Rahasia dibalik Spesfikasi dan Harga Terbaru Toyota Agya

Harga Toyota Agya -  Sebagai perusahaan mobil kenamaan, Toyota tentunya tidak mau kalah dalam setiap pertarungan pasar otomotif. Dalam segmen pasar mobil Low Cost Green Car (LCGC), Toyota mengusung mobil Toyota Agya sebagai ujung tombaknya. 

Toyota Agya hadir sebagai salah satu program sister antara Toyota dan Daihatsu, untuk produk rakitan Daihatsu yang menjadi kembaran dari Toyota Agya adalah Daihatsu Ayla. 

Kedua mobil ini sempat menjadi trencenter mobil LCGC beberapa waktu yang lalu sebelum kemudian mulai bermunculan mobil-mobil LCGC terbaru seperti halnya Suzuki Karimun Wagon dan mobil Honda Brio. 

Sebelumnya kami sudah pernah membahas mengenai kedua mobil ini. Jika anda belum membacanya anda bisa membacaca artikel

PT Astra Toyota sebagai pemegang brand mobil Toyota di Indonesia sepertinya sudah sangat memahami mengenai apa sebenarnya yang ingin dituangkan dalam sebuah mobil LCGC.

Ukuan tubuh yang digunakan oleh Toyota Agya sendiri bisa dikatakan lebih kecil jika kita membandingkannya dengan dua pesaingnya yaitu Honda Brio dan juga Suzuki Karimun.

Tapi jangan salah, ukurannya yang mini ini justru malah menjadi kelebihan bagi Toyota Agya untuk bisa dikendarai di daerah perkotaan yang ramai. Bentuknya yang simple juga akan membuatnya mudah bermanuver di tikungan yang ada.

Saat membicarakan mengenai Mobil tipe LCGC pasti akan banyak yang beranggapan bahwa mobil tipe LCGC nantinya adalah mobil yang ringkih dan juga mudah rusak.

Namun anggapan ini berhasil ditampik oleh mobil Toyota Agya dengan berbagai fitur yang dibawanya. Selain itu Toyota Astra juga telah berhasil meyakinkan banyak pembeli hingga mencapai penjualan 4.200 unit pada beberapa waktu terakhir ini.

Toyota Agya sendiri memang cukup popular pada segmen mobil LCGC. Mobil ini hadir dengan penampilan yang sesuai untuk semua kalangan dan memiliki banyak kelebihan.

Jika Honda mengklaim bahwa Honda Brio merupakan mobil LCGC yang sesuai untuk para kawula muda, maka Toyota Agya ini sesuai untuk setiap kalangan atau lebih bersifat umum.

Berbagai anggapan miring tentang Toyota Agya sendiri pernah terbantahkan dalam sebuah uji coba oleh ASEAN NCAP, uji coba ini membuktikan bahwa Toyotaa Agya mampu mendpatkan skor 4 dari keseluruhan 5 skor yang ada.

Dengan skor ini bisa dikatakan bahwa Toyota Agya memang bukanlah mobil yang abal – abal.

Sebagai mobil lCGC andalan Toyota, mobilToyota Agya tidak hanya memiliki nilai kelayakan yang tinggi namun juga mempunyai performa yang unggul.

Mobil ini dijejali dengan mesin bertipe DOHC tiga siliner seri 1KR12 yang menggunakan 12 katub. Mesin Toyota Agya ini memiliki kapasitas mencapai 1000 cc yang akan sangat mumpuni jika digunakan di daerah kota.

Fitur – fitur yang disematkan dalam ruang kabin Toyota Agya pun juga cukup komplit yaitu terdiri atas SRS airbag, untuk tipe G dan E terdapat Audio DIN terdapat pula ISOFIX, AC juga ada electric mirrot untuk mobil Toyota Agya seri TRD S.

Gambar Toyota Agya

Nah berikur ini kami sudah menyiapkan gambar Toyota Agya yang akan membantu anda untuk lebih mengenai penampilannya. Anda bisa melihat bahwa sebenarnya Warna Toyota Agya memang cukup menarik.

Warna Toyota Agya
Warna Toyota Agya


Foto Toyota Agya
Foto Toyota Agya


Secara umum, memang antara mobil Honda Brio, Suzuki Karimun Wagon atau bahkan mobil kembarannya pun memiliki spesifikasi yang setingkat. Pasalnya kesemuannya memagn merupakan mobil yang sejenis yaitu LCGC.

Namun tetap saja mobil Toyota Agya akan memiliki keleihan dibandingkan para pesaingnya ini. Seperti apakah kelebihannya itu ?

Mari kita simak penjelasn lengkapnya mengenai Spesifikasi Toyota Agya. Eits, tidak lupa juga nantinya akan akan memberikan penjelasan secara terpisah mengenai Harga Mobil Toyota Agya kepada anda.

Oke langsung saja ke pembahasannya.

Spesifikasi Toyota Agya Terbaru

Desain Eksterior Toyota Agya Terbaru

Desain Eksterior Toyota Agya memang sangat memukau. Tampilan yang senderhana menunjukkan bahwa mobil ini adalah benar-benar mobil City Car yang tentunya akannyaman untuk dikendarai.

Mobil ini sendiri membaga tagline ‘ Totally You’ yang menyirakan bahwa mobil ini kan sangat sesuai dengan karakter anda sebagai pengemudinya.

Jika dibandingkan dengan mobil Suzuki Karimun Wagon, mobil Toyota Agya terutama tipe G dan E memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi.

Sementara untuk bagian fascianya, Toyota Agya G dan E menggunakan lampu utama berukuran lebar yang dipadukan menggunakan panel grill aluminium dengan bentuk melengkung ke arah bawah.

Tampilan Ekterior Toyota Agya
Tampilan Ekterior Toyota Agya
Tampilan fascia ini semakin menarik dengan adanya foglam dengan ukuran kecil yang ditempatkan pada rumah dengan bentuk segitiga miring.

Lalu pada bagian samping bodynya kalian akan mendapati tampilan body minimalis yang dihiasi dengan adanya panel krom pada sisi pintu.

Nah, itu tadi untuk Toyota Agya tipe E dan G sedangkan utnuk Tyota Agya tipe TRD S sebenarnya juga tidak terlalu jauh berbeda, tetapi mobil ini sudah memiliki unit body kit pada bagian bawahnya sehingga akan membuatnya tampil sporty.

Mobil Toyota Agya tipe TRD S juga sudah menggunakan electric outer mirror. Untuk bagian buritannya, pada kesemua versi Toyota Agya ini memiliki tampilan yang serupa.

Hanya saja memang untuk tipe TRD S tampilan buritannya agak sedikit melompong karena aksesoris yang diberikan tidaklah terlalu banyak.

Untuk bagian tampilan lampu utamanya dibuat berbentuk tegak sehingga terlihat lebih manisa.

Secara umum bentuk dari Toyota Agya cenderung elips yang diperkuat dengan digunakannya konsep bentuk kaca persegi panjang yang melengkung.

Tampilan Interior Toyota Agya

Selanjutnya pada segmen ini Tim GarasiOtoMania akan membahas mengai tampilan interior Toyota Agya. Setelah melihat tampilan luarnya, apakah anda sekarang sudah bisa menebak kira-kira seperti apa tampilan interiornya?

Jika belum, langsung saja kita bahas penampilan isi kabin dari Toyota Agya ini. Biasanya perusahaan – perusahaan mobil akan memangkas fitur interior pada mobil tipe LCGC untuk bisa menurunkan biaya produksi.

Namun untuk Toyota Agya ini sepertinya Toyota tidak terlalalu habis – habisan dalam memangkas jeroannya. Mobil ini tetap memiliki fitur dibagian interior yang cukup memuaskan.

Kita mulai pembahasan kita pada bagian dasbor mobil, untuk tampilan dasbornya ini Toyota memilih warna dasar hitam silver untuk menimbulkan kesan yang elegan.

Bagian dasbor ini memiliki fitur berupa AC, panel audio serta adanya tombol power windows seperti pada mobil LCGC umumnya.

Interior Toyota Agya
Interior Toyota Agya
Lalu untuk clusternya juga dipilih warna silver yang akan berpadu dengan interior Toyota Agya sehingga menjadil lebih menarik.

Pada bagian stir kemudinya, tidak terdapat banyak panel penunjang seperti halnya pada mobil-mobil kelas atas seperti tipe SUV, yah.. wajar untuk sebuah mobil LCGC.

Menariknya, Toyota Agya sudah memiliki fitur passenget seat model yang terbaru, sehingga akan lebih menyamankan pengendaranya.

Pada joknya juga sudah terapat jok tipe ISOFIX yang akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengendara yang membawa bayinya.

Lalu untuk bagasinya juga sudah didesain lebih lega sehingga bisa membawa lebih banyak barang. Apalagi didukung dengan kursi belakang yang dapat dilipat.

Kesimpulannya adalah tampilan interior dari Toyota Agya memang minimalis tetapi suasana kabinnya bisa dikatakan cukup nyaman.

Toyota Agya Mengusung Dimensi Khas Mobil LCGC

Nah setelah membahas mengenai tampilan interior dan eksterior dari Mobil Toyota Agya kini kita akan mulai merambah pada ukuran dimensi yang dibawanya.

Karena memang ditujukkan untuk merambah pada segmentasi pasar mobil LCGC City Car, Toyota Agya memiliki ukuran dimensi yang tidak terlalu besar namun tetap memiliki ukuran ruang kabin yang lumayan luas.

Ukuran matematisnya sendiri Toyota Agya memiliki panjang 3600 mm dengan lebar 1600 dan tinggi 1520 mm. Berat dari Toyota Agya dalam keadaan kosong adalah 180 kg.

Ukuran ini memang terkesan mini, tetapi Toyota sendiri telah berhasil mendesain interiornya sehingga penumpang tidak akan merasa sumpek didalam kabinnya. Denga desain yang mungil ini pula Toyota Agya akan lebih mudah dikendalikan di jalanan perkotaan.

Dimensi Toyota Agya
Dimensi Toyota Agya
Tetapi jika menilik pada bagian ground clearance nya, sebenarnya Toyota Agya tidak memiliki tinggi yang mencukupi, sehingga akan kurang cocok untuk digunakan melaju di daerah yang kurang rata. Tapi kekurangan ini akan tertutupi dengan digunakannya tipe kerangka yang kuat dan sistem suspensi yang asik.

Sistem suspensi ini adalah MacPherson Struts yang dipadukan dengan pegas koil di bagian depan, sementara untuk sistem suspensi bagian belakangnya digunakan tipe Semi independent Torsion Axle Beam berpadu dengan pegas koil. Tentunya kedua sistem suspensi ini menjanjikan kenyamana ekstra bagi penumpangnya.

Tak ketinggalan di bagian kaki-kakinya juga dibuat kuat dengan menggunakan velg ring berukuran 13 inchi untuk mobil Toyota Agya tipe E. Velg ini kemudian dibalut dengan ban berukuran 155/80.

Kemudian untuk mobil Toyota Agya tipe G dan tipe TRD S, velg yang digunakan adalah velg alloy wheel berukuran 14 inchi yang dipadukan dengan ban berukuran 175/65.

Toyota Agya Menggunakan Mesin DOHC seri 1KR 12

Pada pembahasan ini kita akan mengulas mengenai dapur pacu yang diusung oleh Toyota Agya. Tentunya mobil LCGC ini akan memiliki dapur pacu yang ramah lingkungan namun tetap bertenaga, benarkah seperti itu? Mari kita simak lebih lengkapnya.

Pada awalnya karena Toyota Agya merupakan mobil jenis LCGC, banyak kalangan yang memandang sebelah mata terhadap mesin yang diusungnya.

Sepertinya Toyota berusaha keras untuk bisa membuang presepsi dari berbagai kalangan ini. Walaupun masih menggunakan mesin dengan cc yang belum terlalu besar namun ternyata performa mesin yang diberikan sudah cukup bertenaga.

Mesin Toyota Agya
Mesin Toyota Agya
Mesin yang diusung oleh Toyota Agya berseri 1KR 12. Mesin ini merupakan tipe DOHC dengan tiga silinder yang menggunakan 12 katub. Kapasitas silinder dari mesin ini adlaah 998 cc dan akan mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 65,3 tenaga kuda pada rotasi 6000 rpm.

Kemudian torsi maksimum dari mobil ini mencapai 88 kgm pada 3600 rotasi per menitnya. Dalam segmen mobil LCGC bisa dikatakan bahwa mobil Toyota Agya ini memiliki kapasitas mesin yang paling tangguh.

Mesin Toyota Agya juga sudah didukung dengan teknologi EFI yang akan memaksimalkan pemakainan bahan bakar sehingga menjadi lebih irit.

Bisa kita simpulkan bahwa mobil ini walaupun hanya menyasar pada segmen mobil LCGC namun tetap memiliki performa mesin yang tangguh.

Fitur Keamanan dan Kenyamanan Toyota Agya

Pada sebuah uji tabrak yang dilakukan pada tingkat ASEAN Toyota Agya mendapatkan nilai yang cukup tinggi.

Tentunya hal ini menjadi salah satu bukti bahwa Toyota Agya memiliki fitur keamanan yang mumpuni. Hal ini juga sekaligus mematahkan selentingan-selentingan miring yang meremehkan mobil ini.

Fitur keamanan yang disematkan pada mobil ini memang sudah cukup mumpuni walaupun memang belum bisa mengimbangi mobil -  mobil kelas atas.

Fitur keamanan standar internasional seperti dual SRS airbag sudah tersemat pada mobil ini. Fitur ini sendiri berfungsi untuk menjaga keamanan pengemudi dan penumpang di bagian depan dari benturan mendadak.

Terdapat pula fitur struktur reinforcement terbaru pada bodynya yang akan melindungi keseluruhan mobil saat terjadi benturan.

Mobil ini juga sudah memiliki sabuk pengaman ber pretensioner dan juga force limiter. Tak ketinggalan terdapat pula jok ISOFIX untuk memudahkan membawa bayi anda.

Pada fitur keamanan Toyota Agya sudah memiliki teknologi 5 Alaram Seting. Sedagnkan pada bagian fitur kenyamananya Toyota Agya juga memeiliki beberapa pendukung yang akan membuat penumpang betah berlama-lama di dalam kabin.

Beberapa fitur kenyamanan yang disematkan pada Toyota Agya adalah adanya AC, Power Door Lock, Electronic Power Steering, serta ada pula Eco Model Indicator yang berfungsi untuk memantu pengemudi untuk memantau penggunaan bahan bakar.

Lalu pada bagian hiburannya, Toyota Agya memiliki 2 DIN Audio dan juga Multi Information Display (MID).


Kelebihan dan Kekurangan Toyota Agya

  1. Kelebihan Toyota Agya
  2. Memiliki dimensi yang lebih mini, sehingga mudah digunakan diperkotaan
  3. Memiliki performa mesin cukup baik
  4. Fitur kemanannya sudah teruji
  5. Kaki-kaki yang dimilikinya termasuk cukup kuat

Kekurangan Toyota Agya

  1. Tampilan interiornya terlalu minimalis
  2. Fitur kenyamanan yang dimiliki belum lengkap
  3. Ground Clearance nya terlalu pendek

Kami telah menyiapkan video rivew Toyota Agya, jika anda ingin melihat secara lebih visual tentang Toyota Agya, berikut ini adalah videonya, tetapi jika anda kurang suka untuk menonton video anda bisa melanjutkan membaca.


Toyota Agya Review

Untuk mempermudah anda dalam mengetahui Spesifikasi Toyota Agya, kami membuatkan rangkuman Spesifikasi mobil Toyota Agya, rangkuman ini kami buat berdasarkan pembahasan yang sudah disampaikan sebelumnya. Review Mobil Toyota Agya adalah sebagai berikut ini.


Mesin
  • Menggunakan mesin seri 1KR tipe DOHC dengan 3 silinder 12 katub, 12 valves
  • Mesin berkapasitas 988 cc
  • Menggunakan penyuplai EFI
  • Diameter X langkah mobil 71.0 x 84.0
  • Tenaga Maksimal yang dihasilkan 65.3/6000
  • Torsi Maksimal yang dihasilkan 88/3600
  • Sistem transmisi Transmisi : 4 A/T  & 5 speed M/T
Dimensi
  • Dimensi panjnag 3471 mm, lebar 1960 mm dan tinggi 1250 mm
  • Jarak antar pijakan depan dan belakang 1430 dan 1425 mm
  • Kapasitas penampung bahan bakar 33 L
Kaki-Kaki Toyota Agya
  • Tipe suspensi bagian Depan adalah MacPherson Struts dengan pegas koil
  • Tipe Suspensi bagian Belakang adalah Semi independent torsion axle beam dengan pegas koil
  • Menggunakan ukuran Ban : 155/80 R13 (Type E) / 175/65 R14 (Type G & TRD S)
  • Menggunakan tipe Rem Depan  Disc
  • Rem Belakang menggunakan tipe Drum 165
  • Menggunakan Velg :  steel & wheel cap (Type E) / Alloy Wheel (Type G & TRD S)
Eksterior
  • Untuk tipe TRD S dan G memiliki Wper Belakang
  • Pada tipe TRD S menggunakan Aero Kit Depan Belakang
  • memakai Sidekirt pada tipe TRD S
Interior
  • Telah dilengkapi dengan fitur Dual SRS Air Bag
  • Memiliki Air Conditioner (AC)
  • Dilnegkapi fitur Audio 
  • memiliki fitur Power Window
  • Untuk tipe G dan TRD S terdapat Kaca Sepion Elektrik

 Harga Toyota Agya Terbaru

Akhirnya kita sampai juga pada bagian harga dari Toyota Agya. Tentunya Harga Mobil Toyota Agya akan sangat dipnegaruhi oleh spesifikasi yang diusungnya.

Mulai dari tampilan interiornya, eksterior, hingga fitur penunjang yang dimilikinya.

Nah, sebelum membahas mengenai harga dari Toyota Agya secara lebih mendalam Tim GarasiOtoMania akan terlebih dahulu membuat sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi Toyota Agya ini.

Tampil dengan desain eksterior yang minimalis mobil ini sepertinya tidak akan semuda Honda Brio, tetapi mobil ini malah akan menjadi sesuai untuk setiap kalangan.

Dengan body mininya ini Toyota Agya akan lebih mudah dikendarai di daerah perkotaan yang biasanya sangat ramai.

Walaupun serba minimalis tetapi Toyota Agya ini masih tetap memberikan beberapa sentuhan pada bagian fascia dan bagian sampingnya sehingga akan tetap terlihat cantik.

Di bagian dalamnya, anda akan disuguhi penampilan elegan yang didominasi oleh warna hitam silvernya.

Mobil ini juga memiliki beberapa fitur standar seperti pada mobil LCGC pada umumnya. Untuk keamanan dan ketangguhan mobil ini sudah teruci secara klinis sehingga anggapan bahwa mobil LCGC adalah mobil yang ringkih sudah ditampik secara terang-terangan oleh Toyota Agya.

Untuk bagian dapur pacunya Toyota Agya mengusung mesin seri 1KR 12 tipe DOHC yang memiliki kapasitas hingga 998 cc.

Memang tidak terlalu besar, tetapi banyak yang sudah membuktikan bahwa performa dari mesin ini cukup handal. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi EFI yang akan membuatnya menjadi lebih hemat bahan bakar.

Lalu dengan spesifikasi seperti ini , kira – kira berapakah harga yang dipatok untuk mobil Toyota Agya ini? Berdasarkan informasi yang kami peroleh, harga termurah akan ditempati oleh Mobil Toyota Agya E tipe manual dengan kisaran harga Rp113 juta.

Kemudian ditempat kedua ada mobil Toyota Agya tipe G manual yang dihargai Rp 121 Juta. Harga yang ditawarkan untuk kedua mobil ini memang cukup murah, tetapi mobil ini akan tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Sedangkan untuk tipe otomatisnya Toyota Agya E dihargai Rp 124.7 juta, lalu untuk Toyota Agya tipe G dihargai Rp131 juta. 

Bagi anda yang menginginkan mobil yang memiliki lebih banyak fitur penunjang, kami rasa Toyota Agya tipe G akan cocok untuk anda, karena dari segi fitur nya memagn lebih lengkap. Lalu jika anda menginginkan tampilan mobil yang lebih sporty Toyota Agya TRD Sportivo.

Dari kesemuanya Agya tipe TRD S memang paling anak muda banget. Pasalnya penampilannya begitu nampak sporty sehingga sesuai untuk anak muda, apalagi didukung dengan velg tipe alloy berukuran 14 inci.

Mobil TRD S tipe manual dijual seharga 15 juta, sedangkan untuk tipe otomatis dijual seharga Rp 135 juta. 

Harga Toyota Agya Baru

Harga Toyota Agya Type E M/TRp. 113.000.000,00
Harga Toyota Agya Type E A/T Rp. 124.000.000,00
Harga Toyota Agya Type G M/T Rp. 121.000.000,00
Harga Toyota Agya Type TRD S M/T Rp. 125.000.000,00
Harga Toyota Agya Type G A/T Rp. 131.000.000,00
Harga Toyota Agya Type TRD S A/T Rp. 135.000.000,00
 
Perlu kami sampaikan bahwa harga yang kami pampang di atas adalah harga untuk On The Road wilayah Jakarta, sehingga kemungkinan akan mengalami perbedaan jika anda membelinya di darerah lain.

Kami juga telah mengumpulkan informasi mengenai Harga Mobil Toyota Agya bekas, daftar harga ini kami  peroleh dari berbagai sumber.

Tetapi harga ini juga bukan patokan resmi pasalnya harga mobil Toyota Agya Second akan dipengaruhi juga oleh keadaan mobil dan juga pemakainan.

Harga Mobil Toyota Agya Bekas

Toyota Agya E A/T TRD 2012                       Harga Rp 85 juta
Toyota Agya E M/T TRD 2012                      Harga Rp 85 juta
Toyota Agya G A/T TRD 2012                      Harga Rp 90 juta
Toyota Agya G M/T TRD 2012                     Harga Rp 90 juta
Toyota Agya E A/T TRD 2013                      Harga Rp 87 juta
Toyota Agya E M/T TRD 2013                     Harga Rp 90 juta
Toyota Agya G A/T TRD 2013                     Harga Rp 95 juta
Toyota Agya G M/T TRD 2013                    Harga Rp 97 juta
Toyota Agya E A/T TRD 2014                      Harga Rp 90 juta
Toyota Agya E M/T TRD 2014                     Harga Rp 92 juta
Toyota Agya G A/T TRD 2014                      Harga Rp 100 juta
Toyota Agya G M/T TRD 2014                     Harga Rp 105 juta
Toyota Agya S A/T TRD 2014                       Harga Rp 105 juta
Toyota Agya S M/T TRD 2014                      Harga Rp 107 juta
Toyota Agya G A/T TRD 2015                      Harga Rp 107 juta
Toyota Agya G M/T TRD 2015                      Harga Rp 109 juta
Toyota Agya S A/T TRD 2015                       Harga Rp 111 juta
Toyota Agya S M/T TRD 2015                      Harga Rp 112 juta

Namun jika diperhatikan lagi sebenarnya harga yang dibandrolkan untuk Toyota Agya ini sudah sangat sesuai dengan spesifikasi yang diusungnya. 

Lalu jika anda membandingkannya dengan harga mobil saingannya Suzuki Karimun wagon juga akan mendapati bahwa harga dari Toyota Agya ini sudah seimbang mengingat Suzuki Karimun Wagon dijual dengan harga paling mahal 122 juga dan paling murah Rp122 juta. 

Wajar saja jika Toyota Agya ini menjadi mobil LCGC yang cukup laris di pasaran otomotif nasional.

Nah demikian tadi adalah ulasan lengkap kami mengendai Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harga Terbaru Toyota Agya. 

Silakan share artikel ini kepada teman atau kerabat anda yang membutuhkan. Jangan lupa juga untuk membaja ulasan lengkap kami tentang Datsun Redi GO dan Datusun GO+ Panca serta Suzuki Karimun Wagon.

Rahasia dibalik Spesfikasi dan Harga Terbaru Toyota Agya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi OtoMania