Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga Hyundai i20 Terbaru 2017

Harga Hyundai i20 | Kabar gembira bagi anda pecinta mobil Hyndai i20, pasalnya versi terbaru dari mobil ini akan dihadirkan di tahun 2016. 

Mobil ini sendiri pertama kali dirilis pada ajang pameran Paris Motor Show di tahun 2008. Nah, menurut kabar, versi terbaru dari mobil Hyundai i20 akan menjadi penggati saudaranya yaitu Hyundai Getz 2008 pernah menjadi mobil Hatchback idaman di benua biru.
Sebelumnya mobil ini telah suskses diperjual belikan di Eropa, nah kini saatnya untuk mobil Hyundai i20 yang merupakan mobil asal Korea Selatan ini untuk tampil pada ajang bergengsi GIIAS 2016. 

Dan kini mobil ini sudah siap untuk diperjual belikan di tanah air. 

Harga Hyundai i20
Harga Hyundai i20

Tetapi anda nantinya jangan kaget jika spesifikasi Hyundai i20 yang dipasarkan di Indonesia akan berbeda dengan yang dipasarkan di negara-negara lain.

Perbedaan mendasar antara mobil yang dipasarkan di negara lain dan di Indonesia nantinya adalah dari segi pilihan tipe mesin yang disediakan. 

Jika di negara-negara lain Hyundai i20 hadir dalam dua pilihan tipe yaitu yang menggunakan mesin diesel dan bensin, untuk mobil Hyundai i20 yang dipasarkan di Indonesia hanya akan menggunakan mesin berbahan bakar bensin saja. 

Tetapi keadaan ini sepertinya tidak berpengaruh terlalu besar bagi para pecinta otomotif nasional. 

Buktinya setelah pameran Hyudai i20 di ajang GIIAS kemarin, sudah ada banyak yang memesan mobil ini. 

Dan saat ini mereka hanya tinggal menunggu kedatangan mobil Hyundai i20 yang direncanakan akan sampai pada bulan ini.

Meskipun akan dihadapkan dengan tantangan yang sangat besar di dunia otomotif nasional, namun Hyundai tetap menginjakkan kakinya dengan penuh rasa percaya diri. Hyundai menggunakan mobil ini untuk bisa menerjang pasar mobil medium hatchback. 

Perbedaan antara mobil Hyundai i20 terbaru dengan versi terbarunya ini bisa dilihat mulai dari sisi eksteriornya. 

Pada mobil versi terbaru ini, panjang Hyundai i20 meningkat, selain itu bodynya juga didesain lebih rendah dan lebih lebar. Akibatnya interior dari mobil ini menjadi lebih luas.

Memasuki kerajaan mobil Hatchback, Hyundai tidak sembarangan dalam menyeting bagian dapur pacunya. Mesin yang digunakan oleh mobil ini adalah tipe DOHC Kappa 1.4 MPI yang memiliki kapasitas mencapai 1.368 cc. 

Dengan spesifikasi mesin ini Hyundai i20 memiliki tenaga yang besar. Kemudian mobil ini pun semakin menunjukkan taringnya dengan berbagai fitur penunjang yang dimilikinya. 

Mulai dari fitur penunjang keselamatan, Fitur hiburan hingga fitur keamanan tersemat secara rapi di dalam mobil ini. 

Nah, seberapa keren sebenarnya mobil Hyundai i20 ini? Berapa pula harga Mobil Hyundai i20 ini? Untuk lebih lengkapnya tim Garasi OtoMania telah menyiapkan informasi lengkapnya khusus untuk anda.

Spesifikasi Hyundai i20 Versi Terbaru

Ekterior Mobil Hyundai i20 khas Mobil Hatchback

Untuk pembahasan spesifikasi Hyundai i20 bagian pertama ini kita akan lebih mengulas mengenai tampilan luarnya. 

Seperti yang sudah disinggung sebelumya bahwa mobil Hyundai i20 mengususung konsep mobil Hatchback yang menjadikannya tampil begitu modis dan keren. 

Keistimewaan tampilan Hyundai i20 ini terbukti dengan menjadinya mobil ini sebagai idaman para pecinta otomotif di Eropa.  

Pada bagian depannya mobil ini memiliki tampilan yang terlihat begitu garang. 
Eksterior Hyundai i20
Eksterior Hyundai i20
Lampu utama yang disematkan terlihat sipit yang dipadukan dengan multi focus headlight dan juga grill trapezoidal chrome surrounded Honeycomp Hezagonal terpisah.

Kemudian untuk sisi lainnya disematkan pula front DRL yang kemudian digabungkan menggunakan foglamp. 

Lampu kabut ini letakkan pada bagian bawah sehingga terlihat begitu sesuai dengan front grill yang ada. Tampilan ini kemudian dipercantik dengan ditempatkannya logo Hyundai pada bagian tengah.

Selanjutnya kita beralih ke bagian samping mobil. Untuk bagian sampingnya ini, kita akan mendapati tampilan gagah yang nampak begitu sporty. 

Karakter dari mobil hatchback nampak begitu jelas dengan adanya desain lekukan waist Line molding.

Sedangkan untuk bagian belakangnya juga terlihat begitu elok dengan adanya penampilan lampu berhenti clear strip light. 

Keberadaan stop lamp ini membuat mobil Hyundai i20 menjadi nampak lebih mewah. Secara umum, spesifikasi eksterior dari mobil Hyundai i20 memang begitu mengesankan.

Tampilan Interior mobil Hyundai i20

Nah setelah mengulik bagian eksterior mobil Hyundai i20, kini saatnya kita mengulas tampilan interior dari mobil mewah ini. 

Tampilan dari interior Hyundai i20 terlihat begitu ergonomis tetapi tetap mempertahankan kesan luas dan juga ditata secara rapi oleh perusahaan asal Korea Selatan itu. 

Tampilan rapi ini terlihat jelas mulai dari bagia dashboarnya hingga ke konsol-konsol yang ada di dashboard itu. 

Untuk mempermudah pengemudi dalam mengendarai mobil Hyundai i20, pada bagian stir juga telah dilengkapi dnegan sistem Steering Audio Remocon yang dilapisi dengan leather wrap steering wheel.

Pada bagian interior ini juga telah disemati dengan banyak fitur penunjang yang akan memberikan kenyamanan ekstra untuk penumpang dan pengemudinya. 

Interior Hyundai i20
Interior Hyundai i20
Misalkan pada bagian sektor dashboarnya. Pada bagaian dashboard ini telah banyak tersusun konsol – konsol seperti perlengkapan CD/DVD, MP3, Aux Ready, Ipod Ready, USB serta sistem Navigasi GPS. 

Tidak berhenti sampai di situ mobil ini juga telah memiliki fitur climate control yang kemudian dipadukan menggunakan teknologi AC yang mumpuni.

Sementara itu, untuk bagian jok mobil yang digunakan juga terlihat begitu nyaman. Jok yang digunakan pada mobil ini menggunakan semi bucket seat yang sangat empuk dan terlihat begitu elegan. 

Untuk jok bagian belakang juga bisa dilipat sehingga akan meningkatkan volume dari bagasi mobil hingga mencapai 285 liter. 

Tambahan untuk mobil Hyundai i20 ini juga telah dilengkapi dengan cup holder yaitu tempat untuk menaruh botol minuman pada beberapa bagian di dalam interiornya. 

Tampilan menarik dari Hyundai i20 in ini nantinya akan sangat mempengaruhi Harga Mobil Hyundai i20.

Dimensi Mobil Hyundai i20

Setelah membahas mengenai tampilan Hyundai i20 baik pada bagian interior maupun eksteriornya kini tim GarasiOtoMania akan menyamapaikan mengenai ukuran dimensi yang dimiliki oleh mobil Hyundai i20 ini. 

Mobil ini memiliki ukuran panjang mencapai 3.985 mili meter dengan tinggi 1485 mili meter dan tinggi mencapai 1.734 mili meter. 

Sementara untuk ground clearance dari mobil ini juga lumayan tinggi mencapai 150 mili meter. 

Secara sekilas ukuran dimensi dari mobil ini hampir sama dengan mobil Suzuki Ertiga. Bandingkan dengan Suzuki Ertiga.

Dengan ukuran ground clearance setinggi ini, anda tidak perlu khawatir jika menggunakan Hyundai i20 untuk melewati jalanan yang berlubang. Hyundai i20 juga memiliki ruang penampungan bahan bakar yang mumpuni yaitu mencapai 45 liter. 

Dimensi Hyundai i20
Dimensi Hyundai i20
Untuk bagian suspensinya mobil ini menggunakan sistem suspensi yang sudah terkenal berkualitas yaitu Mac Pherson Strut with Stabilizer pada bagian depannya, sedangkan untuk sistem suspensi bagian belakang digunakan V-Beam, Coupled Torsion Beam Axle. 

Kedua sistem suspensi ini akan memberikan kenyaman ekstra bagi para penumpangnya. Sementara itu untuk jarak sumbu rodanya juga sangat mendukung karena memiliki jarak mencapai 2570 mili meter.

Pada bagian sistem pengeremannya, Hyundai juga menggunakan sistem pegnereman yang mumpuni sehingga akan meningkatkan keamanan dari para penumpangnya. 

Mobil ini menggunakan sistem pengereman tipe Hidrolik yang dipadukan menggunakan fitur ABS pada bagain depannya. 

Sedangkan untuk sistem pengereman bagian belakang digunakan tipe Drum yang juga cukup mumpuni untuk menhentikan laju Hyundai i20 ini secara maksimal. 

Secara umum dimensi dari mobil Hyundai i20 ini memang terlihat begitu gagah dan juga mewah.

Mesin Hyudai i20 Berperforma Tinggi

Tiba waktunya tim GarasiOtoMania untuk membedah segmen dapur pacu yang dimiliki oleh mobil Hyundai i20 ini. 

Sebelumnya kita sudah tahu bahwa mobil Hyundai i20 ini memiliki spesifikasi yang mumpuni di bagain interior maupun eksteriornya. 

Nah bagaimana kah untuk spesifikasi mesin yang diusungnya? Baik, langsung saja kita mulai pembahasannya. 

Pada bagian dapur pacu ini Hyundai i20 mengususng mesin tipe Kappa 1.4 L DOHC dnegan 4 silinder menggunakan 16 katub.
Mesin Hyundai i20
Mesin yang digunakan ini memiliki kapasitas mencapai 1.368 cc. Mesin ini kabarnya akan mampu memberikan tarikan tangguh dan performa yang tinggi. 

Dengan spesifikasi mesin ini, Hyundai i20 memiliki tenaga hingga mencapai 100 ps pada putaran 6000 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimalnya mencapai 13.6 Kg. m di putaran 4000 rpm. 

Tenaga sebesar ini kemudian disalurkan menggunakan sistem transmisi otomatis dan juga manual.

Pada mesin yang menggunakan sistem transmisi manual digunakan sistem 6 speed sedangkan untuk sistem transmisi otomatis digunakan sistem automatic shiftronic 4 speed ect. 

Kehadiran dua macam sistem transmis ini akan semakin memudahkan konsumen dalam menentukan pilihan sesuai dengan selera masing-masing. 

Untuk mendukung kemampuan mesin yang dimilikinya ini, Hyundai mendesain tangki bahan bakar berkapasitas 45 liter sehingga akan memberikan cukup bahan bakar selama menempuh perjalanan jauh.

Secara umum, spesifikasi mesin dari Hyundai i20 ini memang cukup mumpuni dan memiliki performa yang tangguh.

Fitur Penunjang Keselamatan dan Kenyamanan Hyundai i20

Pada pembahasan selanjutnya tim Garasiotomania akan mengulas mengenai fitur penunjang yang dimiliki oleh Hyundai i20. 

Sebagai mobil tipe medium hatchback tentunya mobil ini memiliki fitur penunjang yang lengkap. 

Pada bagian fitur keamanannya, mobil Hyundai i20 telah memiliki fitur pengereman hidrolik yang dipadukan dengan sistem ABS untuk mencegah ban terkunci saat dilakukan pengereman mendadak. 

Dengan digunakannya fitur ini pada sektor pengereman, pengemudi bisa mengendalikan Hyundai i20 secara lebih mudah. 

Sementara untuk fitur penunjang keamanan lainnya Hyundai i20 juga memiliki Air bags untuk mencegah cidera berat jika sewaktu – waktur terjadi kecelakaan. 

Fitur Hyundai i20
Fitur Hyundai i20
Pada bagian kemudi sendiri digunakan airbag yang dipadukan dengan FRT Impact sensor sehingga akan bekerja lebih optimal.

Tetapi untuk bagian penumpangnya masih digunakan air bags tipe standar saja. 

Beralih ke segmen hiburan, mobil Hyundai i20 ini memiliki teknologi audio yang disematkan secara rapi didashboard mobil. Sistem audio ini didukung dengan fitur pemutar DVD, CD dan pemutar music. 

Pada bagian ini anda juga bisa mengecas smartphone anda. Untuk bagian hiburan ini Hyundai i20 memiliki fitur yang lumayan komplit.

Review Hyundai i20

Berikut ini kami juga menyajikan review Hyundai i20 dalam bentuk video, namun jika anda kurang menyukai tayangan ini, ana bisa melanjutkan membaca.

Kelebihan Hyundai i20

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh mobil Hyundai i20.
  1. Memiliki tampilan yang menawan
  2. Ruang interior yang super lega
  3. Mesin yang digunakan memiliki tenaga yang mumpuni
  4. Ground Clearance yang tinggi sehingga bisa menerjang medan kurang bersahabat
  5. Fitur keselamatan mumpuni

 Masalah (kelemahan) Hyundai i20

Tidak mungkin jika sebuah mobil hadir tanpa memiliki kekuranganan. Pada mobil Hyundai i20 versi yang dulu, ada beberpa pemiliknya mengeluhkan masalah yang dimiliki oleh Hyundai i20. Nah, berikut ini kami merangkum, masalah yang dimiliki oleh Hyundai i20
  1. Masalah pertama yang dikeluhkan adalah berkaitan dengan pemindahan transmisi mobil. Jadi begini, saat mobil ini berada pada posisi gigi 1 ataupun gigi 2 mobil ini akan terasa kurang stabil tarikannya. Kira-kira saat anda menjalankan mobil ini dengan kecepatan 15 km/jam maka mobil akan terasa ndut-ndutan seperti mobil yang dikendarai oleh amatir.
  2. Masalah kedua yang sering dikeluhkan adalah saat, pengendara ingin menyalip, saat ingin menyalip anda harus melepaskan pedal gasnya terlebih dahulu, jika tidak tenaga dari mobil Hyundai i20 ini tidak akan keluar.
  3. Yang ketiga, banyak juga yang menyatakan bahwa jika mesin dalam keadaan hidup dan idle AC tidak menyala maka mesin menjadi tidak stabil sehingga rpmnya menjadi naik turun.

Rangkuman Spesifikasi Hyundai i20

Mesin
  • Type Mesin yang digunakan 1.4 L, CVVT, 16 valve
  • Kapasitas Silinder yang dimiliki 1.396 cc
  • Daya Maksimum mencapai 100 PS / 5.500 rpm
  • Torsi Maksimum mencapai 13.9 kg.m / 4.200 rpm
  • Jumlah silinder : 4 silinder
  • Jumlah Katup yang dipakai mencapai 16 katup
  • Type Transmisi : 4 percepatan AT Shiftronic dan 6 percepatan manual
  • Jenis Bahan Bakar yang dipakai adalah Bensin
Dimensi
  • Panjang mobil adalah 3,940 mm
  • Lebar mobil adalah 1.710 mm
  • Tinggi mobil adalah 1.691 mm
  • Jarak Poros Roda mobil adalah 2.570 mm
  • Tinggi Roda Depan mobil adalah 1.506 mm
  • Tinggi Roda Belakang mobil adalah 1.511 mm
  • Ground Clearance mobil adalah 785 mm
  • Kapasitas Tangki bahan bakar mencapai 45 liter
  • Kapasitas Kargo mobil adalah1505 L
  • Berat Kosong mobil adalah1.505 kg
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Menggunakan Sistem Suspensi Depan tipe MacPherson
  • Menggunakan Sistem Suspensi Belakang tipe Torsion Beam
  • Menggunakan Sistem Pengereman Depan tipe Ventilated Disc
  • Menggunakan Sistem Pengereman Belakang tipe Disc
  • Ukuran Roda yang digunakan 205 / 50 / R16
  • Ukuran Ban yang dipakai 205 / 50 / R16

Harga Hyundai I20 Versi Terbaru

Pada pembahasan yang terakhir ini tim Garasi oto Mania akan menyampaikan mengenai Harga Hyundai i20. 

Setelah mengetahui segala spesifikasi yang diusung oleh mobil Hyundai i20 tentunya belum lengkap jika kita tidak mengulas mengenai harga mobil Hyundai i20 ini. 

Tentunya Harga Mobil Hyundai i20 akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang dimilikinya. Sebelum membahas lebih lanjut mengai Harga Hyundai i20, seperti biasa kami akan menyampaikan sedikit rangkuman mengenai spesifikasi Hyundai i20. 

Datang dengan konsep yang lebih baru dari versi sebelumnya, Hyundai i20 terbaru nampak lebih besar dari sebelumnya. 

Tampilan dari Hyundai i20 ini terlihat begitu keren, dengan tampilan interior yang ergonomis. Namun demikian Hyundai i20 tetap memiliki ruang kabin yang luas. 

Mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang yang mumpuni. 

Pada bagian pengeremannya, Hyundai i20 telah dilengkapi dengan sistem ABS yang akan mencegah menguncinya ban saat direm secara mendadak. 

Selain itu mobil ini juga sudah memiliki fitur air bags di ruang kabinnya. 

Untuk ruang dapur pacunya digunakan mesin berkapasitas 1368 cc yang mampu menghasilkan tenga hingga mencapai 100 ps. 

Tenaga ini tentunya sangat mumpuni apalagi jika didukung dengan kapasitas penyimpanan bahan bakar yang mencapai 45 liter. Lantas dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya ini, berapakah harga yang dibandrolkan untuk mobil ini?

Sebelumnya sudah kami sampaikan bahwa di Indonesia hanya ada satu jenis saja, sehingga pembahasan spesifikasi maupun harganya pun juga akan melingkupi satu jenis mobil saja. 

Tetapi jika kita ingat lagi bahwa Hyundai i20 yang ada di Indonesia juga ditawarkan dalam dua pilihan sistem transmisi, tentunya harga Hyundai i20 juga menjadi dua macam. 

Kabarnya harga Hyundai i20 ini akan dibandrol dengan harga di atas 200 jutaan. Pada mobil Hyundai i20 yang menggunakan sistem transmisi manual 6 percepatan memiliki harga mencapai 249 juta. 

Sedangkan untuk mobil Hyundai i20 yang menggunakan sistem trasmisi otomatis 4 percepatan akan dihargai mencapai 263 juta rupiah.
Harga Hyundai i20 M/T
  • Rp. 249.000.000,-
Harga Hyundai i20 A/T
  • Rp. 264.000.000,-

Perlu kami sampaikan untuk anda bahwa Harga Mobil Hyundai i20 yang kami sampaikan di atas merupakan harga On The Road untuk wilayah Jakarta, sehingga harga ini nantinya akan mengalami sedikit perubahan jika anda membelinya di daerah lain. 

Kehairan mobil Hyundai i20 ini dipasaran mobil medium hatchback diprediksi akan menbawa angina segar bagi para pencinta otomotif. 

Jika pasr mobil middle hatchback sebelumnya dikuasai oleh mobil-mobil produksi Jepang, kemungkinan hal ini akan bergeser dan digantikan oleh mobil buatan Korea ini. 

Apalagi mengingat spesifikasi dan Harga Hyundai i20 yang cukup mumpuni. Namun sepertinya Hyundai i20 ini nantinya akan bersaing dengan sangat sengit melawan Honda Jazz yang telah melalang buana di dunia otomotif nasional. 

Selain itu keberadaan Honda Jazz sepertinya juga sangat diminati oleh masyarakat. Kira-kira bagaimana ya persaingan di antara keduannya? Kita tunggu saja sampai persaingan ini benar-benar di mulai. 

Nah, demikian tadi pembahasan kami mengenai spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan harga Hyundai i20, semoga bisa bermanfaat untuk anda. 

Oh ya.. mungkin anda juga bisa membandingkan spesifikasi Hyundai i20 ini dengan artikel kami mengenai Honda Jazz ataupun dengan saudaranya yaitu Hyundai Santa Fe.

Kupas Tuntas Spesifikasi dan Harga Hyundai i20 Terbaru 2017 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania