Harga Suzuki Ciaz dan Rahasia Spesifikasi Kelebihan Kekurangan

Suzuki Ciaz : Spesifikasi, Ulasan, Review Lengkap dan Harga Suzuki Ciaz Terbaru 2016Belakangan ini pasar sedan di Indonesia sudah semakin terpuruk.

Mobil jenis sedan sekarang ini kalah pamor dengan mobil-mobil jenis MPV ataupun small SUV yang memang telah mulai menjamur di kalangan masyarakat Indonesia.

Meskipun demikian Produk asal jepang, Suzuki tetap secara gagah berani mengeluarkan produk sedan terbarunya yatitu Suzuki Ciaz.

Padahal Suzuki group sudah lebih dari 7 tahun tidak mengeluarkan jenis mobil yang menyasar segmen sedan. Mobil jenis sedan terakhir yang dibuat oleh Suzuki adalah Suzuki Baleno Bext G yang dibuat pada tahun 2007.

Pasar sadan sebenarnya sudah sepi sejak tahun 2000 an seiring dengan menyebarnya mobil-mobil tipe low MPV. Mungkin ini juga faktor utama kenapa Suzuki Indomobil sales sempat menghentikan produksi mobil untuk segmen sedan ini.

Baru-baru ini perusahaan asalah Jepang ini ingin menghadirkan kembali mobil segmen sedan berstandar internasional.

Mobil ini digadang-gadang akan menjadi pemantik pasar sedan di Indonesia sekaligus menjadi tanda kesuksesan Sedan produk Suzuki di Indonesia. 

Sebelumnya Suzuki pernah bertengger diposisi paling atas pada segmen sedan melalui mobil andalannya yaitu Suzuki Baleno dan Suzuki Esteem. 

Berbekal pengalaman ini Suzuki Ciaz dihadirkan dengan berbagai fitur penunjang keren yang terkesan modern. Bentuk bodi dari Suzuki Ciaz juga dibuat menjadi lebih aerodinamis sehingga dapat melaju dengan kecepatan masksimal. 

Jika kita amati secara seksama pengembangan Suzuki Ciaz hampir senada dengan pendahulunya yaitu Suzuki Baleno, sehingga banyak pengamat otomotif yang menilai bahwa Suzuki Ciaz adalah penerus resmi dari mobil Suzuki Baleno yang dulunya pernah berjaya di masanya. 

Mobil ini memiliki tampilan medium sedan seperti halnya mobil-mobil sejenis lainnya seperti Ford Focus Sedan dan juga Toyota Corolla.

Hanya saja tampilan dari Suzuki Ciaz memang bisa dikatakan lebih sporty. Dari segi ukuran, mobil ini memiliki dimensi yang kompak sebagai mobil sedan medium.  

Walaupun termasuk dalam kategori medium, Suzuki Ciaz memiliki ruang kabin yang cukup luas untuk para penumpangnya. 

Untuk bagian jantung pacunya sendiri Suzuki Ciaz menggunakan mesin dengan kode K14B yang ditawarkan dalam dua tipe transmisi yatiu manual (MT) dengan 5 percepatan dan tipe transmisi otomatif (AT) dengan model 4 percepatan. 

Mesin ini berkapasitas mencapai 1,4 Liter dan mampu memberikan tenaga mencapai 92 Dk dengan torsi maksimumnya mencapai 130 Nm. 
Menilik kelebihan yang dimiliki oleh mobil jenis sedan produksi Suzuki dibekali dengan fitur EBD, Rear Parkir Sensoor, Dual Air Bags, pengereman ABS dan berbagai fitur tambahan lannya. 

Desain elegan dan minimalis yang diusung oleh Suzuki Ciaz ini sebelumnya telah berhasil mencuri pandangan public India, karena sebelum mulai dipasarkan di Indonesia mobil ini sudah dipasarkan di India oleh Maruti Suzuki India. 

Bermodalkan kepercayaan diri dari kesuksesan pemasaran Suzuki Ciaz di India inilah mengapa Suzuki Motor secara percaya diri mengeluarkan produk terbarunya ini.

Nah bagaimana? Masih penasaran dengan spesifikasi dari mobil sedan tipe medium ini? Simak ulasan berikut ini. 

Spesifikasi Suzuki Ciaz

Desain Eksterior Mobil Suzuki Ciaz yang Elegan

Pada segmen pertama ini kita akan membahas mengenai tampilan luar dari mobil sedan karya Suzuki motor ini. Dari luar anda akan mendapati sosok elegan nan mengagumkan dari mobil Suzuki Ciaz. 

Suzuki Ciaz hadir dengan tampilan yang proporsional dengan desain sporty di bagian depannya.

Desain sporty ini tak lepas karena adanya penampilan warna krom pada grill depannya. Selain itu mobil ini juga terlihat begitu stylish dan juga kokoh. 

Bagian lampu utama Suzuki Ciaz juga didesain secara cantik dnegan bentuk yang kompak.

Head lamp berbentuk seperi mata elang yang menyempit, di tambah lagi headlamp ini sudah menggunakan teknologi Halogen Head Lamp Projector.

Teknologi Halogen memungkinkan mobil memiliki cahaya fokus yang lebih terang dan juga memiliki jangkauan cahaya yang lebih luas.

Sementara itu Fog Lamp Suzuki Ciaz didesain sedemikian rupa sehingga tampilannya menjadi lebih cantik. 

Di bagian samping Suzuki Ciaz memiliki desain body tegas yang terlihat begitu aerodinamis kemudian desain ini dipadukan juga dengan warna aksen chorm yang menawan.

Untuk lampu belakang Suzuki Ciaz menggunakan desain stylish Rear Comb Lamp, desain ini sengaja dipilih agar Suzuki Ciaz bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang di bagian belakangnya. 

Dalam rangka menambah kemewahan dari mobil ini Suzuki sengaja menyematkan Rear Sporty Bumper Ornament and Reflector pada bagian belakang.

Fitur ini memungkinkan mobil dapat memantulkan cahaya sehingga mobil ini akan lebih terlihat oleh pengendara yang berada di belakangnya. 

Sebagai penutup di bagian sampingnya disematkan spion elektrik yang semakin menambah kecantikan mobil ini.

Bisa dikatakan secara umum bahwa tampilan mobil ini memang begitu menarik. Suzuki Ciaz berhasil mengadaptasikan tampilan sedan dengan perpaduan konsep yang premium.

Ciaz Menawarkan Kenyamanan Premium dengan Interior yang Mewah dan Luas

Karena Suzuki Ciaz merupakan salah satu mobil kategori sedan, maka seperti teman-temannya Suzuki Ciaz juga menitik beratkan pada bagian interiornya. 

Walaupun jika kita melihat Suzuki Ciaz dari bagian luarnya terlihat tidak begitu besar dan sedang-sedang saja, namun nuansa berbeda akan anda temui di bagian kabinnya. 

Kabin Suzuki Ciaz dirancang agar lebih fleksibel dengan berbagai keadaan sehingga kesan pertama yang muncul saat memasuki kabin ini adalah suasana yang cukup lega. 

Bagian kabin dari Suzuki Ciaz ditata sedemikan rupa sehingga terkesan begitu mewah. Sebenarnya tampilan dari Suzuki Ciaz terlihat cukup sederhana namun dengan penataan yang tepat dan berbagai fitur penunjang yang modern membuat kondisinnya menjadi tampak lebih mewah.

Tampilan dari dashboard Suzuki Ciaz terlihat begitu minimalis dengan tambahan ornament yang disematkan secara rapi.

Sedangakan komposisi dari trim di bagian interiornya juga terlihat cukup bagus yang kemudian dikombinasikan dengan pengguaan bahan baku kulit berkualitas di bagian joknya. 

Beralih ke ruang kemudi, mobil ini meletakkan kursi kemudi lebih kedepan jika dibandingakan dengan mobil-mobil lain, hal ini tentu meningkatkan visibilitas dari pengemudi dan juga penumpangnya. 

Kemudi mobil ditata dan ditampilkan secara ringkas dengan tambahan beberapa instrument pada bagian sudut kabin kemudi. Secara umum, Suzuki Ciaz memberikan kabin yang begitu nyaman ditambah lagi dengan adanya ruang kaki yang cukup luas dan ruagn kepada serta bahu yang tak kalah luasnya. 

Luasnya kabin ini juga berimbas pada kondisi bagasi yang dimiliki oleh Suzuki Ciaz. Bagasi mobil ini memiliki kapasitas hingga mencapai 495 liter. 

Ini merupakan ukuran terbesar dikelasnya, sehingga bagasi ini mampu dimuati dengan banyak barang misalnya sepeda lipat ataupun tas golf yang berukuran besar. 

Body Suzuki Ciaz yang Sedang, Nampak Begitu Sporty 

Sebagai mobil sedan berukuran sedang, Suzuki Ciaz memang nampak begitu anggun dan tidak berlebihan. Mobil ini memiliki ukuran panjang 4,490 mm, tinggi sekitar 1,475 mm dan lebar mencapai 1,730 mm. 

Sedangkan untuk gorund Clearance, Suzuki Ciaz memiliki ukuran yang lumayan tinggi yaitu 160 mm. Ukuran ini dirasa cukup ideal jika dibandingkan dengan mobil-mobil sekelasnya. 

Suzuki Ciaz memiliki sumbu roda yang berjarak lumayan panjang, sehingga mobil ini akan tetap stabil saat digunakan untuk meningkung.

Bagaimanapun juga Suzuki Ciaz memang menawarkan kehandalan pengendalian. Apalagi mengingat mobil ini memiliki teknologi Electric Power Steering yang akan semakin memudahkan pengemudinya. 

Beralih ke bagian suspensi, Ciaz menggunakan sistem suspensi dengan tipe MacPherson Strut yang dipadukan dengan per keong pada bagian depannya, sedangkan di bagian belakangnya Suzuki menyematkan suspensi dengan tipe Torsion Beam yang juga dilengkapi dengan peer keong.

 Tentu saja gabungan suspensi pada bagian depan dan belakang ini akan menjamin kenyamanan anda bahkan saat mobil ini melewati kondisi jalan yang kurang berasahabat sekalipun. 

Di bagian pengereman mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi EBD dan ABS, yaitu teknologi yang akan mencegah terjadinya ban slip saat pengemudi melakukan rem mendadak. 

Sedangkan untuk komponen utama pengeremannya sendiri Suzuki mempercayakannya pada rem cakram yang memiliki ventilasi untuk bagian depannya dan menggunakan rem belakang berjenis Drum, Trailing, dan Leading. 

Di bagian kaki-kaki mobil, Suzuki Ciaz mengapilikasikan ban berukuran 195/55 yang dibalurkan pada velg berukuran R16.

Mesin Multi Point Injection berkapasitas 1,3 L dengan 4 Silinder Memiliki Performa Tinggi

Setelah kita membahas mengenai berbagai tampilannya, kini saatnya kita membahas mengenai dapur pacu dari mobil Suzuki Ciaz. Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa mobil ini memiliki spesifikasi tampilan interior dan ekterior yang begitu menawan. 

Nah, Suzuki sendiri sebenarnya juga menggadang-gadang kualitas dari mesin yang digunakan oleh Suzuki Ciaz. 

Dikatakan bahwa Suzuki Ciaz akan menggunakan mesin dengan kapasitas bertaraf Internasional. Mesin yang ini memiliki kode K14B, dengan kapasistas mesin mencapai 1.3L dengan empat silinder dan enambelas katup.

Mesin berkapasitas tinggi ini mampu menghasilkan tenaga mencapai 92 Bhp saat mencaai rotasi 4000 rpm, untuk torsinya sendiri Suzuki Ciaz mampu mencapai 130 Nm saat putaran mesinnya mencapai 4000 rpm. 

Memang untuk jenis mobil sedan performa ini bisa dikatakan biasa-biasa saja, namun yang menjadi keunggulan dari mobil ini adalah dengan tersematnya teknologi Multi point Injection yang akan mengatur pemakaian bahan bakar yang digunakan. Suzuki menyebut bahwa dengan adanya teknologi 

Multi Point Injection, Suzuki Ciaz mampu menempuh jarak 20.7 kilometer hanya dengan satu liter bahan bakar saja. 

Dari segi kompresi Suzuki Ciaz menggunakan kompresi 11,0 yang artinya tangki mobilnya harus diisi menggunakan bahan bakar dengan angka oktan tinggi misalnya Pertamax, tentu saja ini dilakukan agar anda bisa mendapatkan performa yang lebih maksimal. 

Terdapat dua jenis Suzuki Ciaz yang secara resmi dipasarkan di Indonesia yatiu tipe Manual MT dengan 5 akselerasi dan juga tipe auto transmisi (AT) 4 percepatan. 

Secara umum bisa kita Tarik kesimpulan bahwa, dapur pacu dari Suzuki Ciaz dilengkapi dengan mesin yang sudah ideal untuk kelas mobil Sedan.

Dengan kemampuannya yang mampu menghemat bahan bakar, mobil ini tentunya akan lebih sesuai bagi anda yang memiliki mobilitas lebih tinggi. 

Terdapat Fitur Penunjang Keselamatan dan Keamanan Layaknya Pada Mobil Mewah

Setelah mengulik dibagian interior eksterior hingga masuk ke dapur pacunya, sekarang kita akan membahas mengenai berbagai fitur yang disematkan pada Suzuki Ciaz ini. 

Secara umum Suzuki Ciaz memiliki tiga fitur penunjang yaitu fitur keamanan, fitur kenyamanan dan Fitur Keselamatan. Suzuki telah secara apik mendesain ketiga fitur ini sehingga Suzuki Ciaz bisa menjadi salah satu tipe sedan yang memiliki kualitas internasional. 

Untuk yang pertama akan kita mulai mengenai pembahasan fitur kemanannya. Dari segi keamanan Suzuki Ciaz telah dilengkapi denegan beberapa fitur penunjang yang akan menjamin keselamatan perjalanan anda. 
Pada bagian joknya, Suzuki Ciaz memiliki fitur keselamatan sabuk pengaman yang memiliki fungsi ELR serta kemampuan untuk mengatur ketinggian. 

Kemudian Suzuki Ciaz juga dilengkapi dengan andanya dual SRS Airbag yang akan mejegah terjadinya cedera yang fatal saat terjadi benturan. SRS ini ditempatakan pada baris depan kursi mobil. Terdapat pula Side Impact Beam pada kedua sisi pintunya. 

Dari segi sisi luarnya, Suzuki Ciaz menggunakan kerangka berbahan baku baja yang tentunya sangat kuat dan tahan dari kerusakan parah saat terjadi benturan. 

Suzuki Ciaz juga dilengkapi dengan fitur kamera untuk parkir yang akan memudahkan pengemudi dan menghindarkan mobil dari goresan saat anda ingin memarkirkannya. 

Berlanjut ke firut keamanan, Suzuki Ciaz telah disemati dengan fitur Push Button yang akan memudahkan pengendara serta dilengkapi dengan fitur Keyless System yang membuat mobil ini hanya bisa dihidupkan menggunakan kunci aslinya saja, tentu fitur ini semakin manambah keamanan dari Suzuki Ciaz. 


Yang terakhir, fitur kenyamanan. Dari segi kenyamanan, Suzuki sepertinya juga berusaha sebaik mungkin untuk memberikan kenyamanan bagi penumpangnya. Fitur kenyamanan ini terdiri dari adanya AC otomatis yang akan menjamin kesejukan udara selama anda berada di dalam kabinnya. 

Terdapat pula fitur audio yang bisa anda operasikan dari stir kemudinya. Fitur-fitur penunjang kenyamanan lain diantaranya USB connection, Mp3, sistem audio 2din dengan CD player, Bluetooth Connection HP, 4 speaker, aux in, serta ada pula 2 tweeter yang cukup lengkap.
ini harga

Review Suzuki Ciaz

Berikut ini kami juga menyiapkan review Suzuki Ciaz dalam bentuk video, semoga anda menyukainya.
Spesifikasi Lengkap Suzuki Ciaz
Spesifikasi Mesin Suzuki Ciaz
Jenis MesinK14B
Kapasitas Isi Silinder1,373 cc
Jumlah Katup16
Jumlah Silinder4
Diameter X Langkah73.0×82.0 mm
Perbandingan Kompresi11,0
Daya Maksimum92/6,000
Momem Puntir Maksimum130/4,000
Sistem Bahan BakarMulti Point Injection
Transmisi
Tipe Transmisi5-Speed Manual / 
4-Speed Automatic
Perbandingan Gigi Akhir4.411 (MT), 4.375 (AT)
Dimensi Body
P x L x T4,490 x 1,730 x 1,475 mm
Jarak Poros Roda2,650 mm
Jarak Pijak Depan1,495 mm
Jarak Pijak Belakang1,505 mm
Jarak Terendah160 mm
Radius Putar Minimum5.4 mm
Sasis
Berat Kosong1.000 (MT), 1.010 (AT)
Berat Kotor1.475 (MT), 1.485 (AT)
Sistem KemudiElectric Power Steering
Suspensi DepanMacPherson Strut With 
Coil Spring
Suspensi BelakangTorsion Beam With
 Coil Spring
Rem DepanVentilated Disc
Rem BelakangDrum, Leading 
and Trailing
Ukuran Ban195/55R16
Kapasitas
Tempat Duduk5 Person
Tangki Bahan Bakar42 Liters

Kelebihan Suzuki Ciaz

  1. Memiliki desain Interior yang menarik
  2. Memiliki LCD layar sentuh 'Smart Play' untuk varian tertingginya
  3. memiliki harga yang kompetitif
  4. Lebih irit bahan bakar
  5. Memiliki kenyamanan serta fitur keselamatan yang mumpuni 
  6. Ruang kabin dan penyimpanan luas

Kekurangan Suzuki Ciaz

  1. Belum semua varian memiliki fitur ABS dan EBD
  2. Headunit serta layar sentuh baru ada di varian teratas
  3. Jarak ke tanah terlalu rendah
  4. Mesin jenis diesel terlalu berisik
  5. Fitur eksterior terlalu mirip dengan kompetitor
  6. Belum memiliki kesan fun to drive
  7. sistem peredam dalam kabin belum maksimal

Harga Mobil Suzuki Ciaz

Nah tadi sudah kita bahas mengenai berbagai spesifikasi dan juga fitur yang disematkan dalam Suzuki Ciaz, sekarang saatnya kita mulai membahas mengenai Harga Mobil Suzuki Ciaz.

Bagaimanapun juga Suzuki Ciaz hadir dengan banyak keunggulan, yang tentunya akan berpengaruh pada harga yang ditawarkan untuk bisa meminang mobil ini. Suzuki Ciaz memiliki tampilan body yang tanggung seperti pada mobil jenis sedan lainnya, namun suasana kabin yang ditawarkan bisa dikatakan cukup lega. 

Sedangkan mesin yang digunakan memiliki kapasistas 1.3L yang dilengkapi dengan teknologi Multi Point Injection yang akan membantu pengemudi dalam menghemat pemakaian bahan bakar. 


Untuk ukuran mobil sedan kelas tanggung, memang spesifikasi yang dimiliki oleh Suzuki Ciaz bisa dikatakan sudah cukup ideal. 

Dengan berbagai kelebihan dari sisi luarnya dan tampilan interior yang terkesan mewah tentunya memberikan kesan yang sangat nyaman bagi para penumpangnya. 

Berbagai kelebihan ini lah yang akhirnya mempengaruhi harga jual dari Suzuki Ciaz di pasar otomotif Indonesia. 

Terapat tiga fitur penunjang yang diunggulkan oleh Suzuki Ciaz ini. Yaitu fitur kemanan, fitur kenyamanan, dan juga fitur keselamatan. 

Fitur ini disematkan secara rapid dan semakin menambah kenyamanan pengendaranya. Tentu saja fitur penunjang ini nantinya juga akan mempengaruhi harga yang dibandrol pada Suzuki Ciaz.

Jika kita lihat dari tipe mobilnya, sebenarnya kita akan bisa memperkirakan harga yang dibandrol untuk Suzuki Ciaz. 

Secara umum Suzuki Ciaz merupakan mobil dengan tipe sedan mid-size, atau sedan yang berada pada segmen menengah. 

Sehingga tentunya harga dari Suzuki Ciaz juga tidak akan terlalu mahal semahal sedan premium, namun juga tidak akan terlalu murah.

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa Suzuki Ciaz sebenarnya cocok bagi anda yang memiliki mobilitas yang tinggi. Suzuki Ciaz mampu memberikan performa tinggi namun tetap hemat bahan bakar. Tampilannya yang stylish dan terkesan nyaman tentu akan semakin menarik minat anda. 

Dari segi harga, laman resmi Suzuki telah memberikan dua macam bandrol untuk Harga Mobil Suzuki Ciaz. Kedua harga berbeda ini menyesuaikan dengan dua jenis Suzuki Ciaz yang kini telah dipasarkan. 

Untuk mobil Suzuki Ciaz tipe A/T atau otomatis Suzuki berani membandrol harga mencapai Rp 275 juta sedangkan untuk yang tipe manual Suzuki Ciaz dibandrol dengan harga sekitar 260- 265 juta. 

Memang perbedaan harga ini tidak terlalu mencolok mengingat bahwa perbedaan di antara kedua tipe nya ini hanya menyangkut masalah tipe transmisinya saja.


Harga Mobil Suzuki Ciaz
Varian
Harga
Suzuki Ciaz A/T
Rp 275,000,000,-
Suzuki Ciaz M/T
Rp 265,000,000,-

Harga Suzuki Ciaz yang ditawarkan oleh Suzuki Indomobil Sales tersebut merupakan harga OTR untuk kawasan Jakarta, sesuai dari info resmi laman Suzuki Indonesia. 

Hadir dengan ruang kabin yang nyaman dan lega, Ciaz siap memberikan pengalaman baru kepada mereka yang mendambakan kemewahan. Selain itu, Suzuki Ciaz pun juga hadir dengan desain futuristik yang menegaskan mobil ini lahir di era modern. 

Yang perlu menjadi perhatian adalah bahwa harga yang ditampilkan di atas merupakan harga OTR utnuk wilayah Jakarta dan disesuaikan dengan laman resmi dari Suzuki Indomobil Indonesia. 

Menelisik kembali bahwa Suzuki Ciaz merupakan mobil yang dihadirkan untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi para penumpangnya, mobil ini memiliki interior yang lega dilengkapi dengan tampilan desain luar yang stylis dan juga futuristi. 

Melihat dari berbagai spesifikasi yang dimilikinya, Suzuki Ciaz nantinya pasti akan bersaing dengan para pendahulunya yaitu Toyota Vioz dan juga Honda Civic. 

Anda tentu sependapat dengan kami bahwa kita perlu memberikan apresiasi yang baik atas keberanian Suzuki mengeluarkan mobil tipe sesdan ini, mengingat sebenarnya pasar mobil sedan saat ini bisa dikatakan sedang kurang bersemangat. 

Mungkin sebenarnya dari dikeluarkannya mobil Suzuki Ciaz ini adalah untuk mengulang kejayaan mobil Suzuki Baleno yang dulu pernah merajai segmen pasar mobil sedan di Indonesia.

Tentu saja dengan kehadiran Suzuki Ciaz ini akan semakin menambah warna otomotif di Indonesia. 

Nah bagi anda yang berminat dengan mobil ini, segera saja mengunjungi dealer kesayangan anda. Baca juga review kami tentang Ford Focus dan juga Chevrolet Trax

Harga Suzuki Ciaz dan Rahasia Spesifikasi Kelebihan Kekurangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania