Spesifikasi dan Harga Honda Supra GTR 150 cc Juli 2017

Spesifikasi dan Harga Honda Supra GTR 150 cc - Honda adalah salah satu perusahaan otomotif yang telah sejak lama menghasilkan motor-motor jenis bebek.

Dengan berbagai pengalaman yang dimilikinya, belum lama ini Honda kembali secara bangga menghadirkan kembali sebuah motor jenis bebek teranyarnya. Kali ini Honda mengincar segmen 150 cc. Yah,, memang jika kita amati sekarang ini semakin banyak saja motor yang mengusung kelas 150 cc.

Dan sepertinya tidak mau kalah Honda pun juga turut ambil bagian. Secara resmi pada bulan lalu Honda merilis motor bebek terbarunya dengan branding nama Honda Supra GTR 150 cc.

Brand motor Supra memang sudah sejak lama digunakan oleh Honda, dan tentu saja kehadirannya sudah mendapatkan hati di kalangan masyarakat.

Tidak heran jika sudah terdapat banyak sekali varian motor Supra yang saat ini beredar dikalangan masyarakat.

Honda Supra GTR 150 cc
Honda Supra GTR 150 cc




Honda telah berhasil menyapu bersih semua segmen sejak segmen kelas 100 cc dan juga kelas 125 cc, dengan brand motor Supra X, Honda telah berhasil memikat banyak pecinta otomotif di Indonesia.

Sebenarnya kabar akan hadirnya produk Honda pada segmen 150 cc sudah santer terdengar sejak awal tahun 2016.

 Banyak yang meramalkan bahwa produk terbaru Honda ini akan membawa nama Supra X 150. Tentu saja hal ini didasarkan pada perkiraan bahwa Supra akan melengkapi setiap segmennya.

Tetapi pada akhirnya Honda lebih memilih nama baru yaitu Honda Supra GTR 150 walaupun masih tetap mengusung nama besar supra.

Honda Supra GTR 150 hadir sebagai bebek generasi baru dari Honda Supra. Kehadiran motor ini sekaligus menjadi penantang utama dari Yamaha Jupiter MX yang telah terlebih dahulu menguasai pasar motor bebek kelas 150 cc.
Spesifikasi Honda Supra GTR 150 cc
Spesifikasi Honda Supra GTR 150 cc

Sebagai salah satu produk dari perusahaan besar asal negeri sakura, tentunya Honda Supra GTR 150 hadir dengan spesifikasi yang cukup menawan.

Honda Supra GTR 150 hadir dengan penampilan yang begitu menawan. Desain body dari Honda Supra GTR 150 juga dibuat dengan lekukan yang membuatnya tampil begitu agresif.

Tidak hanya itu tiap sisi dari body motor ini secara skilas tampak begitu atraktif seperti halnya pada Honda Supra versi sebelumnya.

Untuk mesinnya Honda Supra terbaru in imenggunakan mesin bertipe DOHC dengan empat katup yang memiliki kapasitas mencapai 149.6 cc.

Tentunya dengan kapasitas ini, Honda Supra GTR 150 cc akan memiliki tenaga yang sangat besar untuk jenis motor bebek.

Masih pada bagian mesin, Honda Supra GTR 150 juga dilengkapi dengan teknologi PGM-FI yang akan mengatur suplai bahan bakar yang digunakan.

Terdapat pula sistem pendingin dengan teknologi Liquid Cooled with Auto Fan. Dengan kehadiran kedua teknologi ini Honda Supra GTR 150 akan menjadi kendaraan yang irit namun tetap memiliki tenaga yang besar.


Nah itu tadi baru sedikit kelebihan yang dimiliki oleh Honda Supra tipe terbaru ini. Tentunya masih banyak kelebihan yang dimilikinya.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai Spesifikasi dari Honda Supra GTR 150. Langsung saja mari kita simak penjelasan berikut ini. 

Berikut ini terdapat video berisi ulasan singkat mengenai Honda Supra GTR 150, anda bisa menyaksikkannya.

Namun jika anda kurang berminat untuk menyaksikan video ini, anda bisa melewatinya karena kami juga telah menguraikan spesifikasi dari Honda Supra GTR 150 secara lengkap.


Spesifikasi Lengkap Motor Honda Supra GTR 150


Tampilan Body Elegan dan Agresif Honda Supra GTR 150

Pada bagian pertama kita akan mulai melakukan pembahasan mengenai tampilan luar dari Honda Supra GTR 150.

Pada tampilan eksterior dari Honda Supra GTR 150, terdapat lekukan yang membuat motor ini nampak begitu elegan dan sporty.

Lekukan-lekukan ini didesain secara kompak pada setiap sisinya dan juga membuat motor ini nampak lebih agresif.

Pada bagian depannya, Honda Supra GTR 150 menggunakan lampu utama bertipe LED Dual Layer Multi reflection Led Headlight.

Tampilan Eksterior Honda Supra GTR 150 cc
Tampilan Eksterior Honda Supra GTR 150 cc

Secara sepintas tampilan dari lampu Honda Supra GTR 150 ini terlihat seperti pada headlamp motor CB 150R Streerfire.

Tentunya dengan digunakannya lampu tipe ini membuat motor bebek ini menjadi lebih sporty. Kemudian di bagian lampu sein, didesain menyatu dengan bagian body depan.

Lampu sein in imenggunakan bolam pada bagian kanan dan kiri muka motor.

Sedangkan tutup dari lampu sein ini terlihat tajam sehingga membuat Honda Supra GTR 150 semakin nampak sporty dan gagah.

Selanjutnya di bagian samping, Honda Supra GTR 150 menggunakan desain ramping dan juga stylish. Garis dan lekukan nampak begitu tegas pada bagian samping body Honda Supra GTR 150 ini.

Namun berbeda dengan generasi sebelunya yang memiliki bagasi begitu besar, Honda Supra GTR 150 saat ini tidak memiliki bagasi karena di bawah joknya digunakan untuk meletakkan filter udara.


Sementara di bagian belakangnya, masih mengusung tipe yang sama seperti pada versi sebelumnya yaitu menggunakan lampu belakang yang didesain menjadi satu dengan lampu sein yang memberikan aura sporty maksimal.

Sama seperti pada bagian depannya, lampu sein pada bagian belakang juga masih menggunakan lampu bholam.

Secara umum bisa kita simpulkan bahwa tampilan eksterior dari Honda Supra GTR 150 memang begitu sporty dan tegas.

Speedometer Honda Supra GTR 150 menggunakan sistem Digital dan Analog

Setelah mencermati pada bagian luar dari Honda Supra GTR 150, kini kita akan mulai mencermati pada bagian panel indikator atau lebih nyaman disebut speedometer dari motor ini.

Bisa dikatakan bahwa tampilan dasbor atau panel indikator dari Honda Supra GTR 150 ini semakin menambah tampilan frees dari body Supra terbaru ini.

Sebenarnya tampilan dari Honda Supra GTR 150 ini cukup sederhana, namun justru tampilan sederhana ini malah semakin menambah kesan sporty yang ada.

Honda Supra GTR 150, menggunkan sistem indikator yang memadukan antara sistem digital dan sistem analog.


Tampilan Honda Supra GTR 150 cc
Tampilan Honda Supra GTR 150 cc

Sistem indikator analog dikhususkan untuk penunjuk takometer angka yang besar sedangkan untuk panel digital digunakan untuk odometer, speedometer, tripmeter, dan indikator bahan bakar serta posisi gear sehingga penampilannya menjadi lebih jelas.

Bisa dikatakan bahwa sistem indikator pada motor Honda Supra GTR 150 ini termasuk cukup lengkap.

Tentunya dengan lengkapnya indikator dari motor Honda Supra GTR 150, akan membuat pengemudinya lebih mudah dalam memantau keadaan motor yang sedang dikendarainya itu. Hal ini lah yang menjadi salah satu daya Tarik dari dari Honda Supra GTR 150.

Honda Supra GTR 150 Memiliki Dimensi yang Ramping

Pada segmen ini, kita akan mulai membahas mengenai dimensi dari Honda Supra GTR 150. Secara umum jika kita lihat, tampilan dari Honda Supra GTR 150 nampak lebih ramping.

Ukuran matematis dari motor ini adalah memiliki panjang 2,25 mm dengan lebar 725 mm serta memiliki tinggi 1,102 mm. Untuk berat dari Honda Supra GTR 150 sendiri mencapai 119 kg.

Ukuran dimensi yang diusung oleh Honda Supra GTR 150 ini dirasa cukup pas untuk digunakan bermanuver di jalanan. Selain itu dengan ukurannya yang ramping ini tentu Honda Supra GTR 150 akan menjadi lebih lincah.

Dimensi Ramping  Honda Supra GTR 150 cc
Dimensi Ramping  Honda Supra GTR 150 cc

Ditambah lagi Honda Supra GTR 150 memiliki ukuran jok setinggi 780 mili meter. Ukuran ini dirasa cocok dengan poster tubuh warga Indonesia yang bisa dibilang tanggung.

Selain itu anda akan bisa mengendalikan motor ini secara lebih lincah meskipun di jalanan yang kurang bersahabat.

Hal ini dapat anda lakukan karena Honda Supra GTR 150 memiliki ground clearance yang lumayan tinggi yaitu sekitar 150 mili meter.

Sementara untuk kerangkanya, Honda memilihkan tipe Twin Tube Steel yang akana membuat Honda Supra GTR 150 menjadi semakin lincah dan juga gesit.

Kemudian jarak sumbu roda yang digunakan oleh bebek terbaru dari Honda ini memiliki ukuran 1,284 mili meter.

Ukuran ini dirasa pas untuk sebuah motor bebek sehingga akan lebih mudah jika digunakan untuk bermanuver pada tikungan.

Untuk Kapasitas dari tangki bahan bakar Honda Supra GTR 150 mencapai 4,5 liter, ini sudah cukup lumayan untuk motor bebek apalagi mengingat Supra merupkan motor yang cukup hemat.

Honda Supra GTR 150 Menggunakan Suspesi Kokoh

Setelah membahas mengenai tampilan luar, speedometer serta dimensi dari Honda Supra GTR 150, kita akan melanjutkan pembahasan pada bagian suspensi yang digunakannya.

Tentunya dengan desain yang kompak dari Honda Supra GTR 150, suspensi yang digunakan juga akan mengikuti kekompakkannya.

Mendukung keagresifan dari Honda Supra GTR 150, digunakan sistem suspensi teleskopik dengan diameter as mencapai 31 mili meter dan jarak mainnya mencapai 90 mili meter.

Suspensi Kokoh Honda Supra GTR 150 cc
Suspensi Kokoh Honda Supra GTR 150 cc

Lagi-lagi Honda Supra GTR 150 memiliki kemiripan pada Honda CB 150 R, karena pada stelan sistem suspensi pada umunya untuk motor bebek hanya menggunakan as yang berdiameter 26 mili meter saja.

Jadi bisa dikatakan bahwa Honda memgang tidak main-main dalam mendesain motor bebek terbarunya ini.

Kemudian untuk sistem suspensi pada bagian belakangnya, Honda Supra GTR 150 menggunakan tipe suspensi mono shock yang tidak menggunakan link, sistem macam ini sering disebut sebagai konvensional atau lengan ayun untuk sistem suspensi tunggal.

Jarak main dari suspensi belakang Honda Supra GTR 150 adalah 13,5 mili meter. Dengan teknologi suspensi ini, Honda Supra GTR 150 menjadi lebih stabil saat digunakan untuk berboncengan ataupun digunakan berkendara sendiri.

Selanjutnya kita berlanjut ke bagian kaki-kaki motor ini. Untuk velg yang digunakan Honda Supra GTR 150 mempercayakan pada tipe yang sangat mirip dengan motor Sonic 150 R yaitu palang Y.

Sementara untuk ban yang digunakan, dibagian depan Honda Supra GTR 150 menggunakan ban tubles yang berukuran 90/80-17 yang secara gagah membalut velg yang memiliki ukuran 1,85 x 17 mili meter.

Pada bagian belakang digunakan ban berukuran 120/70-17 yang membalut velg berukuran 3,50 mili meter.

Ukuran ban yang digunakan ini semakin mendukung kestabilan Honda Supra GTR 150 saat digunakan untuk melaju.

Kemudian di bagian pengereman sendiri Honda Supra GTR 150 menggunakan rem cakram hidrolik berkapiler piston untuk bagian rem belakang maupun depannya.

Tentunya dengan karakteristik suspensi ini, semakin membuat Honda Supra GTR 150 mejadi lebih tangguh.

Mesin dari Honda Supra GTR 150 Menggunakan DOHC 6 Percepatan

Pada bagian ini kita akan mengulas sektor dapur pacu dari Honda Supra GTR 150.

Dari segi permesianan Honda Supra GTR 150 juga mengusung fitur-fitur mesin yang cukup memukau.

Honda sepertinya memang tidak main-main dalam membuat motor ini.

Honda Supra GTR 150 menggunakan mesin New Generation DOHC dengan 4 katub yang mengusung sistem enam percepatan dan juga tipe kopling wet multipate with coil spring.

Mesin dati Honda Supra GTR 150 juga dilengkapi full transistor yang menggunakan perbandingan kompresi mencapai 11,3 : 1.

 Dengan spesifikasi mesin yang seperti ini, dikalim bahwa Honda Supra GTR 150 bisa memiliki tenaga yagn cukup besar yaitu 11,6 kW atau 15,9 PS untuk putaran yang mencapai Sembilan ribu rpm.

Kemudian untuk torsi maksimal nya bisa mencapai 13,5 Nm saat putarannya 6500 rpm.

Mesin Honda Supra GTR 150 cc
Mesin Honda Supra GTR 150 cc

Untuk semakin mendukung keagresifan mesin Honda Supra GTR 150 digunakan pula sistem elumasan basah.

Seperti yang sudah disinggung pada bagian awal Honda Supra GTR 150 juga memiliki teknologi PGM FI yang didukung dengan throttle body 30 mili meter serta injektor delapan lubang yang akan membantu penyuplaian bahan bakar ke dapur pacu.

Selain itu terdapat pula teknologi Liquid Cooled dengan Auto Fan yang pastinya perpaduan antara teknologi ini akan menjadikan Honda Supra GTR 150 sebagai motor yang irit.

Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Honda Supra GTR 150

Setelah mengotak ati pada setiap bagiannya kini kita akan memberikan perhatian yang lebih khusus pada bagian fitur keselamatan dan kenyamanan yang dimiliki oleh Honda Supra GTR 150.

Pada bagian kenyamanan yang pertama berkaitan pada kenyamanan penyajian informasi seputar motor kepada pengendara melalui panel indikator yang disajikan dalam bentuk data digital maupun analog.

Tentunya dengan mengetahui informasi mengenai motor yang dikendarai, akan semakin membuat pengendaranya merasa nyaman.

Guna semakin menyamankan pengendaranya Honda Supra GTR 150 juga dilengkapi dengan sistem Kick Starter dan juga start Electrik, dengan demikian, pengendara akan lebih mudah dalam menghidupkan mesin motor ini.


Fitur Keselamatan Honda Supra GTR 150 cc
Fitur Keselamatan Honda Supra GTR 150 cc

Kemudian walaupun tidak memiliki bagasi yang luas, namun Honda Supra GTR 150 masih memiliki ruagn kecil pada bagian belakang tangki yang bisa digunakan untuk membawa tool kit ataupun buku service anda.

Kemudian pada bagian fitur keselamatan, Honda Supra GTR 150 menggunakan rem dengan jenis Disc Brake untuk kedua roda depan dan belakangnya yang diharapkan akan mampu menghentikan perputaran roda secara maksimal.

Kemudian untuk mengantisipasi medan yang berkabut ataupun saat jarak pandang pengemudi menurun, Honda Supra GTR 150 juga telah dilengkapi dengan head lamp LED.

Nah bagaimana menurut anda mengenai spesifikasi dari Honda Supra GTR 150 ini? Tentunya untuk ukuran sebuah motor bebek, spesifikasi yang diusung oleh Honda Supra GTR 150 termasuk pada kategori komplit dan baik.



Mesin
  • Tipe mesin: 4 langkah DOHC 4 katup
  • Bore x stroke: 57,3 x 57,8 mm
  • Kapasitas mesin: 149,16 cc
  • Pendinginan: Sistem Pendingin
          Cairan (Liquid Cooled)
  • Sistem Pembakaran : PGM-FI (Injeksi)
  • Rasio kompresi: 11,3:1
  • Tenaga maksimal: 15,74 dk (11,6 kW)/9.000 rpm
  • Torsi maksimal: 13,5 Nm/6.500 rpm
  • Starter: electric & kick starter
  • Sistem kopling: wet multiple with coil spring
  • Sistem pelumasan: basah
  • Kapasitas oli: 1,1 liter
  • Transmisi: manual 6 percepatan (1-N-2-3-4-5-6)
Dimensi
  • Dimensi (P x L x T): 2.025 x 725 x 1.102 mm
  • Jarak sumbu roda: 1.284 mm
  • Jarak terendah: 150 mm
  • Tinggi jok: 780 mm
  • Berat kosong: 119 kg
  • Radius putar: 1.900 mm
  • Kapasitas tangki bensin: 4,5 liter
Kaki-Kaki
  • Rangka : twin tube steel
  • Suspensi depan: teleskopik
  • Suspensi belakang: monosok
  • Rem depan: hidraulic disc
  • Rem belakang: hidraulic disc
  • Ban depan: 90/80-17 46P (Tubeless)
  • Belakang: 120/70-17 58P (Tubeless)
Kelistrikan
  • Sistem pengapian: full transistor
  • Aki: MF 12 V-5,0 Ah
  • Tipe busi: NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9

Harga Honda Supra GTR 150 Terbaru

Setelah membahas mengenai seluk beluk dari motor Honda Supra GTR 150 tentunya tidak lengkap jika kita tidak mengulas pada bagian Harga Motor dari Honda Supra GTR 150.

Seperti biasanya sebelum kita mulai membahas mengenai harga dari Honda Supra GTR 150, alangkah baiknya jika kita membuat sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi dari motor bebek terbaru besutan perusahaan asal negeri sakura ini.

Dimulai dari penampilan Honda Supra GTR 150 yang begitu menarik ditambah dengan adanya lekukan lekukan atraktif pada body Honda Supra GTR 150 pastinya akan menarik perhatian anda.

Bagaimanapun penampilan yang dibawa oleh motor ini adalah daya Tarik kuat yang akan mempengaruhi harga dari Honda Supra GTR 150.

Kemudian penampilan keren dari Honda Supra GTR 150 semakin didukung dengan adanya indikator penunjuk yang mengusung konsep digital dan analog.

Tidak hanya itu Honda Supra GTR 150 juga menggunakan mesin yang berperforma tinggi yaitu tipe DOHCH terbaru yang menggunakan empat katup dengan menggunakan sistem transmisi 6 percepatan.

Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi penyuplai bahan bakar andalan Honda yaitu PGM-FI.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Honda Supra GTR 150, kira-kira berapakah harga yang dibandrolkan?

Honda Supra GTR 150 sendiri terdiri dari dua varian yaitu varian eksklusif dan juga varian sporty. Harga yang dibanrolkan untuk Honda Supra GTR 150 tipe sporty adalah Rp 21,3 juta.

Tipe sporty ini sendiri terbagi lagi dalam dua pilihan warna yaitu Cruiser White yaitu berpenampilan polos yang didukung dengan gaya mmodel striping sporty.

Sedangkan harga yang dibandrol untuk Honda Supra GTR 150 tipe Eksklusif adalah Rp 21,5 juta, hanya berbeda dua ratus ribu saja jika dibandingkan dengan tipe sporty nya.

Honda Supra GTR 150 tipe eksklusif juga memiliki dua pilihan warna yaitu tipe Exclusive Gun Black dan Exclusive Grande Blue dimana keduanya memiliki warna eksklusif yang nampak begitu tegas.

Daftar Harga Honda Supra GTR 150

Harga Honda Supra GTR 150 Sporty
  • Rp. 21.300.000
Harga Honda Supra GTR 150 Exclusive
  • Rp. 21.500.000


Harga yang kami pampang ini adalah harga resmi dari Honda, namun harga ini masih merupakan harga On the road atau OTR wilayah DKI Jakarta sehingga tentunya harga Honda Supra GTR 150 akan mengalami sedikit perbedaan jika anda membelinya di daerah lain.

Setelah mengetahui tentang spesifikasi dari Honda Supra GTR 150, tentunya anda bisa menyimpulkan sendiri bahwa sebenarnya motor jenis bebek ini sudah memiliki kapasitas mesin yang setara dengan motor sport misalnya CBR 150 R ataupun CB 150 R.

Mesin ini merupakan new DOHC yang menggunakan empat silinder dengan sistem transmisi enam percepatan.

Apabila kita membandingkan Honda Supra GTR 150 dengan tipe motor sport tentunya harga yang dipampang di atas termasuk cukup murah untuk ukuran motor bebek dengan spesifikasi seperti ini.

Tetapi jika kita tilik lagi, sudah ada Motor Yamaha Jupiter MX yang memiliki spesifikasi tidak kalah kerennya dan juga memiliki harga kompetitif.

Kesimpulannya, Honda tetap harus pandai-pandai mencari celah pada pasar otomotif agar bisa melakukan penjualan produk ini secara sukses.

Itulah tadi ulasan kami tentang spesifikasi dan harga dari motor Honda Supra GTR 150.

Spesifikasi dan Harga Honda Supra GTR 150 cc Juli 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania