Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga All New KIA Optima Terbaru 2017



Harga All New KIA Optima – Persaingan dikalangan industry otomotif semakin hari semakin panas saja, Hampir semua perusahaan otomotif kini semakin gencar dalam meluncurkan mobil-mobil terbarunya. Tentu saja perusahaan mobil asal Korea Selatan yaitu KIA pun tidak ketinggalan dalam meramaikan pertarungan ini. 

Belum lama ini KIA telah secara resmi meluncurkan mobil terbarunya yang mengusung nama All New KIA Optima. Mobil ini dikabarkan akan membawa banyak fitur penunjang yang canggih. 

Mobil ini sendiri pertama kali ditunjukkan kepada public pada sebuah pameran New York Auto Show. 

Dalam penampilan perdananya KIA Optima, disuguhkan dalam tampilan yang begitu menawan dan mengusung mesin yang begitu terlihat tangguh.

Mesin dari KIA Optima ini dikatakan begitu gahar sehingga akan memberikan tarikan yang pas untuk pecinta otomotif. 

Kehadiran dari KIA Optima di Indonesia membawa harapan bahwa KIA akan mampu menggusur brand mobil kawakan yang sudah terlalu sering malang melintang di dunia otomotif Nasional. 

Tentu dengan kehadiran mobil KIA Optima ini sedikit menyulut semangat brand –brand mobil besar seperti Toyota, Honda, Suzuki, Mitsubisi dan brand mobil lainnya untuk mengeluarkan produk terbarunya pula.

Kesan pertama yang akan anda dapatkan setelah memandang mobil KIA Optima adalah sebuah kemwahan dan keeleganan dari tampilan eksteriornya. 

Mobil ini juga tampil dengan cukup banyak pilihan warna. Pada bagian eksteriorny sendiri membawa tampilan fascia yang menggunakan grill lebih ramping. 

Lalu tampilan air intakenya juga dibuat lebih menarik dan terihat. Sementara untuk headlampnya juga terlihat lebih elegan sehingga nampak lebih sporty.

Tampilan interior dari KIA Optima juga tidak ketinggalan menariknya, mobil ini mengusung material yang berkualitas tinggi sehingga tampilannya nampak begitu mewah dan elegan.

Pilihan Warna All New KIA Optima

Berikut ini adalah gambar KIA Optima yang telah kami kumpulkan berdasarkan Pilihan Warna KIA Optima yang ditawarkan. Dengan menampilkan warna-wana mobil KIA Optima ini kami berharap anda akan bisa menentukan mobil dengan warna favorit anda sendiri.

KIA Optima Terbaru


KIA Optima 2016

KIA Optima 2016

KIA Optima 2015

KIA Optima

Tampilan KIA Optima

KIA Optima

gambar KIA Optima

 Nah selama berada di dalam kabin KIA Optima, penumpang pun akan dimanjakan dengan berbagai fitur penunjang yang secara rapi disematkan pada mobil ini.

Beberapa fitur yang ada pada mobil ini adalah adnanya fitur speaker 6 audio yang telah terintegrasi dengan Apple Car Play adaupun Android sehingga akan memudahkan akses speaker oleh penggunanya. 

Lalu KIA Optima juga sudah mengusung fitur keselamatan seperti Blind Spot Detector dan juga Advance Smart Cruise yang pastinya akan menjamin keselamatan semua penumpangnya. 

Nah selain itu KIA Optima juga memiliki banyak kelebihan. Mau tau seprti apa sebenarnya Sesifikasi KIA Optima dan berapakah Harga KIA Optima di bandrol? Mari simak penjelasan lengkapnya.

Spesifikasi Lengkap All New KIA Optima

Tampilan Eksterior KIA Optima

Pada bagian awal ini Tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai tampilan Ekterior KIA Optima. Mobil ini membawa tampilan yang sangat menarik dan mengundang penasaran bagi sebagian besar orang. 

Memang jika anda amati, mobil ini secara khusus didesain dengan begitu elegannya.

Sebagai salah satu mobil mewah tetunya KIA tidak ingin mengecewakan konsumennya. Baru sekilas memangdangnya saja sudah membuat kita untuk segera memilikinya. 

Nah untuk membuat anda lebih paham mengenai seluk beluk mobil ini kami akan membahas tiap bagian dari eksterior KIA Optima. 

Fascia KIA Optima


Tampilan Fascia KIA Optima
Tampilan Fascia KIA Optima
Tampilan depan dari KIA Optima nampak begitu mewah dan juga elegan. Penampilan ini menjadi daya tari tersendiri bagi para pecninta otomotif. 

Pada bagian fascia ini digunakan grill depan yang dilapisi warna krome sehingga membuatnya semakin nampak sporty. 

Pada grill ini juga disemati emblem KIA yang menjadi identitas untuk mobil KIA sekaligus mempercantik penampilan mobil KIA ini.

Lampu Utama HID Project With LED


Headlamp KIA Optima
Headlamp KIA Optima
Masih berada pada bagian depannya, mobil KIA Optima mengusung jenis lampu LED untuk bagian lampu utamanya. 

Tentunya dengan digunakannya lampu utama tipe LED ini membuat KIA Optima tampil semakin menarik. 

Selain itu pengendara akan merasa lebih nyaman saat berkendara dimalam hari karena lampu jenis LED akan memberikan penerangan yang lebih optimal. 

Secara umum penampilan lampu depan KIA Optima memang sangat keren.

Fog Lamp LED

Fog Lamp KIA Optima
Fog Lamp KIA Optima
Untuk bagian lampu LED nya, Mobil KIA Optima juga telah menggunakan Fog Lamp tipe LED. Dengan digunakannya tipe lampu ini, KIA Optima akan memiliki kualitas penerangan yang semakin baik. 

Cahaya yang dihasilkan akan mampu menembus kabut yang sangat tebal dan dalam keadaan hujan sekalipun. Tidak hanya itu, penampilan dari Fog Lamp ini pun juga sangat diperhatikan oleh KIA. 

Cover yang digunakan pada Fog Lamp ini menggunakan chrome sehingga terlihat begitu menarik.

Rear Lamp

Rear Lamp KIA Optima
Rear Lamp KIA Optima
KIA Optima juga sudah menggunakan rear lamp yang akan membantu pengemudi dibelakangnya untuk mengetahui keberadaan mobil ini. 

Jenis lampu yang digunakan oleh KIA Optima juga termasuk jelas meski dilihat dari jarak yang jauh sekalipun. 

Rear lamp KIA Optima juga sudah menggunakan tipe LED. Dengan digunakannya tipe LED ini , kualitas cahaya yang dihasilkan tentunya juga semakin jerni dan terang. 

Kemudian dari segi penampilan, rear lamp KIA Optima terlihat begitu modis dan mewah.

Velg Alloy Wheel 18 Inci

Velg Alloy KIA Optima
Velg Alloy KIA Optima
Pada bagian kaki-kaki KIA Optima juga memiliki penyangga yang kuat. Mobil ini sendiri memakai velg tipe Alloy Wheel yang berukuran 18 inci. 

Velg ini memiliki tampilan yang begitu menarik, seperti yang bisa anda lihat. Selain itu dengan ukurannya yang cukup besar, Velg mobil KIA Optima ini juga begitu kuat.

Sensor Parkir

Sensor Parkir KIA Optima
Sensor Parkir KIA Optima
KIA Optima juga sudah didukung dengan teknologi sensor parkir yang akan membantu pengemudi untuk memarkirkan mobilnya secara lebih aman. 

Teknologi ini akan memberikan peringatan bagi pengemudi saat mobil berada terlalu dekat dengan batas parkir. Tentunya lecet pada bagian luar mobil akan bisa lebih terhindarkan.

Interior KIA Optima

Pada bagian ini Tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai bagian interior dari KIA Optima, jika sebelumnya anda sudah membaca mengenai tampilan eksterior dari KIA Optima, apakah anda sudah bisa mengira-ira penampilan interiornya? 

Dengan membawa penampilan mewah pada eksteriornya tentu bagian interiornya pun tidak akan kalah mewahnya. Berikut ini kami membuat poin-poin menenai penampilan interior dari KIA Optima.

Penampilan Desain Dasboard Interior KIA Optima

Dashboard KIA Optima
Dashboard KIA Optima
Penampilan dasbor sebuah mobil tentunya sangat penting, mengingat bagian ini akan sering menjadi pusat perharian dari penumpangnya. 

Mobil KIA Optima sepertinya menyadari betul tentang hal ini, sehingga pada bagian dasbornya, KIA membuat penampilan yang begitu elegan. 

Warna coklat muda yang dipadukan dengan warna hitam membuat tampilan dasbor KIA Optima menjadi begitu menawan. Pada dasbor ini juga disematkan banyak fitur penunjang layaknya mobil mahal pada umunya.

Sunroof KIA Optima

Sun Roof KIA Optima
Sun Roof KIA Optima
Pada bagian interior KIA Optima juga sudah dilengkapi fitur Sun Roof yang memungkinkan penumpang untuk melihat keindahan di luar mobil. 

Dengan sun roof ini anda bisa menikmati sinar matahari secara langsung dari dalam kabin mobil tanpa harus keluar. Tentunya fitur ini akan semakin membuat penumpangnya merasa nyaman. 

Fitur ini juga menunjukkan bahwa KIA Optima merupkan salah satu mobil kelas atas yang berkualitas tinggi.

Air Conditioner (AC)

Air Conditioner (AC) KIA Optima
Air Conditioner (AC) KIA Optima
Anda pastinya tidak ingin berlama – lama di dalam kabin yang panas bukan? Nah, mobil KIA Optima ini sudah memiliki fitur pengatur suhu ruangannya.

Pada mobil ini dilengkapi AC yang adem sehingga anda akan lebih betah berada di dalam kabinnya. 

Banyak yang mengatakan bahwa AC yang digunakan pada mobil ini cukup dingin sehingga anda akan bisa lebih menikmati perjalanan anda.

Kursi / Jok Mobil

Jok / Kursi Mobil KIA Optima
Jok / Kursi Mobil KIA Optima

Pada bagian kursi yang digunakan, KIA Optima dibekali degnan kuris berbagah baku kualitas tinggi yang dirancang untuk membuat penumpang merasa nyaman. 

Selain itu kursi ini juga didesain lebih lega sehingga bisa menampung hingga tiga orang sekaligus.

Speedometer KIA Optima

Speedometer KIA Optima
Speedometer KIA Optima
Di bagian dosbornya disematkan speedo meter berkualitas untuk membantu pengemudi dalam menjalankan mobilnya. 

Speedometer ini menampilkan informasi yang dibutuhkan oleh pengemudi seperti informasi pemakaian bahan bakar, pemakaian oli, informasi kecepatan yang digunakan, dan beberapa fitur lainnya. 

Pengemudi akan semakin terbatu dengan disematkannya speedometer ini pada ruang kemudi.

Engine Start atau Stop


Engine Start / Stop KIA Optima
Engine Start / Stop KIA Optima
Ini merupakan fitur yang memungkinkan pengemudi untuk secara mudah menghidupkan ataupun mematikan mesin mobil. 

Fitur ini dikhususkan untuk memudahkan pengendara dalam mengoperasikan mesin mobil. Selain itu dalam keadaan darurat pengemudi bisa lebih cepat dalam mematikan mesinnya.

Sistem Audio

Sistem Audio KIA Optima
Sistem Audio KIA Optima
Sistem Audio merupakan fitur penunjang kenyamanan yang ada pada mobil KIA Optima. Kualitas Audio yang dimiliki oleh KIA Optima, tidak perlu diragukan karena audio ini terkenal begitu mewah dan juga akan menghasilkan suara yang mantap. 

Tak ketinggalan pada bagian audio ini penumpang bisa memutar DVD / CD kesukaannya ataupun menghidupkan saluran radio.

Dimensi KIA Optima dengan Suspensi yang Kuat

Tadi kita sudah membahas mengenai tampilan eksterior dan interior dari KIA Optima. Pada bagian ini Tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai ukuran dimensi dari mobil KIA Optima. 

Mobil mewah ini memiliki ukuran panjagn 4.845 mili meter dengan lebar 1.830 mili meter dan tinggi 1.455 mili meter. Sementara untuk jarak sumbu roda KIA Optima adalah 2.795 mili meter. 

Ukuran matematis ini menggambarkan kelonggaran yang dimiliki oleh mobil sedan ini. Untuk mendukung ukurannya ini, KIA optima memilih menggunakan tipe body Steel Unibody yang dikombinasikan dengan ISO Structure Design yaitu kerangka kuat yang akan mampu mengusung beban yang berat.

Kemudian mobil ini memiliki ground clearance yang tidak terlalu tinggi yaitu pada kisaran 134 mili meter. Tinggi ground clearance ini membuatnya terlihat ceper dan tidak cocok untuk digunakan di daerah yang kurang rata. 

Nah untuk menutupi kekurangan ini, KIA Optima menggunakan sistem suspensi yang kuat. Pada bagian depannya KIA Optima mengusung sistem suspensi Independet Mac Pherson struts  yang dipadukan dengan coil spring dan stabilizer bar. 

Sedangkan untuk sistem suspensi bagian belakang nya digunakan suspensi independent multi link yang berpadu dengan coil spring, stabilizer. 

Kedua sistem suspensi ini menjanjikan kekokohan kaki dan juga kenyamanan yang ekstra bagi para penumpangnya. Kemudian suspensi ini didukung oleh penggunaan velg tipe Alloy Wheel yang berukuran 18 inchi.

Di bagian pengeremannya, KIA Optima mempercayakan pada sistem pengereman tipe large disc brake yang dipadukan dengan electronic Stability Control. Fitur pengereman ini akan meningkatkan keamanan dari para penumpangnya. 

Secara umum bisa dikatakan bahwa ukuran dimensi dari KIA Optima memagn cenderung besar namun sebagai konsekwensinya juga memberikan ruang yang longgar. 

Dimensi besar ini didukung dengan penggunaan sistem suspensi tangguh sehingga membuatnya semakin berkelas.

Mesin KIA Optima Berperforma Tinggi

Mesin yang digunakan pada KIA Optima memiliki performa yang tinggi. Pada mobil ini sendiri diberikan dua pilihan jenis mesin yang digunakan yaitu mesin Theta II 2.4 MPI dan juga tipe Mesin NU 2.0 MPI engine. Tentunya kedua mesin ini masing-masing memiliki kelebihannya. 
Mesin KIA Optima
Mesin KIA Optima

Pada Mobil Alll new KIA Optima yang memakai mesin tipe Theta II 2.4 MPI Engine, digunakan silinder berkapasitas mencapai 2359 cc. 

Mesin ini diklai mampu memberikan tenaga hingga mencapai 180 Ps pada puataran mesin 6000 rpm. 

Kemudian Torsi maksimal yang bisa dihasilkan mencapai 23.6 kgm atau kurang lebih sama dengan 231 Nm saat putaran 4000 rpm. 

Catatan power yang dimiliki adalah 1 -100 Kph selama 9.5 second, 60 -100 kph ditempuh selama 5.4 second. 
Mesin KIA Optima Terbaru
Mesin KIA Optima Terbaru

Tenaga ini nantinya akan disalurkan melalui sistem transmisi 6 precepatan manual atau otomatis. Yup, terdapat dua pilihan sistem transmisi yang dimiliki oleh KIA Optima. 

Sementara untuk tangki bahan bakar yang dimilikinya adalah 70 liter, dan memiliki angka perbandingan kompresi 11.3 : 1. 

Berlanjut ke Mobil KIA Optima yang menggunakan mesin NU 2.0 MPI Engine. Mesin ini memiliki kapastias silinder mencapai 1999 cc. 

Dikatakan bahwa mesin ini mampu memberikan tenaga hingga mencapai 162 ps saat putarannya mencapai 119Kw. 

Lalu untuk torsi maksimumnya mencapai 19.8 kgm atau kira-kira 194 Nm. Dengan digunakannya mesin ini All New KIA Optima mampu menempuh 0-100 kph dalam waktu 11 detik dan menempuh 60 – 100 kph dalam waktu 6.2 detik saja.

Fitur Penunjang Keamanan dan Keselamatan KIA Optima

Setelah memabahas mengenai serba serbi spesifikasi KIA Optima dari segi interior, eksterior hingga dapur pacunya, kali ini tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai Fitur penunjang yang diusungnya. 

KIA Optima memiliki beberapa fitur penunjang berteknologi canggih misalnya Rear View Camera. 

Fitur ini memungkinkan pengendara untuk bisa melihat tampilan sekitar mobil sehingga akan memudahkan pengendara dalam menjalankan mobil dalam posisi mundur. 

Mobil KIA Optima juga sudah dilengkapi dengan teknologi Electronic Stability Control yang berfungsi untuk membantu pengendara dalam melakukan pengereman serta mengatur torsi mesin yang digunakan. 

Teknologi ini akan mengatur gaya pengereman untuk setiap roda sehingga mobil bisa melambat secara aman.

Untuk fitur keselamatannya, KIA Optima mengusung pengereman tipe Disc Brake yang berukuran lebar 17 inci sehingga akan memberikan pengereman maksimal. 

Secara umum bisa kita simpulkan bahwa fitur penunjang keamanan dan keselamatan pada mobil KIA Optima memang cukup canggih.

Kelebihan dan Kekurangan KIA Optima

Pada bagian ini akan kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh KIA Optima, kelebihan dan kekurangan ini kami rangkum dari berbagai sumber. 

Dengan catatan bahwa kelebihan dan kekurangn KIA Optima yang kami sampaikan ini juga banyak mengandung unsur subjektif dan belum secara resmi dirilis oleh ahli. 

Namun karena didapatkan dari berbagai sumber, pastinya unsur subjektifitas bisa lebih ditekan. Nah berikut ini adalah Kelebihan dan Kekurangan KIA Optima.

Kelebihan KIA Optima

  1. Memiliki penampilan yang mewah dan menarik
  2. Memiliki kursi yang lega
  3. Memiliki ruang kabin yang lega
  4. Menggunakan mesin berperforma tinggi

Kekurangan KIA Optima

  1. Harganya lumayan mahal
  2. Memiliki grund Clearance rendah sehingga kurang cocok didaerah kurang rata
  3. Ukurannya terlalu besar untuk mengibas ramainya perkotaan

Review KIA Optima

 Kami juga sudah menyiapkan Review KIA Optima dalam bentuk video, jika anda menyukai tayangan dalam bentuk Video anda bisa menonton tayangan berikut ini.

Tetapi jika anda lebih suka untuk membaca anda bisa melewati bagian ini.


Rangkuman Spesifikasi KIA Optima

 Pada bagian ini kami telah menyiapkan rangkuman Spesifikasi KIA Optima. Rangkuman ini kami buat agar adan lebih mudah dalam mengenali seluk beluk yang dimiliki oleh KIA Optima.

Rangkuman dibuat berdasarkan uraian yang telah disampaikan sebelumnya, nah berikut ini adalah rangkuman Spesifikasi KIA Optima semoga bermanfaat untuk anda.

Mesin
  • Menggunakan mesin tipe THETA II 2.4 MPI 
  • Kapasitas Silinder Mesin mencapai 2,359 CC
  • Tenaga maksimal mesin mencapai  180 PS/6.000 rpm
  • Torsi Maksimal mesin mencapai 23.6 kg.m/4.300 rpm
  • Menggunakan Power Steering tipe MDPS + Flex Steering
Dimensi
  • Memiliki dimensi panjang 4.845 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.455 mm
  • Jarak pijakan depan adalah 1470 mm
  • Jarak pijakan belakang adalah 1460 mm
  • Memiliki Jarak Poros Roda mencapai 2,795 mm
  • Kapasitas ruang kanbin: 4 orang
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Rem Depan : Disc (17″)
  • Suspensi Belakang : independent multi link
  • Suspensi depan : Independet Mac Pherson struts
  • Tipe Rem Belakang : Disc (15″)
  • Ukuran Ban : 225/45 R18 / Alloy
Fitur Dan Kelengkapan
  • ABS+EBD
  • Dual Airbag
  •  Audio
  • AC
  • Front & Rear Parking Sensor
  • Cruise Control
  • Hill-Start Assist Control (HAC)
  • Immobilizer
  • Central Door Lock
  • Rear Camera
  • Keyless Entry with Alarm
  • Smart Key
  • Electric Stability Control (ESC)

Harga All New KIA Optima Terbaru

Sampailah kita pada pembahasan yang terakhir yaitu mengenai harga yang dibandrolkan untuk mobil KIA Optima. Harga mobil ini tentu akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang diusungnya. 

Sehingga sepertinya perlu apabila Tim GarasiOtoMania membuat sedikit kesimpulan mengenai spesifikai yang dimiliki oleh KIA Optima. 

Di mulai dari tampilan eksteior KIA Optima yang begitu menawan dan menimbulkan aura mewah yang sangat kuat. 

Mobil ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuatnya nampak begitu sporty. Lalu pada bagian interiornya juga terlihat begitu mewah. 

Dimulai dari tampilan dasbornya yang dibuat dengan bahan berkualitas dengan perpaduan antara warna coklat dan warna hitam. Jok yang digunakan KIA Optima juga menggunakan bahan berkualitas dengan desain yang cukup lega. 

Mobil ini juga memiliki fitur-fitur canggih misalnya rear camera yang akan memudahkan pengendara untuk menjalankan mobil ke arah belakang. 

Untuk mesinnya KIA Optima memiliki mesin berperfotma tinggi dengan dua pilihan tipe yaitu mesin Theta II 2.4 MPI dan juga NU 2.0 MPI Engine. Nah dengan berbagai kelebihan ini, kira-kira berapakah harga yang pantas dibandrolkan untuk mobil ini?


Sebagai tambahan informasi bahwa sebenarnya di luar negeri KIA Optima diberikan dalam tiga pilihan tipe yaitu KIA Tipe 2.4 L, 1.6 L Turbo dan juga KIA 2.0 Turbo. 

Masing-masing varian ini dihargai berbeda-beda karena memiliki spesifikasi yang berbeda-beda pula. Tetapi sayangnya berdasarkan berita yang beredar, Mobil KIA Optima yang akan dipasarkan di Indonesia hanyalah Mobil KIA Optima dengan mesin tipe Theta II 2.4 L MPI.

Karena hanya ada satu jenis mobil KIA Optima yang beredar di Indonesia, maka harga yang dibandrolkan juga hanya satu variasi saja. 

Kabar terbaru menyebutkan bahwa anda akan bisa membawa pulang mobil ini dengan harga Rp 500 an juta.

Harga yang kami tampilkan ini masih berupa Harga OTR untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya sehingga, pastinya akan mengalami sedikit perbedaan jika anda membelinya di daerah lain. 

Tetapi untuk sedikit melegakan anda, bahwa menurut berbagai sumber, harga yang dibandrolkan  untuk mobil ini sudah sangat sesuai denga spesifikasi yang diusungnya. 

Memang dari segi ketenaran KIA Optima akan kalah dengan mobil Honda Civic ataupun Toyota Corrola. 

Tetapi ini tentunya tidak membuat KIA gentar. KIA tetap dengan genjar mempromosikan mobil terbarunya ini. 

Nah demikian ulasan kami tentang Spesfikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harga KIA Optima. 

Semoga bisa bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk share artikel ini kepada teman-teman anda melalui tomobol share di bawah ini. 

Oh ya, jangan lewatkan juga pemabahasan lengkap kami mengenai Honda Civic, Honda City dan juga Toyota Vellfire.

Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga All New KIA Optima Terbaru 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania