Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan

Harga Hyundai Eon | Hyundai Eon adalah salah satu mobil murah Hyundai yang hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni. Mobil ini hadir dengan berbagai kelebihan namun tetap saja memiliki beberapa kekurangan.

Hyundai Eon merupakan salah satu mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC). Di India mobil ini telah diperjual belikan dengan harga mulai dari 2.5 Lakhs Rupe atau setara dengan 46 juta rupiah untuk mobil versi yang tidak menggunakan power steering.

Sebagai tambahan informasi untuk anda bahwa di Indonesia sendiri, peraturan mengenai mobil murah dan ramah lingungan (LCGC) sebenarnya belum jelas.

 Namun, kasak-kusuk mengenai mobil ini telah menjadikan prusahaan-perusahaan mobil untuk mulai memproduksi secara masal mobil-mobil LCGC ini.

Hyundai Eon Terbaru
Hyundai Eon Terbaru
Saat ini mobil-mobil tipe LCGC ini telah banyak beredar, misalnya mobil kembar Toyota Agya dan Daihatsu Alya, terdapat pula Suzuki Wagon maupun Honda Brio.

Mobil-mobil ini telah banyak menarik perhatian para pecinta otomotif terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana.

Nah menanggapi hal ini, Hyundai pun tidak ingin ketinggalan. Demam mobil LCGC, mengarahkan Hyundai untuk menciptakan mobil tipe LCGC yang berkualitas namun tetap memiliki harga yang murah. 

Nama Hyundai Eon dipilih untuk mewakili mobil LCGC yang digadang-gadang oleh hyundai untuk menguasai pasar LCGC di Indonesia.


Sebelumnya, mobil ini telah berhasil menjadi salah satu penguasa pasar di India. Sementara yang menjadi saingannya untuk saat ini adalah Datsun Go dan juga Suzuki Alto. 

Sebagai mobil murah, tentunya Hyundai Eon sekarang ini sudah banyak dimiliki oleh pecinta otomotif. 

Mobil berukuran kecil mungil ini, dijejali dengan mesin berkapasitas mencapai 800 cc dan memiliki tiga silinder. 

Dengan mesin yang seperti ini, kabarnya Hyundai Eon akan memiliki tenaga mencapai 50 Hp.

Sedangkan untuk tampilannya, Hyundai Eon didesain secara rapi dengan kesan sporty yang lebih ditonjolkan. 

Secara umum, tampilan dan ukuran Hyundai Eon akan sangat cocok digunakan di daerah-daerah perkotaan yang memiliki trafik kendaraan padat.

Tampilan luar ini juga didukung dengan kondisi interior yang sengaja di desain memiliki dua warna dominan. 

Kehadiran dua warna dominan ini, semakin meningkatkan kesan modern yang dimiliki oleh Hyundai Eon. 

Sedangkan untuk fitur penunjangnya Hyundai Eon juda sudah dilengkapi dengan Air Bag yang akan mengembang secara otomatis jika sewaktu-waktu terjadi benturan. 

Untuk fitur-fitur yang lain terdapat power steering, power window, kunci sentral dan beberapa fitur penunjang lainnya.

Sebenarnya bagaimanakah spesifikasi Hyundai Eon secara lebih lengkapnya? 

Berapa pula Harga Hyundai Eon ini? Untuk menjawab pertanyaan anda ini, tim GarasiOtoMania telah menyiapkan pembahasan secara lengkap untuk anda. 

Langsung saja kita simak bersama ulasan lengkap mengenai Hyundai Eon

Spesifikasi Hyundai Eon

Eksterior Hyundai Eon

Pada pembahasan Spesifikasi Hyundai Eon yang pertama, tim GarasiOtoMania akan mengajak anda untuk menilik tampilan luar dari Hyundai Eon. 

Di bagian luarnya ini, Hyundai memiliki tampilan yang begitu spory dan modern.

Pada bagian fascianya, Hyundai Eon didesain secara sporty. Lampu utamanya dibuat meruncing kebelakang sehingga menambah kesan tajam pada bagian depannya. 

Di bagian tengahnya terdapat emblem berbentuk lambang Hyundai untuk mempertegas identitas dari mobil ini. 

Emblem ini berada di antara garis yang meruncing kebawah, membuat tampilan Hyundai Eon semakin menarik dipandang. 

Eksterior Hyundai Eon
Eksterior Hyundai Eon
Sedangkan untuk grill depannya dibuat berbentuk trapesium dengan garis garis tegas berwarna hitam.

Secara keseluruhan, Hyundai Eon mengadaptasi konsep desain Fluidic Sculpture yang dirancang di negara gingseng Korea Selatan. 

Desain ini memiliki ciri khusus berupa lekukan-lekukan body yang sangat cantik. 

Hal ini terlihat lebih jelas pada bagian samping mobil yang memiliki lekukan-lekukan aerodinamis keren.

Dua pintu pada bagian sampingnya didesain seolah-olah menyatu satu sama lain. 

Pada bagian samping ini juga sudah dilengkapi dengan lampu penerus sein sehingga jika mobil ini ingin berbelok, pengendara disampingnya akan mengetahuinya.

Selanjutnya kita beralih ke bagian belakangnya. Pada bagian belakang digunakkan kaca berbentuk setengah oval yang terbalik ke atas. 

Kemudian kaca ini disatukan dengan stop lamp yang disusun secara vertikal. 

Di bagian tengahnya terdapat emblem Hyundai yang diapit oleh tulisan Eon dan juga Hyundai untuk menunjukkan identitas mobil ini. 

Hyundai Eon tidak memiliki bumper besi, jadi bagian belakangnya terlihat lebih simpel dan sepi.

Interior Hyundai Eon

Setelah membahas mengenai tampilan eksterior dari Hyundai Eon, kini saatnya kita mengulas pada bagian inteiror Hyundai Eon. 

Seperti yang telah disinggung di bagian awal tadi bahwa Hyundai Eon memiliki tampilan Interior yang cukup modern. 

Kain mobil Hyundai Eon didesain menggunakan perpaduan dua warna primer yang membuatnya tampil semakin modern.  Dari segi fitur pun, Hyundai Eon juga termasuk cukup mumpuni. 

Mobil ini sudah dilengkapi dengan adanya Air bags yang akan melindungi penumpang dan pengemudi dari risiko cedera berat saat terjadi kecelakaan. 

Kabin Hyundai Eon
Kabin Hyundai Eon
Selain itu Hyundai Eon juga sudah memiliki kuci sentral, pwer windows,  dibagian depannya, dan juga memiliki power steering.

Ada banyak kabar yang menyebutkan bahwa kualitas interior Hyundai Eon tidak hanya unggul pada kelasnya saja, tetapi malah bisa disetarakan dengan mobil-mobil tipe hatchback yang ada diatasnya. 

Sebelumnya, tentunya anda sudah tahu bahwa melalui mobil Hyundai i10, Hyundai i20, dan Hyundai Grand Avega, Hyundai telah mendapatkan pengakuan sebagai salah satu mobil dengan interior terbaik. Kini, dengan mobil Hyundai Eon, gelar ini sukses dibawa kembali oleh Hyundai. 

Pengaturan interior ini, sangat diperhatikan oleh Hyundai. Mulai dari tongkat presneling yang didesain secara rapi dengan bungkusan yang cantik. 

Bagian tempat duduknya (jok) juga menggunakan bahan semi fabric berkualitas setidaknya untuk ukuran harga yang murah ini.

Desain jok mobil sengaja dibuat tetap rendah, meskipun ukuran dimensinya kini menjadi lebih tinggi. Hal ini memungkinkan para pengendaranya untuk keluar dan masuk secara lebih mudah. 

Untuk menyesuaikan dengan posisi jok mobil yang digunakan, dashboar yang digunakan juga dipasang secara lebih rendah sehingga para pengendara bisa mengakses fitur Hyundai Eon secara lebih mudah. 

Kemudian untuk stir nya digunakan stir 4 spoke dengan ukuran tebal dan nyaman sehingga menjadi lebih mudah untuk dipegang. 

Diameter stir Hyundai Eon pun sekarang menjadi lebih besar dan kemudian mendapatkan tilet adjustment yagn pertama pada kelas mobil ini.

Jok mobil pada bagian depannya dibuat sedikit lebih tipis sehingga akan sesuai untuk digunakan di daerah perkotaan, namun sepertinya akan kurang nyaman jika dipakai untuk bepergian jarak jauh. 

Jok mobil ini memiliki sandaran yang diletakkan secara pas, sehingga akan nyaman saat digunakan untuk menyandarkan kepala. 

Kemudian kenyamanan anda akan semakin meningkat dengan adanya pengatur penggeser jok berukuran panjang. 

Dengan adanya fitur ini, bahkan anda yang memiliki tinggi mencapai 2 meter pun akan tetap merasa nyaman untuk menggunakan jok mobil ini.

Jika anda mendorong jok mobil ini sampai ke belakang, maka pengemudi bisa meluruskan kakinya sehingga akan bisa merasa lebih nyaman. 

Interior Hyundai Eon
Interior Hyundai Eon
Selain itu jarak antara kepala dan atap juga cukup tinggi sehingga pengemudi akan merasa nyaman. 

Namun bagaimanapun juga mobil Hyundai Eon tetaplah mobil berukuran kecil. Sehingga jika anda memiliki postur tubuh yang besar ada kemungkinan antara pengemudi dan penumpang untuk bersentuhan bahu. 

Beralih ke bagian indikator, di sini anda akan menemui indikator yang menarik dan mudah untuk di baca. 

Penampilan dari indikator ini memberikan informasi yang cukup jelas sehingga mudah diakses siang ataupun malam. 

Mobil ini juga telah dilengkapi dengan fitur canggih gearshitf yaitu fitur yang akan memberikan rekomendasi, gigi berapa yang harus digunakan saat berkendara. 

Dengan adanya fitur ini, penggunaan bahan bakar akan menjadi lebih irit dan efisien.

Dimensi Hyundai Eon

Setelah membahas mengenai tampilan dalam dan luar dari Hyundai Eon, tim GarasiOtoMania akan mengajak anda untuk menilik pada ukuran dimensi yang diusung oleh Hyundai Eon. 

Karena ukuran dimensi ini, sering kali juga mempengaruhi Harga Hyundai Eon sendiri. 

Mengusung tampilan luar yang agresif dan tegas, Hyundai Eon memiliki ukuran yang cukup mungil. 

Tentunya karena mobil ini adalah salah satu tipe LCGC yang sudah dikhususkan untuk menerjang kemacetan-kemacetan kota-kota besar. 

Untuk ukurannya mobil ini sendiri memiliki ukuran yang tidak terlalu besar yaitu dengan panjang 3495 mili meter dan lebar mencapai 1550 mili meter. 

Dimensi Hyundai Eon
Dimensi Hyundai Eon
 Untuk tingginya, Hyundai Eon mengadopsi tinggi dari mobil-mobil tipe hatcback yaitu mencapai 1500 mili meter. Untuk wheel basenya mencapai 2380 mili meter. 

Sedangkan bobot mobil dalam keadaan kosong mencapai 772 kilo gram.

Dengan ukuran ini, tentu pengendara akan sangat mudah untuk mengajak Hyundai Eon bermanuver di daerah yang memiliki trafik kendaraan padat.

Kemudian pada bagian kaki-kakinya, Hyundai Eon dilengkapi kaki-kaki yang cukup mumpuni dengan spesifiasi sesuai dengan kelasnya. 

Pada bagian suspensinya, Hyundai Eon menggunakan sistem suspensi Torsion Beam Axle untuk bagian belakangnya. 

Sedangkan untuk sistem suspensi bagian depannya digunakan tipe MacPherson yang sudah terkenal dan banyak digunakan di mobil-mobil mewah sekalipun.  

Berlanjut ke bagian rodanya, Hyundai Eon menggunakan velg berukuran 13 inchi yang dibalur dengan ban berukuran 155/70/13. 

Sistem kaki-kaki ini juga didukung oleh fitur pengereman cakram berpadu ABS pada bagian depan dan rem tromol pada bagian belakangnya.

Mesin Hyundai Eon

Selanjutnya kita beralih pada bagian mesin mobil yang digunakan oleh Hyundai Eon. Pada bagian awal sudah sedikit disinggung mengenai dapur pacu yang ada pada mobil ini. 

Untuk masalah mesin ini, Hyundai telah memilih untuk menggunakan mesin dengan tiga silinder/valves dan juga silinder tunggal overhead camshaft berkapasitas 814 cc untuk digunakan pada Hyundai Eon. 
Mesin Hyundai Eon
Mesin Hyundai Eon
 Mesin ini akan mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga mencapai 55 bhp pada putaran mesin mencapai 5500 rpm. 

Sedangkan untuk torsi maksimumnya adalah 75 Nm pada putaran 4000 rpm. Tenaga yang dimiliki oleh Hyundai Eon ini disalurkan melalu sistem transmisi 5 speed sehingga akan memperoleh akselerasi yang lebih optimal. 

Sebagai salah satu mobil tipe LCGC, Hyundai Eon hadir dalam dua pilihan tipe bahan bakar yaitu bahan bakar premium dan juga bahan bakar berupa LPG. 

Pada mobil Hyundai Eon tipe tertinggi, konsumsi bahan bakar nya bisa mencapai 21.1 km per liternya.

Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Eon

Di bagian ini, tim Garasi Oto Mania telah merangkum kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Hyundai Eon. 

Kelebihan dan kekurangan Hyundai Eon ini kami dasarkan pada ulasan sebelumnya yang telah mengulik pada setiap bagiannya. 

Nah, berikut adalah kelebiahan dan kekurangan yang dimiliki oleh Hyundai Eon.

Kelebihan Hyundai Eon

  1. Tampilan inteiror yang mumpuni
  2. Pengaturan jok maksimal sehingga sangat menyamankan para penumpang
  3. Telah memiliki fitur penunjang keselamatan standar
  4. Harga murah dan terjangkau
  5. Kualitas mumpuni sebagai mobil LCGC
  6. Memiliki fitur gearshif yang akan membantu memilih gigi yang sesuai saat berkendara
  7. Hadir dalam dua pilihan bahan bakar yaitu Bensin dan LPG

Kekurangan Hyundai Eon

  1. Ukuran mobil yang terlalu kecil
  2. Belum memiliki tachometer bahkan untuk versi tertingginya
  3. Memiliki keterbatasan karena masih berada pada level mobil LCGC
  4. Kabin mobil yang sempit
  5. Tenaga tidak terlalu besar

Review Hyundai Eon

Berikut ini kami siapkan juga video, pembahasan tampilan interior dan eksterior reviw Hyundai Eon, anda bisa menontonnya. 


Rangkuman Spesifikasi Hyundai Eon

Pada bagian ini, kami membuat sedikit rangkuman mengenai spesifikasi Hyundai Eon untuk mempermudah anda mengetahui spesifikasi dari Hyundai Eon. Berikut adalah rangkumannya.

Mesin
  • Tenaga 55 (5500) bhp tiap rpm
  • Torsi 75 (4000) NM tiap rpm
  • Kpasitas mesin 0,8 liter
  • Tenaga / berat : 77 bhp / ton
  • Torsi tiap Berat : 105 Nm/ton
Dimensi
  • Panjang : 3495 mili meter
  • Lebar : 1550 mili meter
  • Tinggi : 1500 mili meter
  • Whell Base : 2380 mili meter
  • Ground Clerance : 170 mili meter
  • Kapasitas tempat duduk : 5
  • Kerb Wigt : 715 kilo gram
Kaki-Kaki
  • Velg : 13 inchi
  • Ban : 155/70/13
  • Rem depan : cakram dengan ABS
  • Rem belakang : tromol
  • Torsi depan : MacPherson
  • Torsi belakang : Torsion Beam axle

Harga Hyundai Eon

Sampailah kita pada pembahasan terakhir mengenai harga mobil. Membahas mengenai harga mobil, tentu sangat dekat kaitannya dengan spesifikasi, kelebihan dan juga kekurangan yang dimiliki oleh mobil itu. 

Begitu pula saat kita akan membicarakan mengenai Harga Hyundai Eon. 

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya bahwa spesifikasi Hyundai Eon memang cukup mumpuni sebagai mobil tipe Low Cost Green Car (LCGC). 

Mobil ini berpenampilan modern nan sporty dengan ukuran yang agak mungil. Dari segi ukuran dan bentuk, Hyundai Eon sudah sangat sesuai sebagai mobil tipe LCGC.

 Lalu pada bagian interiornya, banyak yang menganggap bahwa tampilan interior Hyundai Eon adalah salah satu yang terbaik sebagai mobil LCGC. 

Pasalnya tampilan ini bahkan sudah mendekati mobil-mobil yang berada di atasnya seperti mobil Hyundai i10, Hyundai i20 ataupun Hyundai Grand Avega.

Untuk dapur pacunya, digunakan mesin dengan 3 silinder berkapasitas 814 cc yang akan mampu memberikan tenaga hingga mencapai 55 bhp. 

Tentunya ukuran tenaga ini sudah cukup mumpuni. Di bagian kaki-kakinya Hyundai Eon menggunakn velg berukuran 13 inchi yang didukung dengan sistem suspensi machperson pada bagian depannya. 

Secara umum, pada bagian kaki-kakinya sudah sangat baik apalagi didukung dengan adanya fitur ABS pada pengeremannnya. 

Lalu dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya ini, berapakah harga yang dibandrol untuk Hyundai Eon? 

Berdasarkan informasi yang diperoleh oleh tim GarasiOtoMania, harga Hyundai Eon terbilang cukup murah yaitu berada pada kisaran harga 50 hingga 60 jutaan saja. 

Harga Hyundai Eon D Lite - Rp 51 jutaan
Harga Hyundai Eon Sport  -  Rp 69, 8 jutaan

Sebagai tambahan catatan untuk anda harga ini masih pada kisaran saja karena belum ada harga resmi dari Hyundai Indonesia mengenai Harga Hyundai Eon. 

 Namun, kiranya harga Hyundai Eon tidak akan meleset terlampau jauh dari kisaran ini. 

Sebagai mobil LCGC, sepertinya Hyundai Eon akan banyak menjawab tantangan yang selama ini muncul terutama pada bagian fitur penunjang dan tampilan inteiror yang disusung, namun tetap saja sebagai mobil dengan harga yang murah Hyundai Eon akan tetap memiliki kekurangan. 

Demikian tadi ulasan kami mengenai Spesifikasi, Kelebihan, dan kekurangan serta harga Hyundai Eon. Semoga ulasan kami ini dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari mobil murah. 

Jangan lewatkan untuk membaca ulasan kami mengenai mobil murah LCGC lainnya yaitu Toyota Agya dan Suzuki Karimun Wagon.

Harga Hyundai Eon, Spesifikasi Kelebihan dan Kekurangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania