Harga Nissan Nissan Murano Indonesia 2017 : Kelebihan dan Kekurangan

Harga Nissan Murano | Nissan Indonesia belum lama kembali meluncurkan produk andalannya yaitu Nissan Murano. 

Mobil yang berperawakan keren ini hadir sebagai salah satu pesaing berat dari Toyota Harrier. 

Hadir dengan berbagai kelebihan, bukan berarti Nissan Murano tidak memiliki kekurangan. 

Jika dilihat dari tampilannya baik interior maupun eksterior Nissan Murano bisa dikatakan cukup memesona. 

Berdasarkan sejarahnya, Nissan Murano pertama kali diperkenalkan tahun 2002. 

Mobil desainan Nissan Amerika ini pertama kali hadir di aspalt nusantara dengan pletform FF-L Nissan yang juga merupakan onderdil pada generasi ketiga Altima.

Kemudian pada tahun 2004 Nissan Murano mulai memasuki pasar Eropa walaupun masih dengan versi tunggal. 
Nissan Murano
Nissan Murano

Kala itu, Harga Nissan Murano termasuk dalam kategori sangat tinggi karena mobil ini merupakan salah satu jenis CBU. 

Mobil Nissan Murano juga merupakan salah satu tipe mobil SUV sehingga harganya pun berada pada kisaran di atas tiga ratus juga rupiah. 

Jika di amati secara lebih mendetail maka akan terlihat bahwa mobil ini nampak agak nyentrik walaupun tentu saja kesan keren tidak bisa dilepaskan dari mobil ini.

Dari segi dimensi mobil ini memiliki tampilan khas mobil mobil Amerika yang kebanyakan memang menganut aliran SUV. 

Walaupun sudah dipersiapkan untuk pasaran amerika dan Eropa, bukan berarti mobil ini tidak cocok untuk mengaspalt di Indonesia. 

Mobil ini tetap tangguh untuk menerjang berbagai medan yang ada di nusantara. 

Pada awalnya mobil ini kurang mendapatkan perhatian saat dipasarkan di Indonesia. Hal ini karena saat itu mobil Nissan Murano masih belum dipasarkan secara resmi. 

Harga yang dibadrolkan pun sangat mahal sedangkan harga jual kembalinya cukup rendah. Tentunya para pecinta otomotif berpikir dua kali sebelum membeli mobil karya Nissan ini. 

Oleh karena itu beberapa tahun terakhir Nissan memberikan berbagai trobosan termasuk peningkatan kualitas tampilan untuk menarik hati para konsumen. 

Sebagai mobil tipe CBU maka untuk urusan pajak akan sangat dipengaruhi oleh harga dollar di pasaran. 

Dengan demikian orang-orang yang memiliki mobil ini rata-rata adalah para kaum kelas atas yang mementingkan eksklusifitas tinggi.

Selain itu mobil ini juga cocok bagi mereka yang berjiwa petualang tinggi, pasalnya Nissan Murano dapat digeber di medan yang kurang rata sekalipun. 

Bodynya pun juga terlihat gahar dan penuh dengan kesan kuat serta tangguh. 

Sementara untuk kapasitas mobil ini memiliki ruang kabin yang mampu memuat lima orang penumpang sehingga cukup nyamanan untuk keluarga kecil anda. 

Bagaimana? Semakin penasaran dengan Nissan Murano? 

Tenang, pada kesempatan ini tim garasiOtoMania akan mengulas secara lengkap mengenai spesifikasi dan Harga Nissan Murano. Oke langsung saja kita simak reviewnya.

Desain Eksterior Nissan Murano

Pada pembahasan pertama tim GarasiOtoMania akan mengulas mengenai tampilan eksteiror dari Nissan Murano. 

Secara sekilas, tampilan Nissan Murano memang cukup berbeda dengan mobil-mobil tipe SUV pada umumnya. 

Mobil ini memadukan tampilan mobil Sport dan mobil SUV secara bersamaan. Tentu saja dengan proporsi yang pas sehingga menghasilkan tampilan yang begitu menawan. 

Pada bagian depan mobil ini mengusung desain yang cukup mirip dengan desain adiknya yaitu Nissan Juke. 

Terdapat bumper depan dengan ukuran besar yang menjadi salah satu cirikhasnya. 

Eksterior Nissan Murano
Eksterior Nissan Murano
Di bagian bawah bumpernya terdapat foglamp berbentuk bulat yang begitu menawan. Sementara di atasnya terdapat grill berbentuk setengah trapesium terbalik di bagian samping kanan dan kirinya. 

Di bagian tengah grill ini terdapat logo “Nissan” yang menunjukkan secara jelas identitasnya. 

Kemudian untuk lampunya ditempatkan di bagian samping kanan dan kiri depannya. Lampu ini didesain menyatu dengan lampu seinnya. B

entuknya yang memanjang ke belakang membuatnya tampil semakin menawan. 

Beralih ke bagian samping Nissan Murano, anda akan mendapati desain yang tidak terlalu neko-neko. Hanya terdapat buritan berupa garis lurus di bagian bawah mendekati rodanya. 

Velg roda yang digunakan terlihat begitu futuristik sehingga semakin menambah kesan kuat dan gagah. 

Sedangkan untuk tampilan kacanya didesain cukup unik dengan bentuk jajar genjang yang tidak teralalu tajam. 

Di bagian belakang anda akan mendapati penampilan yang tidak kalah menariknya. Stop lamp utama diletakkan pada bagian kanan dan kiri layaknya pada mobil-mobil SUV kelas atas lainnya.

Kualitas Interior Nissan Murano

Dari segi Eksterior kita sudah mengamati bersama bahwa mobil Nissan Murano memang terlihat begitu keren dan kuat. 

Harga Nissan Murano yang sangat mahal tentu tidak hanya dipengaruhi oleh tampilan luarnya saja tetapi juga kualitas interior yang diusungnya. 

Oleh karena itu mari kita bahas mengenai inteiror Nissan Murano. Walaupun dianggap sebagai pesaing terberat dari Toyota Harrier, namun mobil ini memiliki komponen interior yang cukup berbeda dengan Toyota Harrier. 

Interior Nissan Murano terlihat cukup netral dengan dominasi warna hitam dan abu-abu.

Interior Nissan Murano
Interior Nissan Murano
Perpaduan warna yang pas ini juga semakin menarik dengan adanya berbagai fitur penunjang unggulan Nissan. 

Di segmen hiburan terdapat audio sistem berkualitas tinggi dari BOSE yang pastinya tidak akan mengecewakan para penumpangnya. 

Tentu saja fitur audio ini juga didukung dengan perlengkapan lain seperti MP3, CD radio serta ada pula layar LCD berukuran 9 inchi. 

Kesemua fitur hiburan itu tersusun secara rapi di bagian dasboard Nissan Murano. 

Tidak ketinggalan di bagian dashboard ini juga dilengkapi dengan konsol AC yang akan memudahkan pengendara untuk mengatur suhu ruangan yang diinginkan.

Interior Nissan Murano terbilang cukup lega sehingga anda akan dapat membawa cukup banyak barang bawaan, apalagi ditambah dengan adanya bagasi untuk penyimpanan. 

Materiak yang digunakan pada bagian tempat duduk dan juga dashboarnya terlihat begitu berkualittas sehingga kesan mewah tergambar begitu jelas

Dimensi Nissan Murano

Setelah mengetahu mengenai desain tampilan inteiror dan eksterior dari Nissan Murano, seperti nya tidak lengkap jika kita tidak membahas mengenai ukuran dimensinya. 

Karena menjadi pesaing terberat dari Toyota Harrier maka ukuran mobil ini tidak beda jauh dari mobil andalan Toyota itu. 

Nissan Murano memiliki ukuan panjang mencapai 4860 mili meter dengan lebar 1885 mili meter dan tinggi mencapai 1730 mili meter. 

Ukuran ini memberikan kelonggaran pada bagian kabin yang diusungnya. Selain itu dengan ukuran yang seperti ini juga membuatnya terlihat begitu gagah dan kuat. 

Pada keadaan kosong Nissan Murano memiliki bobot mencapai 1885 kilo gram. 

Sedangkan dalam keadaan isi mobil ini dapat mecapai bobot hingga 1980 kilo gram. Nissan Murano mampu menampung hingga 5 orang dalam sekali jalan. 

Kapasitas ini cukup minimalis untuk sebuah mobil tipe SUV yang biasanya mampu menampung lebih banyak orang. 

Sebagai mobil SUV, Nissan Murano akan tetap nyaman saat digunakan melalui medan yang kurang rata sekalipun. 

Pasalnya mobil ini memiliki ground clearance yang lumayan tinggi yaitu mencapai 1830 mili meter. 

Namun karena ukuran Nissan Murano yang lumayan besar, anda membutuhkan ruang yang cukup lebar untuk memutarnya. Mobil ini memiliki radius putar minimum mencapai 4.9 meter.

Kemampuan Mesin Nissan Murano

Harga Nissan Murano tentunya juga akan sangat dipengaruhi oleh mesin yang digunakannya. Oleh karena itu, setelah mengulas berbagai tampilan yang dimilikinya kini saatnya kita untuk mengulik bagian dapur pacunya. 

Mesin yang digunakan oleh Nissan Murano adalah jenis 2.5 liter QR25DE dan jensi 3.5 liter VQ35DE yang keduanya berkapasitas cukup tinggi. 

Mesin Nissan Murano
Mesin Nissan Murano
Dengan mesin berkpasitas tinggi ini Nissan Murano mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 180 tenaga kuda pada putaran 6000 rpm (2.5) dan 245 Tenaga kuda pada putaran 5.800 rpm. 

Kami rasa untuk urusan mesin para pecinta otomotif pastinya sudah tidak perlu lagi mengkhawatirkan kualitas mesin pabrikan Nissan yang sudah terkenal kebandelannya. 

Kemampuan mesin seperti ini akan memberikan kepuasan tingkat tinggi bagi pengendaranya. 

Selanjutnya untuk masalah konsumsi bahan bakar, Nissan Murano mampu menempuh jarak hingga 11 kilo meter untuk tiap liter bahan bakar yang digunakannya. 

Hal ini juga didukung dengan kapasitas penyimpanan ruang bahan bakar mencapai 59 liter. 

Tidak hanya itu, karena bodynya yang cukup besar Nissan Murano juga dibekali dengan sistem transmisi kelas atas yaitu tipe Continously Variable Transmission (CVT). 

Sistem transmisi ini membantu pengendara untuk mengendalikan mobil secara lebih nyaman dan aman. 

Perpindahan gigi menjadi lebih nyaman dengan adanya adaptive shift control milik Nissan. Fitur ini membuat akselerasinya menjadi lebih mantap dan tangguh.

Fitur Unggulan Nissan Murano

Komponen yang tentu juga akan sangat mempengarhui harga mobil adalah fitur yang dimilikinya, termasuk harga Nissan Murano. 

Secara umum, fitur yang dimiliki oleh Nissan Murano terbilang sangat lengkap. Fitur-fitur utama seperti AC dual control memberikan pengaturan suhu yang sempurna di ruang kabinnya. 

Kemudian terdapat pula paddle shift yang akan memberikan kenyamanan ekstra bagi pengemudinya.

Di segmen hiburan Nissan Murano juga telah dilengkapi dengan fitur sistem audio yang sangat mumpuni. 

Hal ini akan memberikan kenyamanan tingkat tinggi selama perjalanan anda. Pada bagian keamanan, Nissan Murano juga memiliki Imobilizer yang akan mengamankan mobil anda dari tindak pencurian yang tidak diinginkan. 

Dan di segmen keselamatan Nissan Murano telah dibekali dengan dual airbags yang akan mengurangi risiko cidera saat terjadi benturan pada mobil. 

Tak ketinggalan fitur ABS dan EBD juga telah tersemat di sektor pengeremannya. 

Dengan demikian, anda tidak perlu khawatir saat melakukan rem mendadak karena fitur ABS akan mencegah ban slip. 

Masih terdapat banyak fitur-fitur lain dari Nissan Murano yang tentunya akan memerikan kenyamanan ekstra bagi para penumpangnya.

Suspensi dan Kaki-kaki

Ukuran body yang cukup bongsor ala mobil SUV pastinya menuntut sistem suspensi yang berkualitas tinggi. 

Apalagi jika dilihat dari segi bobot, dalam keadaan kosong saja Nissan Murano memiliki bobot hingga 1880 kilo gram.

Untuk mengimbangin beban yang dimilikinya walaupun sudah menggunakan sistem trasnmisi CVT, Nissan tetap memilih tipe suspensi MacPherson Strut untuk bagian depannya. 

Kemudian untuk sistem suspensi bagian belakang digunakan link with coil spring. Tak ketinggalan sistem suspensi ini juga dipadukan dengan sistem pengereman yang harmonis. 

Pada bagian depan digunakan sistem pengereman Ventilated Disc sedangkan untuk bagian belakang digunakan sistem pengereman tipe drum. 

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya sistem pengereman Nissan murano juga telah dibekali dengan fitur ABS yang akan mencegah ban slip saat dilakukan pengereman mendadak.

Mesin
  • Tipe : 2.5 liter QR25DE dan 3.5 liter VQ35DE
  • Tenaga Maksimum : 180 HP @6.000 RPM (2.5) ; 245 HP @5.800 RPM
  • Torsi Maksimal: 45 Nm @4.000 RPM (2.5) ; 333 Nm @4.400 RPM
  • Sistem Bahan Bakar :
  • Sistem Transmisi : CVT
  • Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 59 Liter
Dimensi
  • Panjang body Keseluruhan : 4860  mm
  • Lebar body  Keseluruhan : 1.885 mm
  • Tinggi body Keseluruhan : 1.730 mm
  • Jarak Poros Roda : 2.635 mm
  • Jarak Terendah : 1830 mm
  • Radius Putar Minimum : 4.9 m
  • Tempat Duduk : 5 Persons
  • Berat Kosong : 1.880 kg
  • Berat Kotor : 1.980kg
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Rem Depan : 16” Ventilated disc
  • Rem Belakang : Drum
  • Suspensi Depan : MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang : Multi link with coil


Kelebihan dan kekurangan Nissan Murano

Sebagai salah satu produk andalan Nissan, mobil ini juga tak luput dari kekurangan. 

Walaupun hadir dengan banyak kelebihan Nissan Murano memmiliki beberapa kekurangan yang kami rangkum secara lengkap dalam segmen kelebihan dan kekurangan Nissan Murano.

Kelebihan / Keunggulan Nissan Murano

  1. Memiliki transmisi yang responsif
  2. Kabin yang dimiliki cukup lapang
  3. Fitur interior mumpuni
  4. Fitur keselamatan lengkap
  5. Kualitasn interiornya bagus 
  6. Performa mesin cukup tangguh
  7. Stabil dan nyaman dikendarai

Kekurangan/Kelemahan Nissan Murano

  1. Memiliki biaya perawatan yang mahal
  2. Sparepart susah dicari
  3. Tarikan cukup lemah (2.5)
  4. Hanya dapat menampung lima orang saja
  5. Unitnya terbatas
  6. Harga jugal kembali rendah
  7. Visibilitas bagian belakang minim

Review Nissan Murano

Berikut ini kami telah menyiapkan review Nissan Murano dalam bentuk video bagi anda yang kurang suka membaca.

Harga Nissan Murano

Setelah mengulas mengenai spesifikasi yang dimiliki oleh Nissan Murano, tentunya tidak lengkap jika tidak kita bahas juga mengenai harga pasaran Nissan Murano. 

Pada bagian ini tim GarasiOTomania telah merangkum harga Nissan Murano Bekas maupun Baru. 

Sebelumnya karena pembahasan mengenai harga sangat dipengaruhi oleh spesifikasi yang diusungnya, seperri biasa kami akan memberikan sedikit kesimpulan mengenai spesifikasi yang dimilikinya.

Nissan Murano merupakan salah satu tipe mobil SUV kelas atas yang juga merupakan jenis mobil CBU. 

Dengan mengetahui hal ini saja tentunya para pecinta otomotif sudah dapat mengira-ira spesifikasi yang dimilikinya. 

Secara tampilan, Nissan Murano memiliki rupa yang sangat gagah dan keren. Pada bagian depannya terlihat sedikit membulat dengan bumper depan yang berukuran besar sebagai salah satu cirikhasnya. 

Ukuran mobil ini cukup besar, namun kapasitas kabinnya hanya dapat memuat lima orang penumpang saja. 

Dari segi fitur tentunya tidak perlu dipertanyakan lagi. Mobil SUV jenis CBU ini dibekali dengan berbagai fitur penunjang yang sangat mumpuni. 

Nissan Murano memiliki dua macam mesin yaitu tipe 2.5 dan 3.5. Keduanya mampu memberikan tenaga yang luar biasa besar. 

Selain itu untuk fitur keselamatan dan keamanan Nissan Murano sudah dibekali dengan imobilizer, air bags, ABS dan banyak lainnya. Lalu berapakah harga yang dibandorlkan untuk Nissan Murano ini?

Berdasarkan informasi yang telah kami peroleh harga Nissan Murano sangat dipengaruhi oleh jenis mesin yang dimilikinya. 

Untuk Nissan Murano dengan kapasitas mesin 2.5 liter, harga pasarannya mencapai Rp 335.000.000 sedangkan untuk Nissan Murano dengan kapasitas mensi 3.5 liter dihargai hingga mencapai Rp 520.000.000. 

Tentunya harga Nissan Murano bekas agak miring jika dibandingkan dengan harga barunya yaitu berkisar mulai dari 200 jutaan. Berikut adalah daftar lengkap harga Nissan Murano.
Harga Nissan Murano 2.5
  • Rp 335.000.000
Harga Nissan Murano 3.5
  • Rp 520.000.000
Murano 3.5 Premium SUV A/T
  • Rp 757.000.000
Harga Nissan Murano gen1 2.5 tahun 2004-2007
  • Rp 180-220
Harga Nissan Murano gen1 3.5 tahun 2004-2007
  • Rp 200-230
Harga Nissan Murano gen2 2.5 tahun 2004-2007
  • Rp 200-240
Harga Nissan Murano gen2 3.5 tahun 2004-2007
  • Rp 280-335



Harga Nissan murano yang kami tampilkan di atas merupakan harga Nissan Murano untuk OTR wilayah jakarta. 

Dengan catatan harga ini dapat saja berubah sewaktu-waktu. Memang harga Nissan Murano ini terbilang sangat mahal, tetapi jika ditengok kembali berbagai kelebihan yang dimilikinya kami rasa harga yang dibandrolkan ini sudah cukup sesuai. 

Bagi anda dari kalangan pebisnis, memiliki mobil ini tentu akan meningkatkan nilai kepercayaan klien-klien terhadap anda. Dan tentunya mobil ini pun akan tetap sesuai untuk keluarga kecil anda.

Demikian pembahasan tim GarasiOtoMania mengenai spesifikasi, kelebihan, kekurangan dan Harga Nissan Murano baru bekas. 

Semoga pembahasan kami dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa baca juga ulasan lengkap kami lainnya mengenai Mitsubishi Kuda dan Nissan Navara

Harga Nissan Nissan Murano Indonesia 2017 : Kelebihan dan Kekurangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Garasi Oto Mania