilayah DKI Jakarta. 

Jadi jika anda membelinya di daerah harganya akan sedikit menyesuaikan.

Demikian tadi ulasan lengkap mengenai Ford Focus, dan sebagi penutup sedikit saran dari kami bahwa mobil ini akan sesuai bagi anda pecinta mobil sporty dan bergaya, serta tentunya bagi anda yang memiliki budget yang sesuai.

Intinya pilihlah mobil sesuai kebutuhan anda. Baca juga ulasan kami tentang Toyota vullfire dan Toyota Alphard

Kupas Tuntas Kelebihan Kekurangan dan Harga Mobil Ford Focus Terbaru Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania