Spesifikasi, Review, Ulasan Lengkap dan Harga Grand New Toyota Avanza Veloz Terbaru 2016

Spesifikasi, Review, Ulasan Lengkap dan Harga Grand New Toyota Avanza Veloz Terbaru 2016 -Sebelumnya kita telah membahas mengenai produk Toyota yang lain yaitu Grand New Avanza. Nah kali ini kita akan membahas mengenai mobil yang menempati segmen low MPV juga yaitu Toyota Avanza Veloz. Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya bahwa sekarang ini Veloz sudah tidak masuk lagi dalam keluarga mobil Avanza sehingga nama resminya sekarang berubah menjadi Toyota Grand New Veloz.

Dengan demikian Veloz benar-benar telah dirilis dengan bran market tersendiri. Yaah.. walaupun pada akhirnya mobil ini tetap menulis kata Avanza pada bodinya. 

Jika kita membuka laman resmi dari Toyota Indonesia, kita akan mendapati bahwa sekarang sudah terdapat space tersendiri untuk Toyota New Veloz, artinya mobil ini memang sadah memiliki spesifikasi baik interior maupun eksterior yang berbeda dengan mobil yang telah kita bahas sebelumnya yaitu Grand New Avanza
Walaupun demikian jika kita amati tampilan luar Grand New Veloz sebenarnya belum berbeda terlalu jauh dengan tampilan Grand New Avanza. Di bagian depan sepeti halnya pada Grand New Avanza kita akan tetap menemui tampilan sporty dan mewah. Hal ini nampak jelas pada bagian grill depan dan juga tampilan fascia depannya. 

Untuk perbedaannya bisa kita temui mulai dari dapur pacu yang dimiliki. Grand New Veloz sepertinya terlihat lebih galak dibandingkan Grand New Avanza

Tentu saja ini bukan hanya sekedar pengamatan tetapi karena memang Veloz kali ini menggunakan transmisi 5 percepatan sebagai penyalur performa mesin yang dimilikinya. 

Walaupun masih menggunakan kapasitas silinder yang sama dengan Grand New Avanza namun peredaan ini sepertinya berpengaruh cukup besar pada keganasan mesinnya.

Tidak hanya berhenti sampai disini, Toyota Veloz juga dapat menghasilkan tenaga mesin yang lebih besar daripada Toyota Avanza. Mesin Toyota Veloz diperkirakan mampu menghasilkan tenaga 96.6 PS saat putarannya mencapai enam ribu rpm. 

Dari segai fitur penunjang, Toyota Veloz memiliki banyak kelebihan. Salah satu mobil andalan Toyota di Segmen low MPV ini meimiliki teknologi Electrik Power Streeng yang sengaja di pasang untuk mempermudah pengemudi dalam mengendalikan kemudi mobil. 

Sedangkan untuk fitur keamanan dan kenyamanan juga sudah tidak diragukan lagi. Anda pasti akan merasa nyaman saat mengendarai mobil ini baik untuk perjalanan jauh maupun dekat. Selanjutnya mari kita bahas lebih lengkapnya mengenai mobil ini. 

Spesifikasi Grand Toyota Avanza Veloz

Tampilan Eksterior Sporty nan Elegan

Pemisahan antar Tipe Toyota Avanza dan tipe Toyota Veloz sepertinya tidak hanya sekedar pada pemisahan nama dan brand saja. Pada tampilan eksterior Toyota memberikan tampilan yang terlihat berbeda di antara keduanya. 

Seperti yang kita tahu pada pembahasan sebelumnya bahwa Toyota Avanza berpawakan lebih kalem dan menjunjung kesan keeleganan yang cukup kental. Namun anda akan mendapati sesuatu yang sedikit berbeda pada tampilan Toyota Veloz

Mobil ini memiliki kesan sporty yang lebih garang dibandingkan Toyota Avanza. Anda bisa mulai memperhatikan pada tampilan fascia bagian depannya. Kesan sporty benar-benar terlihat dari karakter desain lampu utama terbarunya.

Spesifikasi, Review, Ulasan Lengkap dan Harga Grand New Toyota Avanza Veloz Terbaru 2016
Tampak Belakang Toyota Veloz



Untuk menambah kesan sporty pada Toyota Veloz, Toyota menambahkan desain baru pada grill depannya. Tampilan Grill depan ini terlihat lebih stylish yang tentunya akan membuat anda semakin percaya diri saat menaikinya. 

Grill yang digunakan oleh veloz ini secara kasat mata berwarna gelap yang dipadukan dengan aksen krom pada bagian atas. Tentu saja perpaduan yang kompak ini membuat Toyota Veloz terlihat lebih macho. 

Untuk bagian depan bawahnya New Toyota Veloz menggunakan dua fog lamp yang berbentuk bulat. Walaupun banyak memiliki perbedaan dari Toyota Avanza namun Toyota Veloz tetap mempertahankan beberapa bagian dari Toyota Avanza

Seperti halnya desain pada bagian sampingnya. Toyota Veloz mempertahankan desain bagian samping Avanza namun mengurangi bagian body moldingnya. Lalu untuk bagian buritan pada bagian belakang mobil Veloz masih mempertahankan smoothing Panel milik New Avanza.

Bagian lampu pun masih mengadaptasi lampu milik Toyota Avanza. Perbedaanya akan anda temui pada adanya reflector di bagian belakang. Reflektor ini ditata sedemikian rupa pada bagian bawah body sehingga terlihat begitu manis. Untuk mempermanis desain Veloz, Toyota menambahkan aksen spoiler menggunakan stop lamp tipe baru. 

Interior yang Mewah dengan Kondisi Kabin Mewah

Selanjutnya kita akan membahas mengenai tampilan interior dari Toyota Veloz. Saat pertama kali memasuki kabinnya anda akan merasa nuansa elegan yang begitu kental. Bagaimanapun juga, Toyota selalu mengusung tema desain interior “all new black tone dashboard panel design”.

Desain ini juga diaplikasikan pada tampilan dashboard Toyota Veloz. Dengan mengusung warna gelap yang elegan ruang kemudi Toyota Veloz nampak begitu mewah. Di sektor kabin ini nuansa gaya desain stylis benar-benar terasa. 

Tidak berhenti sampai di situ, dashboard pada Toyota Veloz semakin dimeriahkan dengan adanya fitur-fitur penunjang kenyamanan seperti adanya fitur Advanced Audio System yang menggunakan layar setuh berukuran 6,1 inchi dan dilengkapi dengan adanya slot DVD serta CD, ada pula FM/AM, AUX,USB, dan juta firtur bluethoot dan slot untuk iPod.

Benar-benar cukup meriah untuk ukuran sebuah dashboard, namun demikian penataanya yang rapi membuatnya tetap terlihat begitu cantik.

Di bagian kemudi, juga didesain agar terlihat lebih elegan. Pada lingkar stir anda akan menjumpai penampilan ergonomis yang dilapisi dengan kulit berkualitas. Sedangkan pada bagian kabin, Toyota Veloz memiliki suasana yang agak berbeda dengan kabin pada Toyota Avanza

Kabin Toyota Veloz lebih longgar dan lega dilengkapi dengan jok yang dapat anda atur tingkat kenyamanannya.

Yang tidak kelupaan, Toyota juga menyematkan fitur Power Window Panel Design yang memungkin anda untuk mengatur seberapa nyamannya posisi kaca jendela yang anda inginkan. Secara keseluruhan tampilan interior Grand New Toyota Veloz memang hampir sama dengan tampilan Grand New Avanza, hanya saja pada Toyota Veloz diberikan beberapa sentuhan yang membuatnya nampak lebih sporty. Perbedaan terbesar terlihat pada bagian kemudinya. 

Dimensi Berukuran Besar Memberikan Ruang Kabin yang Lega

Jika anda belum pernah melihat ukuran dimensi dari Toyota Veloz anda bisa membayangkan ukuran dari Toyota Avanza, yah karena untuk bagian dimensi ini Veloz memiliki ukuran yagn hampir sama dengan Avanza yaitu memiliki panjang 4,200 mm, lebar 1,650 mm dan tinggi 1,695 mm. Lebih lanjut Toyota Avanza Veloz ini memiliki jarak terpendek dengan tanah setinggi 200 mm dan meimiliki bobot pada kisaran 1,085 kg. 


Ukuran body yang sekian ini membuat Toyota Veloz memiliki ukuran kabin yang cukup lega sehingga akan memberikan kenyamanan yang lebih bagi keluarga yang menaikinya. Sejak awal mobil ini memang dirancang untuk digunakan bersama keluarga. 

Selain itu dengan ukuran yang pas ini Veloz juga nyaman saat digunakan bermanuver di jalan raya. Untuk meningkatkan kenyamanan penumpangnya Toyota masih memberikan kepercayaan pada suspesi tipe MacPherseon Strut untuk bagian depan, sedangkan di bagian belakang dikombinasikan menggunakan suspensi pet koil guana meningkatkan stabilitas mobil.

Selanjutnya beralih dari segi keamanan, Toyota Veloz menggunakan sistem pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) yang akan memberikan kualitas pengereman kelas tinggi serta menghindari ban mobil yang mobil slip. 

Masih berkaitan dengan ban, Toyota Veloz ini menggunakan velg dengan ukuran yang cukup besar yaitu lima belas inchi. Sedangkan untuk mendukung kerja pengemudi dalam mengendalikan mobil, Toyota memasangkan teknologi Electric Power Steering dan juga teknologi steering gear Rock & Pinion sehingga kerja pengemudi menjadi lebih ringan. 

Mesin Tangguh dengan Transmisi 5 Percepatan

Pada bagian ini kita akan membahas mengenai dapur pacu pada mobil Toyota Avanza Veloz. Melihat dari ukuran bodynya pastilah veloz menggunakan mesin berkapasitas tinggi. 

Nah pada kenyataanya Toyota Veloz masih mempertahankan mesin yang digunakan pada Toyota Avanza yaitu tipe DOHC 4 Silinder 16-Valve dengan dua pilihan varian  yaitu 1,300 cc dan juga 1,500 cc. 

Yang menarik mesin Veloz ini dilengkapi dengan teknologi Dual Variable Valver Timing with Intelligent (Dual VVT-i), seperti halnya pada Toyota Avanza

Perbedaan dengan Avanza adalah bahwa Veloz memiliki tenaga yang lebih besar yaitu mencapai 96.5 PS saat putarannya mencapai 6,000 rpm. Yang tentunya lebih galak dibandingkan dengan Grand New Avanza.

Dari segi torsi yang dihasilkan pun Veloz lebih unggul dibandingkan denga Avanza, karena Veloz memiliki torsi yang bisa mencapai 12.3 Nm pada kecepatan 4.200 rpm. 

Tak berhenti sampai disitu Veloz juga mengusung teknologi Engine Fuel Injection atau teknologi injeksi yang menjadikannya lebih hemat bahan bakar. 

Bisa disimpulakan bahwa mobil ini memang  memiliki tenaga besar namun tetap irit bahan bakar. Mesin dari Avanza veloz ini sesui untuk anda yang ingin memiliki mobil low MPV dengan performa mesin tinggi seperti halnya mobil sport.

Fitur Kenyamanan dan Keselamatan Low MPV yang Komplit

Pada sesi ini kita akan membahas mengenai spesifikasi mobil Toyota Avanza Veloz dari segi fitur penunjang yang ada. 

Bisa kita katakana bahwa fitur yang ada pada mobil ini masih mengadaptasi fitur yang ada pada mobil Toyota Avanza mulai dari fitur keselamatan, kenyamanan maupun fitur keamanannya. Sedikit yang menjadi tambahan bahwa Toyota Veloz kini dilengkapi dengan fitur audio entertainment yang lebih baru dan tentunya akan memberikan hiburan maksimal saat anda berkendara. 

Pada bagian kursi, Veloz masih menggunakan fitur One Touch Tumble pada kursi baris kedua. Fasilita ini memungkinkan anda untuk bisa dengan mudah megatur posisi kursi anda. 

Seperti hal nya pada Grand New Avanza,  Toyota Veloz juga sudah dilengkapi dengan fitur Cabin Quitness yaitu fitur yang memungkinkan adanya kabin kedap suara yang akan memberikan kenyamanan bagi anda karena tidak terganggu oleh suara bising dari luar. 

Beralih ke fitur keamanan, Toyota Velos memiliki fitur 3-points seat belt yang diletakkan pada barisan kursi kedua. Veloz juga memiliki fitur seatbet Pretensioner and Force Limiter, yaitu fitur yang akan mencegah terjadinya cidera yang fatal saat mobil mengalami suatu benturan yang keras. 

Tidak hanya sampai di sini Toyota Veloz juga memiliki fitur Front Passanger sear belt warning yaitu fitur otomatis yang akan memberikan peringatan saat anda belum menggunakan sabuk pengaman. Terdapat pula fitur keamanan standar yaitu adanya SRS Airbags, yang akan mejamin keselamatan para penumpangnya.

Spesifikasi Lengkap Toyota Avanza Veloz
Spesifikasi Mesin
Tipe Mesin
IL, 4 Cylinder, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder
1,329 cc
Diameter x Langkah
Daya Maksimum
96.5 PS / 6.000 rpm
Torsi Maksimum
12,3 / 4.200 rpm
Sistem Pemasukan Bahan Bakar
EFI
Bahan Bakar
Bensin
Kapasitas Tangki
45 L
Steering
Electric Power Steering
Dimensi Toyota Veloz
P x L x T
4.200 x 1.660 x 1.695 mm
Jarak Poros Roda
2.655 mm
Jarak Pijak Depan
1.425 mm
Jarak Pijak Belakang
1.435 mm
Jarak Terendah
200 mm
Sasis
Transmisi
5-Speed M/T (A/T Available)
Suspensi Depan
Macpheron Strut with Coil Spring
Suspensi Belakang
4-Link Lateral Rod with Coil Spring
Rem Depan
Disc
Rem Belakang
Drum
Sistem Rem Tambahan (Additional)
ABS
Steering Gear
Rock & Pinion, Electronic Power Steering & Tilt Steering
Ukuran Ban
185/65 R15

Harga Grand Toyota Avanza Veloz

Walaupun masih saudara dekat dengan Avanza namun ternyata Avanza Veloz memiliki banyak perbedaan jika kita bandingkan dengan Toyota Avanza. 

Nah dengan demikian apakah Veloz ini juga akan memiliki Harga Mobil yang juga berbeda dengan Grand New Avanza? Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai harga Toyota Veloz mungkin lebih baik jika kita simpulkan secara garis besar mengenai spesifikasi dari Toyota Veloz ini.

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa Toyota Veloz memiliki tampilan yang lebih sporty jika dibandingkan dengan Toyota Avanza.Tampilan grill depan serta spoilernya benar-benar nampak lebih garang. 

Tidak hanya ini, tetapi harga dari Toyota Veloz juga akan dipengaruhi oleh berbagai fitur keren yang tersemat di dalamnya.

 Adanya fitur-fitur tambahan yang tidak terdapat pada Avanza seperti halnya fitur Electronic Power Steering dan fitur Passanger Seat Belt Warning. Dengan demikian Toyota Veloz jelas memiliki kisaran harga yang tidak akan sama dengan mobil Grand New Avanza.

Nah sekarang kita mulai untuk mebahas harga yang dimiliki oleh Toyota Veloz. Berdasarkan laman resmi perusahaan Toyota Astra motor, bandrol harga tertinggi dari Avanza Veloz adalah Grand New Veloz tipe 1.5 yang menggunakan sistem transmisi otomatis. 

Harga dari mobil ini kira-kira Rp226 juta. Grand New Toyota Veloz tipe 1.5 A/T ini sesuai bagi anda yang memiliki jiwa muda dan suka bepergian bersama keluarga. Harga yang di bandrol pada tipe ini memang cukup mahal namun ini dirasa memang sesuai karena tipe 1.5 A/T ini memiliki performa mesin yang tangguh.

Sedangkan untuk Grand New Avanza Veloz tipe 1.3 manual dibandrol harga sejumlah Rp 204 juta sedangkan untuk tipe otomatis sekitar Rp 2016 juta. Tidak terdapat perbedaan yang terlalu signifikan antara tipe 1.5 dan 1.3 dari segi fitur yang disematkan. Hanya saja memang untuk segi ketangguhan dan performa mesin perbedaan ini cukup mencolok.

Daftar Harga Toyota Veloz
Varian Mobil
Harga
Toyota Veloz 1.3 M/T
Rp 204.200.000,-
Toyota Veloz 1.3 A/T
Rp 216.000.000,-
Toyota Veloz 1.5 M/T
Rp 215.100.000,-
Toyota Veloz 1.5 A/T
Rp 226.900.000,-

Toyota Veloz memang baru saja memisahkan diri dari keluarga Avanza. Veloz hadir dengan tampilan yang lebih sporty dan elegan. Mobil ini seperti halnya Toyota Avanza berusaha untuk menyasar pasar Low MPV. Grand New Toyota Veloz hadir dengan beberapa tipe varian yang akan memudahkan anda dalam memilih tipe yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Dari segi harga Toyota Veloz bisa dikatan cukup kompetitif, karena jika kita bandingkan dengan mobil-mobil low MPV lainnya harganya tidak terlalu terpaut jauh, padahal mobil ini mengusung banyak fitur yang keren. Kita sebut saja Honda Mobilio yang dibandrol dengan harga paling mahal Rp 234 juta. 

Sedangkan untuk saudaranya yaitu Toyota Avanza memiliki harga paling tinggi sekitar Rp 211 juta. Dengan tampilan sporty dan harga yang kompetitif ini rasanya anda bisa menjadikan Toyota Veloz sebagai salah satu alternative mobil pilihan keluarga. 

Untuk lebih meyakinkan pilihan anda, anda juga bisa membaca terlebih dahulu uraikan kami tentang Honda Mobilio dan juga Toyota Avanza.

Spesifikasi, Review, Ulasan Lengkap dan Harga Grand New Toyota Avanza Veloz Terbaru 2016 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania