Harga Mazda CX 3 Indonesia Terbaru dan Spesifikasi kelebihan Kekurangannya

Harga Mazda 3 – Mazda 3 hadir dengan begitu banyak Spesifikasi kelebihan, namun tetap memiliki kekurangan pula. Sebagai salah satu perusahaan mobil kawakan, Mazda sepertinya masih tetap teropsesi untuk mengusung konsep kendaraan fun to drive. 

Konsep ini selalu disematkan pada setiap mobil yang diproduksinya. Dengan digunakannya konsep ini, Mazda berusaha untuk bisa memberikan kenyamanan dan hiburan yang memuaskan untuk para pengendaranya. Begitu pula dengan Mazda 3 kali ini. 

Sebelumnya, Mazda telah berhasil sukses dalam mendapatkan gelar Japan Car The Year di tahun 2014/2015 melalui mobil Mazda 2 nya. 

Nah, kemudian tidak selang beberapa lama, Mazda kembali membuat gebrakan melalui ajang Loz Angles Auto show tahun 2014 dengan menghadirkan empat mobil andalannya yaitu Mazda CX-5, Mazda4, Mazda 2 dan juga mazda CX-3.

Mazda 3 didesain dengan tetap mempertahankan konsep kodo Soul of Motion design dengan menekankan pada perbedaan lampu yang lebih terlihat tajam sehingga terlihat lebih mirip Audi Q3 versi Faceliftnya. 

Tampilan Mobil Mazda 3
Tampilan Mobil Mazda 3

Banyak yang mengatakan bahwa mobil Mazda Cx3 ini memiliki penampilan yang mirip dengan mobil pendahulunya yaitu Mazda 2, tetapi jika dicermati ternyata Mazda CX-3 ini tidak memiliki desain siluet yang merupakan cirikhas yang dimiliki oleh mobil Mazda 2 tipe Sky Active. 

Tentunya tampilan dari mazda 3 ini memang begitu menarik, sehingga digadang-gadang akan menjdai salah satu competitor terbaik bagi perusahaan-perusahaan mobil lainnya. 

Untuk masalah ukuran, memang mobil Mazda 3 ini tidak lah sebesar mobil Mazda CX-5 malahan jika dibandingkan ukuran mobil Mazda CX-3 ini akan lebih mirip dengan mobil Honda HR-V. 

Sebelumnya kami telah memabahas mengenai Spesifikasi mobil Mazda CX-5 dan Mobil Honda HR-V. Anda bisa membacanya pada artikel



Namun, walaupun ukuran mazda 3 tidak sebesar mobil Mazda CX-5, penampilan dari mobil Mazda 3 ini terlihat lebih mirip dengan mobil Mazda CX-5. 

Apalagi jika kita melihat penampilan luarnya. Sedangkan untuk tampilan interiornya, mobil Mazda 3 terlihat lebih mirip dengan mobil Mazda 2.

Secara umum memang bisa dikatakan bahwa mobil mazda 3 merupakan perpaduan antara mazda 2 dan mobil Mazda CX-5. 

Tambahan informasi untuk anda bahwa, mobil Mazda 3 juga memiliki nama lain yaitu mobil Mazda Axela. Kehadiran, Mazda 3 sendiri sebenarnya membawa keutungan yang besar pada perusahaan asal negeri sakura ini. 

Tampak Belakang Mazda CX-3
Tampak Belakang Mazda CX-3
Kabarnya, Mazda 3 memberikan angka mencapai 30% dari total penjualan Mazda secara global. 

Mobil ini dihadirkan dalam dua pilihan yaitu tipe sedan dan juga tipe hatchback, sehingga akan lebih mempermudah konsumen untuk menentukan mobil kesukaannya.

Dari segi perjalanan, mobil Mazda CX-3 ini akan sangat sesuai di lintasan On Road baik itu untuk menempuh perjalanan antar kota maupun perjalanan dalam kota. 

Banyak yang berpendapat jika mobil ini sengaja di buat untuk bisa bersaing melawah mobil Nisan Juke dan juga Honda HR-V. Lalu seperti apa sebenarnya spesifikasi yang dimiliki oleh Mobil Mazda CX-3 ini? 

Dan berapakah harga yang dibandrolkan untuk mobil ini? Mari kita simak secara lebih lengkapnya pada uraian berikut ini.
Spesifikasi Mazda 3 Hatchback Indonesia

Tampilan Eksterior Mazda CX-3

Untuk pemabahsan yang pertama, kita akan menilik pada bagain eksterior dari mobil Mazda CX-3.

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa tampilan dari mobil ini cukup mirip dengan pendahulunya yatu mobil Mazda 2. 

Perbedaanya terletak pada pengadaan fitur yang lebih disiapkan untuk melawan kondisi yang ekstreem sekalipun. 

Salah satu contohnya adalah adanya lubang udara yang diletakkan lebih tinggi dari biasanya sehingga akan lebih tetap wanteg saat diguakan melewati banjir sekalipun. 

Eksterior Mazda 3
Eksterior Mazda 3
Kemudiann untuk lampu utamanya didesain terlihat sipit sehingga terlihat lebih garang. Begitu pula dengan foglampnya, yang juga terlihat sipit seakan-akan mobil ini siap untuk digunakan berkendara dalam kecepatan tinggi.

Tampilan dari Mazda CX-3 ini terlihat semakin gagah dengan adanya front grill menarik yang berpadu dengan aksen berwarna krom yang mewah. 

Pada bagian tengah grill depannya juga diletakkan emblem Mazda sehingga semakin meunjukkan identitasnya. 

Jarak pijak yang dimiliki oleh mobil Mazda 3 juga lumayan tinggi sehingga akan tetap nyaman jika digunakan untuk melibas jalanan offroad.

Lalu pada bagian badan bawahnya dilindugi dengan bahan plastic yang akan mencegah terjadinya gesekan dengan batuan yang mungkin saja terlepar saat mobil berjalan melewati medan bebatu. 

Eksterior Mazda CX-3
Eksterior Mazda CX-3
Tidak hanya melindungi body mobil saja, bahan plastic ini juga terlihat begitu sesuai dengan desain bodynya sehingga akan terlihat lebih sporti.

Kemudian pada bagian belakangnya digunakan desain lampu LED yang sipit sehingga menambah kesan mobil berkecepatan tinggi. 

Di bagian belakang ini juga digunakan spoiler yang multifungsi yaitu untuk melindungi pengendara dari sinar matahari serta memberikan desain yang lebih aerodinamis sehingga mobil akan lebih mudah menerjang angin saat melaju dalam kecepatan tinggi. 

Tidak hanya itu, tampilan spoiler yang manis juga menambah keindahan dari Mazda 3 ini.

Bagian belakang mobil juga miliki tampilan sirip hiu yang mirip dengan kepunyaan mobil Honda HR-V.

 Kemudian untuk bumpernya didesain cukup tinggi dnegna warna hitam dop yang membuatnya menjadi lebih macho.

Di bagian atapnya terdapat lekukan-lekukan dengan penampilan minim sudut yang membuat mobil Mazda 3 menjdai lebih aerodinamis karena mampu mengalirkan udara secara lebih efisien. 

Dengan demikian mobil Mazda 3 akan tetap memiliki kestabilan ekstra saat digunakan untuk melaju kencang.

Interior Mazda CX-3

Di pembahasan yang kedua, tim GarasiOtoMania akan mengajak anda untuk memasuki ruang kabin Mazda 3. 

Setelah memabahas mengenai tampilan luar dari Mazda CX-3 apakah anda bisa menebak bagaimana tampilan dalamnya? 

Oke langsung saja kita mulai. Pada bagian interior Mazda 3, kita akan menjumpai tampilan yang begitu menarik dan juga futuristic. 

Ruang interior Mazda 3 ini memiliki perpaduan teknologi yang mumpuni dan desain interior yang terlihat begitu elegan. 

Saat pertama kali memasuki ruang interiornya, fitur yang paling mencolok adalalah bagian layar Led yang bisa dilipat pada bagian tenagah dashboard mobil. 

Interior Mazda 3
Interior Mazda 3
 Layar ini memiliki beberapa fungsi misalnya adalah untuk memantau komunikasi tentunya dengan dihubungkan dengan smart phone anda. 

Penampilan ruang kemudi dari Mazda 3 terlihat seperti kokpit pesawat dengan bebagai konsol yang dimilikinya. 

Fitur-fitur pendukung yang dimiliki oleh mobil ini diletakkan secara kompak sehingga menimbulkan kesan mewah yang tinggi.

Kemudian pada bagian stirnya terdapat beberapa fitur pendukung seperti adanya switch audio, dan juga switch telepon. 

Lalu terdapat juga dua tuas transmisi yang mengindikasikan bahwa Mazda 3 menganut system trasmisi padleshit yaitu system trasmisi matik tetapi dapat berubah ke system trasmisi manual. 

Interior Mazda CX 3
Interior Mazda CX 3
Sistem transmisi ini mengadopsi dari mobil balam F1 yang awal mulanya berfungsi agar bisa membuat mesin lebih responsive.

Kemudian di bagian jok mobil nya juga terlihat begitu stylish dan juga elgan. Jok ini menggunakan balutan busa tebal dan lapisan berbahan baku kulit berkualitas tinggi. 

Dengan demikian tampilan interior Mazda 3 menjdai semakin terlihat mewah. Dari segi kenyamanan, jok ini bisa diatur untuk dimundurkan maupun dimajukan dalam jarak 26 cm. Bahkan stir kemudi pun bisa dinaikkan dan diturunkan.

Dimensi Mobil Mazda CX-3

Setelah membahas mengenati tampilan interior dan eksteriornya, kini kita akan sedikit mengulas mengenai ukuran matematis dari mobil Mazda CX 3 ini. 

Secara umum, ukuran dari Mazda 3 ini memang hampir sama dengan mobil Honda HRV. Yah, karena keudanya memang memiliki tipe yang sama sebagai mobil hatchback. 

Oke langsung saja. Ukuran panjang dari mobil Mazda CX-3 mencapai 4.275mili meter.

Dimensi Mobil Mazda 3
Dimensi Mobil Mazda 3
 Ukuran ini cukup panjang sehingga akan memberikan ruang kabin yang cukup lega sebagai sebuah mobil. Sementara untuk lebarnya, Mazda 3 memiliki lebar mencapai 1.765 mili meter. 

Sementara untuk tingginya juga cukup mumpuni yaitu mencapai 1.535 mili meter. Dengan ukuran dimensi ini mobil mazda 3 akan memiliki kapasitas ruang yang mumpuni untuk menampung hingga 5 orang penumpang. 

Selain itu Mazda 3 juga didukung dengan ukuran ground clearance yang cukup tinggi yaitu mencapai 165 mili meter. Lalu jarak antar rodanya mencapai 2830 mili meter. 

Dalam keadaan kosong mobil ini memiliki kapasitas mencapai 1498 kilo gram.

Sistem Suspensi dan Kaki-Kaki Mazda CX-3

Selanjutnya tim GarasiOtoMania akan membahas mengenai system suspense dan kaki-kaki yang digunakan oleh mobil Mazda 3. 

Pada bagian depannya, Mazda memilih untuk menggunakan system suspense SKYACTIV CHASSIS independent Mac Pherson Struts yaitu salah satu system suspense yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan mobil untuk mobilnya. 

Lalu pada bagian belakang digunakan system suspense independent multi link. 

Sistem suspense ini sengaja dipilih untuk mengimbangi kecepatan yang dimiliki oleh mobil mazda 3 ini. 

Sebelumnya, system suspense ini telah teruji kekokohannya pada mobil Mazda 6 sehingga sepertinya sudah tidak ada lagi keraguan dalam pemakainannya.

Sistem Suspensi Mazda 3
Sistem Suspensi Mazda 3
Lalu pada bagian kaki-kaki ini juga didukung dengan  system  pengereman Ventilated disc pada bagian depannya. Lalu untuk system pengereman bagian belakang digunakan Solid Disc. 

Kedua system pengereman ini dirasa akan mampu untuk menghentikan mobil secara maksimal. Selain itu pada system pengereman juga telah ditambahkan fitur penunjang Anti lock brake system (ABS) yang dikombinasikan dengan electronic brakeforce distribution and brake assist. 

Dengan adanya fitur penunjang ini pengerman akan lebih maksimal dan akan mengurangi risiko ban terkunci saat dilakukan pengereman secara mendadak.

Mesin Mazda CX-3

Pada sesi ini kita akan membahas mengentai dapur pacu yang digunakan oleh mobil Mazda CX-3. Untuk bagian dapur pacunya ini, Mazda 3 menggunakan mesin yang cukup mumpuni. 

Mesin yang digunakan memiliki kapasitas mencapai 2000 cc dengan 4 silinder. 

Mesin yang digunakan adalah tipe Skyactive G 2000 cc yang mampu memberikan tenaga hingga mencapai 118 dk pada putaran 6000 rpm. 

Mesin Mobil Mazda 3
Mesin Mobil Mazda 3
Tenaga yang dimilikinya ini disalurkan menggunakan system transmisi otomatis dan manual. Lalu mesin ini menggunakan angka perbandingan kompresi 14.8 : 1

Mesin ini juga didukung dengan penggunaan ruang bahan bakar berkapasitas 62 liter. Dengan kapasitas ini selain dirasa paling sesuai untuk sebuah mobil crossover, performa dari mesin mobil pun akan bisa dikeluarkan secara lebih maksimal. 

Bahkan tak sedikit yang berpendapat bahwa mobil ini memiliki mesin yang sempurna karena memiliki kapasitas mesin tinggi dan tenaga yang mumpuni serta akselerasi yang baik.

Fitur Penunjang Mobil Mazda 3

Saatnya kita beralih ke bagian fitur penunjang yang dimiliki oleh mobil Mazda CX-3. 

Selain berbagai kelebihan yang telah disebutkan sebelumnya, tentunya Mazda 3 juga dihadirkan dengan fitur penunjang yang mumpuni. 

Beberapa fitur penunjang keselamatan yang dimiliki oleh mobil Mazda CX 3 diantaranya adalah fitur Antilock brake System atau ABS yang akan menghindarkan ban slip saat direm secara mendadak. 

Fitur Penunjang Mazda 3
Fitur Penunjang Mazda 3
Terdapat pula fitur keamanan standar seperti dual air bags yang akan melindungi pengendara jika sewaktu waktu terjadi benturan. Fitur ini akan secara otomatis mengembang sehingga cidera bisa dihindarkan.

 Lalu terdapat pula sensor parker untuk membantu pengemudi memarkirkkan mobil Mazda 3 ini. Tidak hanya itu mobil Mazda 3 juga sudah memiliki fitur immobilizer yang akan mencegah risiko pencurian mobil.

Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-3

Di bagian ini tim GarasiOtoMania akan sedikit mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mobil Mazda CX 3. 

Secara umum, Mazda 3 memang memiliki banyak kelebihan, hal ini bisa kita lihat mulai dari tampilannya yang berukuran mungil sehingga akan lebih mudah diajak untuk menerjang keramaian dan kemacetan kota-kota besar. 

Selain itu mobil ini juga memiliki groud clearace yang cukup tinggi sehingga akan memungkinkan untuk diajak jalan-jalan di medan off rad sekalipun. 

Tampilan dari Mazda 3 ini juga terlihat begitu tangguhh yang sangat sesuai untuk digunakan di medan Indonesia yang cenderung lebih menantang. Selain itu mobil ini akan tetap gagah saat dipakai di jalanan perkotaan.

 Berbagai variasi medan baik itu beraspalt, licin maupun tidak akan mampu dilibas secara baik oleh mobil ini.

Jika kita membandingkan mobil Mazda 3 ini dengan tipe mobil MPV maka kita akan mendapati kelebihan, bahwa mobil ini akan secara lebih luwes untuk digunakan menerjang lintasan yang lebih eksterem. 

Lalu jika dibandingkan dengan tipe mobil SUV maka kelebihan yang dimilikinya terletak pada penampilannya yang lebih sporty tidak seperti halnya mobil SUV yang biasanya menggunakan desain body yang bongsor. 

Untuk kekurangannya mobil ini memiliki kapasitas penumpang yang tidak terlalu banyak yaitu hanya mencapai 5 orang penumpang saja.

Review Mazda 3

Berikut ini kami juga menyiapkan video ulasan mengenai Mazda 3 untuk anda. Jika anda menyukai tayangan video silakan menyimak ulasan berikut ini. Namun jika tidak, anda bisa melanjutkan untuk membaca.


Rangkuman Spesifikasi Mazda CX-3

Eksterior
  • Memakai lampu utama halogen 
  • Menggunakan Daytime Run light
  • memakai body colored power side mirrors
  • trim beltline berwarna hitam
  • menggunakn rear window yang terintegrasi
  • Menggunakn grill depan matte-finish
Dimensi
  • Menggunakan velg berukuran 16 inchi
  • Ukuran ban yang digunakan P205/60R16
  • Whale Base berukuran 106.3 inchi
  • Ukuran lebar 180.3 inchi
  • Ukuran lebar 70.7 inchi
  • Tinggi 53.3 inchi
  • Jarak terendah dari tanah adalah 6.1 ichi
Mesin
  • Tipe mesin yang digunakan adalah SKYACTIV-G®20 2.0L DOHC 4-cylinder with VVT
  • Tenaga yang dihasilkan 155 tenaga kuda pada putaran 6000 rpm
  • Torsi maksimum yang dihasilkan mencapai 150 lb-ft pada putaran 4000 rpm
  • Ukuran broke x stroke mencapai 83.5 x 91.2 mili meter
  • Rasio mesin 13.0 : 1
  • Sistem penyupllai bahan bakar : Advanced Direct Injection
  • Tipe Blok mesin : Aluminum alloy
    Pengontrol emisi : Tier 2 Bin 5 / PZEV
    Silinder utama : Aluminum alloy
  • Penggerak : Front wheel drive (FWD)
    transmisi manual menggunakan SKYACTIV®20-MT 6-speed overdrive
  • Transmisi otomatis menggunakan SKYACTIV®20-DRIVE 6-speed automatic transmission with manual-shift mode
  • Sistem transmisi otomatis 6 percepatan denga pola
    1st 3.552
    2nd 2.022
    3rd 1.452
    4th 1.000
    5th 0.708
    6th 0.599
    Reverse 3.893
    Final Drive 3.591
  • Sistem Percepatan manual 6 percepatan dengan pola
    1st 3.363
    2nd 1.947
    3rd 1.300
    4th 1.029
    5th 0.837
    6th 0.680
    Reverse 3.385
    Final Drive 3.850
Interior
  • AC dengan filter pllen 
  • Menggunakan power windows
  • Memiliki power door lock 
  • Memiliki remot pembuka tutup tangki bahan bakar
  • Memiliki remot keyless entry
  • Fitur tombol utuk menghidupkan mesin
  • Telescopic steering column,
  • Rear window
  • Dual map light.
Fitur Keamanan
  • Fitur Immobilizer anti maling
  • Keyless entery remote
  • kunci pintu otomatis
  • Tire Pressure mobitoring system
  • rear child saftet door lock
  • upper tethers
Fitur Keselamatan
  • ABS+EBD
  • weight sensors
  • Dynmaic Stability Control
  • Advanced dual front air bags with crash-zone & passenger
  • SKYACTIV
  • Collapsible steering column
  • Front safety-belt pretensioners with force limiters
  • Whiplash-reducing front seat headrests
  • Foldaway brake pedal assembly

Harga Mazda CX3

Akhirnya kita sampai pada pembahasan mengenai harga mobil Mazda 3. Tentunya harga mobil akan sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang diusungnya. 

Nah, sebelum membahas secara lebih lanjut mengenai bandrolan Harga Mazda3, tim GarasiOtoMania seperti biasa akan memberikan garis bawah pada spesifikasi yang diusung oleh Mazda 3. 

Mobil Mazda 3 memiliki penampilan luar yang mirip dengan mobil Mazda CX 5 namun untuk bagian interiornya cenderung lebih mirip ke mobil Mazda2. 

Baik tampilan interior maupun eksteriornya terlihat begitu menawan khas mobil hatchback. 

Untuk fitur penunjangnya, Mazda 3 memiliki fitur penunjang yang cukup mumpuni mulai dari fitur ABS yang akan membantu pengereman hingga fitur immobilizer yang akan mengurangi risiko kemalingan. 

Untuk mesinnya, digunakan mesin berkapasitas 2000 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga mecapai 118 dk. Lalu dibagian kaki-kakinya pun digunakan system pengereman dan system suspensi yang mumpuni.

Dengan Spesifikasi yang seperti ini, kira-kira berapakah harga yang di bandrolkan untuk mobil Mazda 3 ini? Berdasarkan informasi yang kami peroleh harga dari mobil Mazda 3 adalah sebagai berikut. 

Harga Mobil Mazda 3 –  Rp 255.000.000,-

Perlu anda ketahui bahwa harga yang kami tuliskan ini adalah harga OTR untuk wilayah Jakarta, sehingga akan mengalami sedikit perbedaan jika anda membelinya di daerah lain. 

Harga yang ditawarkan ini kami rasa sudah sesuai dengan spesifikasi yang dimilikinya, sehingga jika anda berminat dengan mobil ini tidak perlu khawatir lagi. 

Namun jika anda ingin lebih yakin lagi mengenai mobil Mazda 3 sebaiknya anda mengunjungi dealer Mazda terdekat untuk melakukan test drive. 

Demikian tadi ulasan kami mengenai Spesifikasi, Kelebihan, Kekurangan dan Harga mobil Mazda 3, semoga dapat bermanfaat untuk anda sekalian. 

Jangan lupa untuk membaca ulasan kami lainnya mengenai Mazda CX-9 dan Mazda Lantis

Harga Mazda CX 3 Indonesia Terbaru dan Spesifikasi kelebihan Kekurangannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania