Spesifikasi dan Harga Toyota Sienta Terbaru 2017

Spesifikasi dan Harga Toyota Sienta Terbaru 2016 - Kehadiran dari mobil Toyota Sienta di pasar otomotif nasional sempat menjadi perbincangan hangat dikalangan para pecinta otomotif Indonesia.

Kami yakin anda pun termasuk pecinta otomotif yang telah memiliki berbagai perkiraan mengenai mobil karya Toyota ini.

Banyak yang berspekulasi mengenai kualitas yang akan ditawarkan oleh produk anyar Toyota Sienta

Produk ini digadang-gadang akan menyaingi perusahaan besar Honda pada jenis mobil Honda Freednya.

Setelah sempat berkutat dengan berbagai spekulasinya akhirnya pada tanggal 7-17 April 2016 yang lalu spekulasi para pecinta otomotif terjawab dengan diluncurkannya produknya Toyota Sienta oleh Toyota grup dalam acara Indonesia International Motor Show atau IIMS tahun 2016.

Tampilan Toyota Sienta


Untuk sebagaian dari anda yang telah melihat kehandalan dari mobil ini pasti anda takjub dengan kualitas yang diusung oleh mobil Toyota Sienta ini dan bagi anda yang belum sempat melihat secara langsung dalam acara tersebut tidak usah khawatir karena tim garasiotomania akan mengulas mobil Toyota Sienta secara detail dan lengkap. 

Sebagai senjata pamungkas Toyota untuk menghadapi Honda FreedToyota Sienta hadir dengan berbagai kelembihan dan kenyamanan yang ditawarkan. Mulai dari desain interior, eksterior dan mesin yang digunakan pun cukup berkualitas. 

Perbandingan Toyota Sienta dan Honda Freed
Perbandingan Toyota Sienta dan Honda Freed
Namun bagaimanapun juga kedua mobil ini yaitu mobil Honda Freed dan Mobil Toyota Sienta memiliki Kelebihannnya masing-masing.

Mengenai mana mobil yang akan mendapatkan hati konsumen akan sangat dipengaruhi oleh teknik pemasaran dan promosi yang dilakukannya. Anda pun sebagai konsumen berhak untuk menentukan pilihan anda sendiri. 

Walaupun di Indonesia produk mobil Toyota Sienta belum lama rilis namun sebenarnya produk ini telah diluncurkan di Jepang sejak beberapa waktu yang lalu yaitu pada tanggal 9 Juli 2015. 

Mobil apik ini hadir dengan beberapa jenis diantaranya : Sienta jenis Q, mobil Sienta jenis E, Sienta jenis X, mobil Sienta jenis G, mobil Sienta jenis Hybrid G dan model khusus seperti halnya molel Modelista dan TRD Sportivo yang digolongkan menjadi dua jenis kualitas yaitu tipe mobil standard an tipe Mobil Hybrid.

Di Indonesia sendiri jenis-jenis mobil Toyota Sienta yang akan bersaing adalah tipe G,E,V, dan tipe Q. Kesemua tipe ini mengusung bentuk eksterior yang apik dan memikat.

Sedangkan untuk bagaian interiornya anda bisa memilih sesuai dengan tipe yang tersedia.
Tampilan Toyota Sienta
Tampilan Toyota Sienta

Secara umum baik interior dan eksterior dari mobil Toyota Sienta termasuk dalam kualifikasi unggul.

 Tempat duduk stadar yang ditawarkan oleh Toyota Sienta mampu menampung tujuh orang seperti halnya mobil-mobil keluarga lainnya. Dalam pembuatan Toyota Sienta sepertinya Toyota tidak mau main-main. 

Mobil ini dilengkapi dengan mesin berkekuatan besar yaitu 1500 cc. Tidak hanya mesin dengan kekuatan yang besar namun juga dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi teranyar seperti teknologi fuel injection yang akan membantu pengemudi untuk menghemat pemakaian bahan bakar. 

Seperti tidak mau kalah dengan saingan utamanya yaitu mobil Honda FreedToyota Sienta juga mengusung konsep pintu sliding door yang menambah kesan mewah pada mobil ini.

Untuk fitur keamanan dan keselamatan mobil ini memiliki immobilizer, airbags, ABS, BA, dan EBD.

Tentu dengan adanya sistem pengamanan standar ini keselamatan pengendara akan lebih terjamin. Sekarang agar anda lebih jelas mengenai spesifikasi dari mobil Toyota Sienta mari kita simak ulasan berikut ini.

Spesifikasi Toyota Sienta

Desain Eksterior yang ditampilkan Oleh Mobil Toyota Sienta

Mobil MPV ini mengusung konsep mewah dan elegan untuk bagian eksteriornya. Kesan pertama yang muncul saat melihat mobil ini adalah kemewahan body yang disuguhkan. Desain premium yang diberikan membuat orang yang melihatnya bisa menjadi terpikat. 

Secara umum body yang dipakai pada mobil ini terlihat modern dengan adanya grill depan yang menyerupai grill milik Toyota yaris. Grill ini berbentuk trapesium dengan keeleganan seperti yang dimiliki oleh Toyota Yaris
Eksterior Toyota Sienta
Eksterior Toyota Sienta

Foglamp yang digunakan berbentuk bulat dan mampu berkolaborasi secara apik dengan grill depan serta bumper bagian depannya, walaupun terlihat sederhana namun kesan modernnya tetap bisa kita rasakan.

Sedangkan kepala lampu yang digunakan adalah jenis LED yang dilengkapi dengan levelling. Seperti yang disampaikan pada pembukkan tadi bahwa Toyota Sienta tidak mau kalah dengan pesaingnya mobil Honda Freed

Mobil ini juga menggunakan sistem pintu buka geser atau sliding doors yang ditempatkan pada second row.

Pintu ini dilengkapi dengan Dual Power yang akan membantu penumpang Toyota Sienta untuk membuka pintu, namun fasilitas ini baru terdapat pada Mobil Sienta tipe (V,G,Q) karena pada mobil Toyota Sienta tipe E masih menggunakan manual sliding door walaupun secara manual pun sebenarnya sliding door cukup mudah untuk dibuka. 

Selanjutnya beranjak pada bagian belakang mobil ini. Pada bagian belakang tidak kalah dinamisnya dengan bagian depan dan tengah.

Bagian belakang mobil Toyota Sienta dilengkapi dengan lampu horizontal yang menggunakan LED seperti pada bagian depannya. Lampu ini dipadukan dengan stop lamp melingkat berwarna merah pada setiap sisinya. 

Jadi dari bagian depan sampai belakang Toyota tidak main-main dalam memoles mobil buatannya. Semuannya tersusun secara apik serta menimbulkan kesan modern dan dinamis.

Desain Interior Mobil Toyota Sienta yang Simpel namun Tetap Terkesan Mewah

Setelah mengulas mengenai tampilan eksteriornya, kali ini tim garasiotomania akan membahas mengenai tampilan bagian dalam dari mobil Toyota Sienta ini.

Seperti halnya pada bagian eksterior, bagian interior dari mobil Toyota Sienta pun di desain secara minimalis dan modern. 

Kabin yang digunakan didesain secara simple dengan tampilan dashbor yang berlapis. Tampilan ini menimbulkan kesan sederhana namun tidak kampungan karena tetap terasa elegan.

Jika dipandang secara lebih detail tampilan yang disuguhkan sebenarnya juga terlihat manis walaupun tetap minimalis. 

Interior Toyota Sienta
Interior Toyota Sienta
Untuk bagian atas terdapat fin Air Conditioner atau AC. Bagian atasnya sendiri dilapisi dengan lapisan berwarna hitam yang semakin menambah kesan elegan.

Tidak hanya itu pada bagian atas juga terdapat tempat dudukan head unit, tombol start-stop engine walaupun hanya ada untuk mobil Toyota Sienta jenis V dan Q, dan juga terdapat panel instrument. 

Guna menambah kenyamanan saat mengemudikan mobil ini ditambahkan layar TFT multi information display pada sistem steering switch control yang digunakan untuk mengemudi.

Sementara itu, untuk bagian dudukan head pada mobil Toyota Sienta dilengkapi juga dengan adanya fasilitas layar sentuh penunjang berukuran empat koma dua inchi serta ada pula tampilan MID yang akan memudahkan anda untuk membacanya.

Toyota Sienta
Toyota Sienta
Tuas transmisi dan tombol pengatur audio diletakkan pada bagian bawah dashbor yang berwarna cream, sehingga tidak menggangu pandangan pengendara.

Pada bagian jok nya terdapat sedikit perbedaan antara jenis V,Q dan jenis E, G. Pada mobil Toyota Sienta jenis V dan jenis Q default warna jok yang digunakan adalah warna coklat, sedangakan untuk mobil Toyota Sienta jenis E dan jenis G digunakan default warna hitam. 

Seperti halnya pada mobil Datsun GO+ (plus) mobil Toyota Sienta juga mengusung konsep tempat duduk tiga baris sehingga secara umum dapat menampung penumpang sebanyak enam sampai dengan tujuh orang.

Masih senada dengan Datsun GO+ (plus) pada bagian kursi yang paling belakang dirasa hanya muat untuk ditempati anak-anak saja, karena tidak terlalu luas. 

Namun pada bagian kursi baris ke dua digunakan model captain seat yang membawa nuansa mewah ke dalam interior mobil ini. Mobil Toyota Sienta juga menggunakan sistem dive in row yang akan memberikan kelegaan saat anda melipat kursinya. 

Sistem Suspensi dan Dimensi yang Dipakai pada Mobil Toyota Sienta

Pada bagian ini kita akan membahas megenai dimensi dan suspense yang digunakan oleh Mobil Toyota Sienta. Ukuran mobil Toyota Sienta ini memiliki panjang dimensi 4.235 mili meter, lebarnya 1.695 mili meter dan memiliki tinggi 1.675 mili meter. 

Kapasitas mobil ini seperti yang sudah disampaikan sebelumnya yaitu enam sampai dengan tujuh orang. Ukuran ini bisa dikatakan cukup bongsor untuk mobil-mobil sekelasnya. 

Sedangkan dari segi kenyamanan digunakan suspensi yang cukup baik sehingga tetap nyaman saat digunakan untuk melewati jalan bergelombang ataupun rusak. 

Dimensi Toyota Sienta
Dimensi Toyota Sienta

Bagian kaki mobil menggunakan velg berukuran enam belas inchi yang didesain secara sporty ( ini digunakan pada tipe G, V, Q). Bannya sendiri menggunakan ukuran 195/50 R16 Alloy Wheel.

Dengan demikian kesan sporty makin nampak terpancar oleh mobil ini.

Dalam mendukung sistem suspensinya digunakan pengereman yang sekaligus menjadi fitur kenyamanannya.

Rem yang digunakan yaitu ABS dan EBV untuk tipe V dan tipe Q, sehingga anda dapat mengerem secara nyaman dan mendukung keamanan.

Mesin yang digunakan oleh Mobil Toyota Sienta adalah 2NR-FE VVT-i 

Setelah membahas mengenai kondisi eksterior, interior dan sistem suspensi yang digunakan, pada bagian ini akan dibahas mengenai mesin yang digunakan oleh Toyota Sienta.

Di negera lain seperti Jepang dan Hongkong mesin yang digunakan dibedakan menjadi dua jenis yaitu mesin dengan spesifikasi hybrid dan mesin yang memiliki spesifikasi standar saja.

 Pada mobil Toyota Sienta dengan kategori standar mesin yang dipasang adalah jenis L4 DOHC 16-valve VVT-iE. Mesin ini menggunakan silinder yang mampu memberikan kecepatan sampai 1.496 cc.

Dengan mesin model ini Toyota Sienta mampu menghasilkan tenaga hingga 109 ps pada rotasi enam ribu rpm dan torsi mencapai seratus tiga puluh enam Nm pada putaran 4.400 rpm.

Mesin Toyota Sienta
Mesin Toyota Sienta
Sobat garasiotomania perlu megetahui juga bahwa mesin ini termasuk mesin hemat bahan bakar namun tetap bisa mengeluarkan tenaga yang besar.

Mesin mobil Toyota Sienta mampu menempuh jarak duapuluh kilo meter untuk setiap satu liter bahan bakar yang digunakan.

Pada bagian transmisi mobil Toyota Sienta menggunakan sistem super transmisi CVT-i. Sedangkan mesin yang digunakan pada versi hibridnya juga menggunakan mesin L4 DOHC 16-valve VVT-I yang dilengkapi dengen fasilitas start stop engine. 

Namun silinder yang digunakan pada tipe hybrid mempunyai kapasitas yang lebih besar yaitu sekitar seribu empat ratus Sembilan puluh cc.

Torsi yang dihasilkan bisa mencapai 111 Nm saat putarannya berkisar pada empat ribu empat ratus rpm. Untuk tenaga yang dihasilkan mampu mencapai tujuh puluh empat ps saat putaran empat ribu delapan ratus rpm. 
Mesin Toyota Sienta
Mesin Toyota Sienta
Dengan spesifikasi seperti ini mesin tipe hybrid menjadi lebih irit dibandingkan dengan tipe standarnya. Untuk bahan bakar sebanyak 1 liter mesin ini mampu mengatarkan penumpang sejauh 27.9 kilo meter.

Pada sistem transmisi mobil ini menggunakan Electrically Controlled CVT yang dipadukan dengan motor elektrik berjenis Synchronous Alternating Current Motor. 

Di Indonesia sendiri mobil Toyota Sienta menggunakan mesin yang berkapasistas sebesar 1500 an cc, sedangkan untuk kekuatan yang mampu dihasilkan adalah sekitar 107 Hp.

Dengan transmisi yang bisa ditentukan sendiri oleh penggunanya yaitu MT / CVT.

Namun jika anda memilih varian termahal dari Toyota Sienta atau varian Q anda hanya bisa memilih transmisi sistem otomasis saja.

Tentunya mesin yang di gunakan ini tetaplah berkualitas tinggi dan sebagai pengguna anda dirasa tidak akan dikecewakan. 

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan yang dimiliki Toyota Sienta

Sampailah kita pada fitur tambahan namun menjadi yang paling penting bagi pengguna mobil.

Fitur ini meliputi firur keselamatan dan juga fitur kenyamanan. Mobil Toyota Sienta yang merupakan salah satu tipe mobil MPV tentunya dilengkapi dengan sistem keamanan dan kenyamanan.

Sistem ini antara lain didukung dengan adanya airbag atau kantong udara yang fungsinya adalah untuk menghindari cedera yang fatal bagi penumpang saat terjadinya tabrakan. Airbag ini akan mengembang jika sudah dibutuhkan sehingga cedera dapat diminimalisir. 
Fitur Toyota Sienta
Fitur Toyota Sienta

Toyota Sienta juga dilengkapi dengan Pre-Collision System (PCS) yang membantu pengendara untuk melakukan pengereman, sehingga pengereman dapat dilakukan secara lebih optimal tidak seperti pada mobil biasanya. 

Terdapat pula fasilitas fitur Lane Departur Alert (LDA) serta Automatic High Beam (AHB) pada Toyota Sienta ini.

Pada baris yang kedua terdapat fasilitas stability control, Hill Start Assist (tipe Q) dan ISOFIX yang dapat digunakan untuk tempat duduk anak. 

Tidak berhenti hanya di situ fasilitas mobil Toyota Sienta dilengkapi pula dengan adanya 2 Din Head Unit sebagai penyedia fasilitas suara yang baik bagi penggunanya.

Tak lupa terdapat pula fasilitas pendingin berupa air conditioner yang terdapat pada bagian bawah Head Unit.

Rangkuman Spesifikasi Toyota Sienta




Versi Standar
  •  Mesin : L4 DOHC 16-valve VVT-iE Engine with Start Stop System
  • Kapasitas Silinder : 1.496 cc
  • Daya Maksimum : 109 Ps/6000 rpm
  • Torsi Maksimum :  136 NM/4400 rpm
  • Dimensi : 4,235 x 1,695 x 1,675 mm
  • Transmisi :  Super CVT-i
  • Konsumsi BBM : 20.2 km/L
  • Ukuran Ban : 195/50 R16 Alloy Wheel
Versi Hybrid
  • Mesin : L4 DOHC 16-valve VVT-iE Engine with Start Stop System
  • Kapasitas Silinder : 1.497 cc
  • Daya Maksimum : 74 Ps/4800 rpm
  • Torsi Maksimum :  111 NM/4400 rpm
  • Dimensi : 4,235 x 1,695 x 1,675 mm
  • Electric Motor : Synchronous Alternating Current Motor (Permanent Magnet Type
  • Transmisi : Electronically Controlled CVT
  • Konsumsi BBM : 27.9 km/L
  • Ukuran Ban : 195/50 R16 Alloy Wheel
Fitur
  • 7 Kapasitas Tempat Duduk
  • Pintu Slider
  • Hill Start Assist (HSA)
  • ISOFIX
  • ABS + EBD
  • Airbags
  • Pre-Collision System (PCS)
  • Lane Departure Alert (LDA)
  • Automatic High Beam (AHB)

Review Toyota Sienta

Berikut ini juga kami siapkan video review Toyota Sienta unuk anda, namun jika anda kurang menyukainya anda bisa melanjutkan membaca.

Harga Beli Mobil Toyota Sienta

Sebelum kita membahas mengenai harga beli dari mobil Toyota Sienta mungkin ada baiknya jika tim garasiotomania menguraikan kembali spesifikasi mobil Toyota Sienta secara lebih ringkas. 

Mobil ini merupakan salah satu produk Toyota yang baru-baru ini diluncurkan. Tujuannya adalah untuk menjamah pasar Mobil MPV atau gampangnya ingin mulai bersaing dengan perusahaan besar Honda terutama untuk jenis mobil Honda Freed

Mobil ini memiliki tampilan yang menarik walaupun bisa dikatakan agak bongsor. Toyota Sienta seperti halnya mobil Datsun GO+ (plus)  mengusung model tiga baris yang sesuai untuk keluarga. Pada bagian interiornya mobil ini disajikan secara sederhana namun tetap elegan.

Berbagai fitur pendukung ditempatkan dalam interiornya dengan tujuan kenyamanan dan keamanan bagi penumpangnya. Mesin yang digunakan oleh mobil Toyota Sienta berjenis  2NR-FE VVT-i.

Jenis mesin ini seperti yang telah diuraikan sebelumnya memiliki kemampuan untuk menghemat bahan bakar namun tetap bisa menghasilkan tenaga yang besar dan jarak tempuh yang lumayan jauh. 

Sebagai salah satu mobil yang bersaing pada jenis MPV mobil ini tetap mengutamakan fitur keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa mobil ini akan menjadi salah satu primadona baru di pasar mobil nasional.

Lantas dengan berbagai kelebihan yang ditampilkan oleh mobil ini berpakah harga yang dibandrol untuk tiap jenisnya? 

Interior Toyota Sienta
Interior Toyota Sienta

Sebenarnya sampai sekarang masih belum ada harga resmi yang dirilis oleh Toyota group. Namun berdasarkan uraian yang diterima dalam pameram IIMS 2016 didapatkan beberpa informasi mengenai harga dari mobil ini. 

Secara umum harga mobil ini dibedakan ke dalam empat varian dengan harga yang berbeda-beda. Selain itu harga ini akan dipengaruhi pula oleh pemilihan transmisi yang dilakukan oleh konsumen.


Berapapun hargannya sepertinya Toyota tetap harus mempertimbangkannya matang-matang supaya harga yang ditawarkan bisa sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. 

Selain itu jika harga yang diberikan terlalu mahal maka mobil ini tentunya akan kalah melawan pesaing-pesaingnya seperti halnya Honda Freed.

Sebagai bocoran yang pertama, tipe Q tetaplah menjadi varian paling mahal dengan fitur yang paling canggih dan paling mewah dari Toyota Sienta ini.



Harga Toyota Sienta E M/T
  • Rp 230.000.000
Harga Toyota Sienta E CVT
  • Rp 248.000.000
Harga Toyota Sienta G M/T
  • Rp 242.000.000
Harga Toyota Sienta G CVT
  • Rp 260.000.000
Harga Toyota Sienta V M/T
  • Rp 257.000.000
Harga Toyota Sienta V CVT
  • Rp 275.000.000
Harga Toyota Sienta Q CVT
  • Rp 295.000.000

Bocoran yang kedua kesemua mobil ini dibandrol dengan kisaran harga antara 230 sampai dengan 295 juta rupiah. Lebih lengkapnya tim garasiotomania menampilkannya sebagai berikut ini.
Yang perlu sobat-sobat perhatikan juga adalah karena harga yang ditampilkan di atas adalah harga OTR Jakarta, maka kemungkinan untuk berubah amatlah besar. 

Walaupun perubahnnya tidak akan terlalu signifikan. Perubahan ini dimungkinkan karena berbagai kondisi yang mungkin terjadi serta berbagai pertimbangan yang tentunya akan dipertimbangkan oleh Toyota Group. 

Yang jelas dengan kisaran harga ini Honda haruslah memutar otak, karena jelas harga ini termasuk harga yang kompetitif untuk produk Honda sekelas Toyota Sienta.

Review ini kami buat sebaik mungkin dengan harapan menambah informasi bagi anda mengenai mobil Toyota Sienta

Semoga dengan informasi ini anda akan semakin mantap dalam memilih produk anyar Toyota ini. Memang sayang rasanya jika anda melewatkan kesempatan untuk memboyong produk ini, meskipun anda harus mengeluarkan biaya sekitar tiga ratus juta rupiah.

Baca juga ulasan lengkap tentang mobil  Datsun GO+ (plus) dan Honda Brio

Spesifikasi dan Harga Toyota Sienta Terbaru 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania